Usaha Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Keutuhan Nusantara


Negara merupakan kumpulan manusia yang hidup dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan ini bisa bermacam-macam bergantung dari ideologi dari setiap negara, bisa saja untuk memperluas kekuasaan, menyelenggarakan ketertiban umum dan menciptakan kebahagiaan bagi rakyatnya.

Contohnya saja Indonesia, sebagai negara yang berjudul nusantara ini mempunyai wilayah yang teramat luas dan penduduk yang banyak. Indonesia mempunyai tujuan yang tercantum dalam UUD 1945 alinea ke-4, yang berbunyi:

“….melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Dengan wilayah yang begitu luas ini maka dibutuhkan usaha yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan dan persatuan Indonesia. Tanpa menjag keutuhan dan persatuan itu, maka untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia diatas tidak dapat tercapai dan lambat laun sedikit demi sedikit wilayah Indonesia akan dicaplok oleh negara asing.

Olehnya itu, itulah mengapa pentingnya menjaga keutuhan nusantara atau Indonesia karena negara kita sangat kaya, kaya dengan sumber daya alam, kebhinekaan suku, kebudayaan dan agama. Keberagaman dan kekayaan yang dimiliki Indonesia terbentang dari sabang di barat hingga marauke ke timur yang disatukan oleh tekad satu tanah air bangsa dan satu bahasa yang didasarkan pancasila.

Melihat hal itu maka penting untuk menjaga kesatuan negara Indonesia karena makna kesatuan adalah upaya untuk mencegah perpecahan dan ancaman terhadap keutuhan NKRI sebab dengan menjaga keutuhan nusantara atau NKRI, maka suatu upaya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pentingnya menjaga keutuhan nusantara ini juga karena perjalanan historis Indoensia yang tidak berdiri sendiri melainkan melalui perjuangan para pejuang dari banyak daerah yang rela berkorban harta dan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia. Olehnya itu melalui semangat itu, para pejuang dan pendiri Indonesia mengamanahkan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, arti keutuhan berasal dari kata utuh yang berarti keadaan sempurna seperti semula. Utuh juga diartikan tidak tercerai berai atau tidak perpecah belah. Namun setelah Indonesia mencapai kemerdekannya pada 17 Agustus 1945, setelah melewati proses panjang melawan penjajahan, tantangan, ancaman dan hambatan atau gangguan bukan berarti berhenti begitu saja.

Sebab lawan atau musuh Indonesia selanjutnya berasal dari dalam negara sendiri. Hal itu bisa disaksikan dari bukti sejarah yang ada dimana banyak gangguan demi gangguan yang berusaha membubarkan Republik Indonesia baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri.

Contohnya saja seperti yang pernah terjadi dimana terjadi pemberontakan PKI di Madium, Pemberontakan Republik Maluku Selatan, Pembenrontakan Kahar Muzakar, PRRi Semesta, Pemberontakna G 30 S/PKI, Organisasi Papua Merdeka dan Gerakan Aceh Merdeka.

Berkat usaha menjaga keutuhan nusantara dari berbagai pihak, berbagai upaya tersebut dapat digagalkan. Namun walaupun hal itu sudah lama terjadi, tetapi tetap saja harus selalu waspada terhadap ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia karena kapan dan dalam kondisi apapun selalu ada yang ingin mengganggu bangsa kita.

Untuk menjaga keutuhan nusantara maka dibutuhkan suatu usaha yang harus dilakukan untuk menjaganya. Usaha untuk menjaga keutuhan nusantara bisa dengan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak baik itu dari masyarakat dan juga dari pemerintah atau pemangku kebijakan. Bagi masyarakat tentunya terkadang perpecahan yang biasa terjadi adalah dengan tindakan fisik yang dapat menimbulkan kerugian,

Namun bagi pemangku kebijakan bisa saja dengan melakukan tindakan korupsi, mengambil hak publik dan juga bisa saja dengan menjual aset negara yang banyak terjadi yang ini dapat memberikan dampak jangka panjang dan dirasakan oleh generasi berikutnya. Dengan tindakan itu tentu saja dapat melemahkan keutuhan nusantara karena membuat negara mengalami kerugian sehingga negara Indonesia tidak kuat secara ekonomi atau finansial dan mengakibatkan tertundanya pembangunan Indonesia.

Usaha Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Keutuhan Nusantara

Berdasarkan dari informasi diatas dan yang dapat dihimpun dari berbagai sumber, adapun usaha yang harus dilakukan untuk menjaga keutuhan nusantara adalah:

    1. Mencintai tanah air dengan menjaga keamanan dan ancaman dari luar mapun dari dalam.
    2. Menjaga kelestarian lingkungan untuk mencegah terjadinya pencemaran dan merugikan bagi negara.
    3. Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem untuk kesejahteraan rakyat.
    4. Rajin belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan menjadi penemu yang mengubah bangsa Indonesia ke arah lebih baik.
    5. Menjalin pergaulan antara suku bangsa
    6. Saling memberi bantuan bagi setiap daerah, suku dan asal daerah.
    7. Mempelajari kesenian dari daerah lain dan mengerti tentang bahasa ataupun kebudayaannya.
    8. Melakukan bela negara atau rajin dalam melatih jasmani dan rohani.
    9. Menaati peraturan yang berlaku di Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Usaha Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Keutuhan Nusantara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *