Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera? Ini Jawabannya


Indonesia dengan negara yang berjumlah sekitar 250 juta penduduk ini merupakan negara yang begitu luas dengan pulau-pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Diketahui Indonesia juga merupakan negara yang masuk dalam negara terpadat ke empat di dunia. Selain itu, Indonesia juga terkenal besar dengan sumber daya alam yang dimilikinya yang begitu indah dan menakjubkan.

Tak jarang banyak orang yang memilih menetap di Indonesia karena merasa tenang dan damai. Namun jauh berbeda yang dirasakan oleh warga negara asing tersebut, warga negara Indonesia justru merasakan banyak masalah yang dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bidang ekonomi, politik, agama dan sebagainya.

Inti daripada problematika yang terjadi dan dirasakan warga negara Indonesia saat ini adalah menyangkut kesejahteraan bagi rakyat Indonesia yang sampai pada saat ini belum dapat diselesaikan. Memang persoalan ini adalah persoalan yang terjadi di negara manpun, akan tetapi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah terkadang mengalami kendala-kendala yang jauh dari niat mereka untuk mengupayakan menuju masyarakat sejahtera.



Tidak sedikit berbagai program kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah itu kemudian beberapa oknum malah melakukan tindakan korupsi terhadap program kegiatan tersebut, alhasil upaya-upaya menuju masyarakat sejahtera tersebut akan terhambat atau tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal-hal yang seperti itulah yang tak jarang membuat niat tulus untuk membangun bangsa malah menjadi kekhawatiran dan saling sikut antar orang.



Apalagi kesejahteraan yang dirasakan rakyat Indonesia belumlah merata, apa yang ada di daerah ibu kota dan daerah perkotaan jauh berbeda dengan daerah-daerah terpencil. Daerah yang serba kemudahan dengan daerah yang serba susah dalam mendapatkan apapun.



Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Bahkan beberapa daerah perbatasan negara seperti malaysia lebih memilih untuk ke malaysia dalam mendapatkan suplay bahan makanan atau mendapatkan bahan makanan yang murah.

Persoalan sudah terjadi dan belum menemui titik terang dalam mengatasi permasalahan ini. Contoh lainnya adalah perbedaan harga yang begitu mencolok di daerah papua yang semuanya serba mahal. Permasalahan ini beberapa kali diupayakan oleh pemerintah Joko Widodo namun tetap saja hanya memberikan dampak yang kecil.

Belum lagi masalah pendidikan yang tidak merata, apalagi serapan guru yang kurang dan kurikulum yang sering berganti membuat kebingunan bagi institusi pendidikan itu sendiri.

Sehingga berbagai upaya-upaya menuju masyarakat sejahtera tidaklah benar-benar dilakukan, berganti penguasa berganti pulala programnya. Perlu ada ketulusan dari pemerintah untuk mengupayakn menuju masyarakat yang sejahtera.

Diperlukan semangat kebangsaan yang benar-benar tulus untuk negeri ini mulai dari tingkat pusat hingga ke desa dan kelurahan agar upaya-upaya menuju masyarakat sejahtera bisa terealisasi sebagaimana yang diharapkan dan di cita-citakan bersama sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Sehingga negara mempunyai tujuan dan harapan kehidupan masyarakat yang sejahtera. Jika demikian lantas apa upaya kebangsaan menuju masyarakat sejahtera yang bisa kita lakukan itu?

Upaya Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera Adalah?

Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan juga mengutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat banyak upaya yang bisa dilakukan oleh setiap orang sebagai upaya kebangsaan menuju masyarakat sejahtera. Adapun berbagai upaya tersebut adalah:

    1. Saling menghormati dan menghargai dengan keragaman budaya yang menjadi kekayaan Indonesia.
    2. Menyediakan dan memperbaiki fasilitas umum yang nyaman, agar masyarakat dengan mudah dalam mendapatkan fasilitas umum.
    3. Taat membayar pajak, agar pembangunan infrastruktur dan pembangunan fasilitas publik lainnya dapat terus berjalan.
    4. Bersikap toleransi antarwarga negara atas perbedaan suku, agama, ras, dan budaya.
    5. Pemerataan pembangunan diseluruh wilayah di Indonesia, sehingga tidak hanya terpusat di kota-kota besar saja.
    6. Menyediakan lapangan kerja yang memadai, sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan.
    7. Membangun sarana dan prasarana pendidikan yang baik bagi masyarakat dengan tingkat pendidikan kurang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Menuju Masyarakat Sejahtera. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *