Apa Upaya Mengantisipasi dan Mencegah Banjir? Ini 12 Upayanya


Upaya Mengantasipasi dan Mencegah Banjir –  Banjir adalah luapan air yang melebihi tinggi muka air biasanya sehingga yang terjadi adalah air sungai melimpas dari sungai yang menyebabkan genangan pada lahan yang rendah di sisi sungai. Biasanya, banjir terjadi karena curah hujan diatas normal, selain itu penyebabnya adalah sistem saluran drainase dan kanal penampung banjir buatan yang tidak lagi efektif menampung akumulasi air hujan.

Alhasil air akan meluap dan ditambah lagi dengan ulah manusia yang begitu nakal karena membuang sampah serta hambatan lainnya membuat terjadi penyempitan sungai. Dari penyebab ini, membuat bencana banjir kunjung tak berhenti di Indonesia.

Tak sedikit upaya dalam mengantisipasi bencana banjir sebagai bentuk pencegahan, apalagi ketika dalam musim hujan yang setiap tahunnya melanda Indonesia. Itulah mengapa dibutuhkan kerja keras dan usaha yang besar dalam mengatasi dan mencegah bencana banjir di Indonesia.

Seiring dengan pembangunan yang begitu besar, semakin banyak pula terjadinya banjir di Indonesia seperti yang ada di kota-kota besar yakni Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Makassar, Pekan Baru, Medan dan Palembang. Ada banyak banjir yang terjadi di Indonesia yang membutuhkan penanganan dan pencegahan sebagai upaya membuat Indonesia terbebas dari banjir.



Maka dari itu, terlihat bahwa salah satu penyebab mengapa banjir terus meningkat, itu karena struktur bangunan atau tata cara membangun yang tidak benar sehingga menjadi penyebab terjadinya banjir. Tidak sedikit bangun menjulang tinggi, namun kontruksinya banjirnya tidak ada.



Selain itu, juga pada saat pembangunan rumah pribadi atau perumahan yang tidak mengetahui bagaimana kontruksi dalam mencegah banjir, sehingga air hujan tersebut tidak mempunyai penyaluran yang baik yang membuat air hujan itu kebanyakan meluap kembali ke jalan.



Tapi yang paling parah diantara semua penyebab dari ulah manusia adalah budaya membuang sampah sembarangan masih saja terus ada dalam pikiran manusia-manusia Indonesia. Padahal, budaya untuk membuang sampah ditempatnya sering kali dilakukan namun tetap belum dilakukan secara baik. Alhasil banyak sungai-sungai dan laut yang sampah produk dari plastik yang tergenang dan merusak bendungan.

Faktor ulah manusia sangat berperan penting mengapa mengantisipasi terjadinya banjir sebagai bentuk pencegahan sering atau selalu berjalan tidak efektif, mulai dari pemukiman daerah bantaran sungai, daerah resapan yang tidak ada, penggundulan hutan, pembuangan sampah dalam sungai dan pembangunan pemukiran didaerah dataran yang rawan banjir.

Apa Upaya Mengantisipasi dan Mencegah Banjir? Ini 12 Upayanya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Upaya Mengantisipasi dan Mencegah Banjir? Ini 12 Upayanya (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam menanggulangi bencana banjir memang membutuhkan upaya yang besar dan tidak sedikit, tidak hanya dari penanganannya dan pencegahan dalam waktu singkat, juga dibutuhkan pemahaman untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan juga penguatan dari hal aturan.

Upaya demikian tentu membutuhkan waktu tidak sedikit untuk menanamkan kecintaan terhadap lingkungan. Dengan hal itu, maka generasi mendatang dapat menikmati dan menjaga alam serta mengurangi banjir dan dampak banjir yang terjadi.

Upaya Mengantisipasi dan Mencegah Banjir

Maka dari itu, diperlukan upaya dalam mengantisipasi dan menangani bencana banjir yang akan datang. Adapun upaya yang bisa dilakukan dalam mengantisipasi sebagai bentuk pencegahan terhadap terjadinya banjir adalah:

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Karena sampah yang menumpuk maka, sungai menjadi dangkal, hujan terus bertambah dan kubik air tak mampu menampung di sungai sehingga terjadilah banjir. Maka dari itu, mulailah mencegah banjir dengan membuang sampah pada tempatnya, bukan di sungai, di got atau disembarang tempat.

2. Membuat Saluran Air dan Terowongan Air Bawah Tanah

Mengatasi dan mencegah banjir bisa dilakukan dengan membuat salura nair dan terowongan air bawah tanah untuk menjadi pembuangan utama yang terhubung ke sungai yang baik.

3. Menanam Pohon Berbatang Besar di Sekitar Rumah

Upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya banjir bisa dengan menanam pohon di rumah masing-masing, sehingga pohon akan meresap dan membuat genangan air cepat turun.

4. Memakai Paving Block di Halaman

Namun ini lebih baik lagi ketika ditambah dengan penggunaan Paving Block di halaman rumah sehingga air akan menyerap ke tanah dengan mudah, ditambah lagi daya serap akar tanaman bisa jauh lebih besar.

5. Buat Biopori dan Sumur Resapan

Upaya mencegah terjadinya banjir juga bisa dilakukan dengan menambahkan biopori atau sumur resapan. Namun untuk sumur membutuhkan kerja keras dimana lahan harus dibor dan digali kedalaman yang cukup besar. Sehingga upaya pencegahan yang lebih mudah adalah membuat lubang-lubang kecil sekitar 30-10 cm kebawah.

6. Mendirikan Bangunan/Konstruksi Pencegah Banjir

Apalagi didukung dengan bangunan yang memang dirancang untuk terhindar dari bencana banjir yang tentunya ini bisa efektif ketika seluruh bangunan yang ada di sekitarnya saling terhubung sehingga penyaluran air bisa efektif seperi bendungan dan waduk sehingga air tidak sampai mengalir ke pemukiman penduduk.

7. Membersihkan dan Merawat Fasilitas Penyaluran Air

Dengan berbagai upaya dalam mengantisipasi dan mencegah banjir terjadi untuk mengatasi ketika banjir datang, tidak akan efektif apabila tidak selalu dibersihkan dan dirawat. Seperti biasa terjadi adalah penyumbatan, retak, dan mengganti beberapa alat yang dimakan usia.

8. Penciptaan Green Open Space

Menciptakan kawasan terbuka hijau yang difokuskan untuk menanam pohon di perkotaan sebagai pengganti hutan sehingga area ini bisa menjadi tempat area resapan air yang banyak.

9. Pendalaman Sungai

Upaya dalam mencegah banjir bisa dengan pendalaman sungai sehingga ada banyak air hujan yang bisa ditampung apalagi ketika terjadi musim hujan. Dengan penanganan banjir ini membuat air tidak lagi meluap ke jalan dan rumah penduduk.

10. Membuat Aturan Pelarangan Membuang Sampah

Dengan membuat aturan maka pelarangan membuang sampah sembarangan tidak hanya bersifat himbauan semata, namun akan mengikat dan membuat masyarakat tergerak untuk terhindar akibat sanksi yang dibuat oleh pemerintah. Ini akan lebih efektif lagi apabila difokuskan pada tempat keramaian atau wisata.

11. Membuat Gerakan Hari Membersihkan Setiap Jumat 

Ini bisa dilakukan, selain sebagai upaya mencegah dan penanganan banjir juga menjadi ajang edukasi bagi warga dan anak-anak tentunya.

12. Menyediakan Tempat Sampah di Berbagai Tempat Keramaian

Salah satu mengapa banyak sampah yang dibuang sembarangan karena kurangnya tempat sampah di daerah atau ditempat tersebut, Sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membuang sampah sembarangan.

Demikianlah informasi dengan topik yang berjudul Apa Upaya Mengantisipasi dan Mencegah Banjir? Ini 12 Upayanya . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *