Usia Pramuka Penggalang Adalah? Ini Jawabannya


Siapa disini yang tak kenal Pramuka, seseorang dengan pakaian dengan pangkat dan juga kelihatan seperti pakaian dinas membuat seseorang yang melihatnya akan terpukau dan bagi yang memakainya merasa lebih keren.

Apalagi jika dibawah ke hutan atau ke tempat yang penuh rintangan, tentunya pramuka akan menjadi orang yang paling mampu dalam mengetahui dan memahami rintangan itu. Sebab kegiatan-kegiatan pramuka selalu dekat dengan alam dan tata cara bertahan hidup dalam lingkungan yang sulit.

Kegiatan pramuka ini telah menjadi pembelajaran dalam lingkungan sekolah, sekalipun menjadi pendidikan non formal. Disebut sebagai pendidikan non formal karena di dalam pramuka menuntut setiap anggotanya untuk bersikap tangguh dan suka berkarya.

Hal ini sesuai dengan istilah pramuka itu sendiri yang berasal dari dua kata yaitu Praja Muda Karana yang artinya adalah orang muda yang suka berkarya atau anak muda yang suka berkarya. Tujuan yang hendak dicapai dalam kepramukaan itu sendiri adalah untuk membentuk watak, akhlak, dan budi pekerti luhur yang lebih baik.

Saat ini, Pramuka telah mendapat perhatian yang luas bagi masyarakat dan juga pemerintah. Hal itu bisa dilihat dari koordinasi organisasi kepramukaan dari kwartir tingkat ranting hingga kwartir tingkat nasional. Tidak hanya dalam segi koordinasi, juga dalam pelatihan yang diberi tingkatan dan diadakan kegiatan rutin seperti jambore tingkat daerah, provinsi dan nasional.

Bahkan bentuk perhatian pramuka terhadap pemerintah telah tertuang dalam UU tentang Gerakan Pramuka serta mendapat beberapa bantuan dana setiap tahunnya. Pramuka juga mempunyai pedoman atau dikenal buku saku pada setiap tingkatannya yang menjadi bahan pembelajaran bagi anggota pramuka.

Setiap tingkatan itu dibagi berdasarkan umur dan secara langsung disesuaikan dengan tingkatan pendidikan di Indonesia yaitu SD, SMP, dan SMA serta Mahasiswa. Adapun tingkat-tingkatan dalam pramuka yaitu pramuka siaga, pramuka penggalang dan pramuka penegak, pandega dan pembina. Sejalan dengan hal itu, kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu tingkatan pramuka yaitu Pramuka Penggalang.

Pramuka Penggalang Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan Pramuka Penggalang adalah sebuah tingkatan atau peringkat dalam pramuka setelah siaga yang mempunyai ciri untuk menggalang kemampuan, skill atau anggota. Penggalang ini masih dibimbing dan menerima pembelajaran dari pembina.

Sehingga dalam pembelajaran atau pelatihan penggalang tidak bisa dilepaskan dengan bimbingan pembina dengan menggunakan buku saku yaitu Syarat-Syarat Kecakapun Umum (SKU) dan Syarat-Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang wajib dipenuhi setiap pramuka penggalang.

Berdasarkan pencapaiannya, SKU dalam pramuka penggalang digolongkan menjadi beberapa tingkatan seperti Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan Penggalang Garuda. Setiap regu terdiri dari 8 anggota penggalang, sehingga setiap regu di pimpin oleh pemimpin regu (PINRU) yang bertanggung jawab memimpin regunya.

Lahirnya Penyebutan Pramuka Penggalang

Penyebutan pramuka penggalang dikarenakan adanya kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonensia menggalang dan mempersatukan kekuatan untuk mencapai kemerdekaan. Itulah usia untuk anggota penggalang sesuai kelompok umur. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semuanya, apabila ada kesalahan kata atau informasi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Usia Pramuka Penggalang Adalah?

Kelompok umur adalah sebuah tingkatan dalam kepramukaan yang ditentukan oleh umur anggotanya. Kelompok dibagi menjadi 4 yaitu Kelompok umur 7-10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga. Kelompok umur 11-15 tahun disebut dengan Pramuka Penggalang lalu Kelompok umur 16-20 tahun disebut pramuka penegak.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Usia Pramuka Penggalang Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *