Urutan Organisasi Kehidupan Dari Tingkat Terkecil Ke Terbesar


Di bumi tempat dimana kita berada, kehidupan mempunyai berbagai tingkatan tersendiri baik dari yang terkecil dan terbesar. Bahkan apa yang dianggap besar ternyata bukanlah urutan yang tepat menggambarkan kehidupan ini. Sebab terdapat organisasi kehidupan yang tersusun secara sistematis.

Tentu bagi sebagian orang akan menyebutkan bahwa urutan organisasi kehidupan yang paling terkecil adalah sel. Padahal itu tidaklah benar, kehidupan yang paling terkecil adalah molekul.

Begitupula sebaliknya, organisasi kehidupan yang paling besar adalah ekosistem, padahal selain dari itu ternyata masih ada lagi organisasi kehidupan yang paling besar yakni biosfer.

Urutan Organisasi Kehidupan Dari Yang Terkecil Ke Terbesar

Pada umumnya, urutan organisasi kehidupan dari yang terkecil ke terbesar diketahui terdiri atas 12 bagian yaitu molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. Adapun penjelasan dari pada 12 bagian dalam organisasi kehidupan adalah:



Urutan Organisasi Kehidupan Dari Tingkat Terkecil Ke Terbesar (Foto: Artikelsiana.com)
Urutan Organisasi Kehidupan Dari Tingkat Terkecil Ke Terbesar (Foto: Artikelsiana.com)

1. Molekul



Molekul adalah sekumpulan dua atau lebih atom berbeda yang memiliki bentuk, struktur, dan sifat kimia ataupun fisika yang membentuk suatu zat. Contoh molekul organik yang kompleks asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin.



2. Organel
Organel adalah struktur kecil yang terbentuk dengan berbagai molekul dan punya tugas tertentu seperti organ tubuh. Contoh organel adalah kloroplas, mitokondria, badan golgi, dan retikulum endoplasma.

3. Sel
Sel merupakan unit terkecil dari struktur makhluk hidup yang terdiri atas berbagai macam organel sel didalamnya. Contoh sel adalah sel eukariotik, sel prokariotik, sel hewan, dan sel tumbuhan.

4. Jaringan

Jaringan adalah sekumpulan sel yang bekerja sama dengan menjalankan fungsi tertentu bagi tubuh. Contoh jaringan adalah jaringan otot, jaringan pengangkut, jaringan meristem, jaringan ikat, jaringan saraf, dan jaringan epidermis.

5. Organ
Organ ialah sekumpulan jaringan berbeda dengan menjalankan fungsi tertentu yang lebih besar dibandingkan jaringan. Contoh organ adalah pankreas, otak, ginjal, limfa, jantung, hati, usus besar, dan usus halus.

6. Sistem Organ
Sistem organ adalah sekumpulan organ berbeda yang saling bekerja sama untuk jalannya fungsi tubuh. Contoh sistem organ ialah sistem saraf, sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem kekebalan tubuh.

7. Organisme
Organisme adalah individu ataupun spesies yang dapat diidentifikasi yang terdiri atas organisme uniseluler yang contohnya bakteri dan multiseluler yang contohnya manusia, bunga lili, harimau, sapi, pohon cemara dll.

8. Populasi

Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup di suatu daerah dengan waktu tertentu. Contohnya kolam terdapat ikan, teratai, dll. Populasi pohon kelapa dikelurahan tegakan di tahun 1989 berjumlah 2552 batang.

9. Komunitas
Komunitas adalah sekumpulan spesies yang hidup saling bergantung dalam suatu wilayah tertentu yang didalamnya terdapat rantai makanan berupa interaksi mangsa dan predator. Contoh komunitas adalah populasi singa betina yang memburu populasi rusa.

10. Ekosistem
Ekosistem adalah perpaduan antara faktor biotik (unsur hidup) dan abiotik (unsur tidak hidup) yang hidup saling berdampingan yang contohnya ekosistem hutan hujan yang didalamnya terdiri dari berbagai macam binatang dan tumbuhan yang hidup saling berdampingan.

11. Bioma
Bioma adalah suatu wilayah kehidupan yang mencakup vegetasi dan fauna dengan suatu iklim tertentu. Contoh bioma adalah gurun, padang rumput, dan kutub.

12. Biosfer
Biosfer adalah seluruh kehidupan di Bumi mencakup semua jenis hewan, tumbuhan, dan faktor abiotik Bumi secara keseluruhan.

Urutan Organisasi Kehidupan Dari Tingkat Terkecil Ke Terbesar (Foto: Artikelsiana.com)
Urutan Organisasi Kehidupan Dari Tingkat Terkecil Ke Terbesar (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Urutan Organisasi Kehidupan Dari Yang Terkecil Ke Terbesar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *