Unsur unsur Kebugaran Jasmani dan Pengertiannya Menurut Ahli


Kebugaran jasmani termasuk salah satu kebutuhan yang mesti dipenuhi supaya kita bisa menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari secara baik, seefisien dan seefektif mungkin. SAmpai pada akhirnya akan dapat menghadirkan kehidupan yang berkualitas sebagai seorang manusia.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam hal terkait kebugaran jasmani yaitu : apa yang dimaksud dengan pengertian kebugaran jasmani? faktor apa sajakah yang telah mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang? Kemudian, apa saja unsur-unsur kebugaran jasmani? serta seperti apa saja manfaat langsung yang bisa dirasakan dengan cara melakukan latihan-latihan untuk kebugaran jasmani.

Unsur unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai macam kegiatan kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami suatu kelelahan yang berarti. Istilah kebugaran jasmani mempunyai pengertian yang tak berbeda dari aspek fisik dalam hal total fitness atau yang dikenal dengan physical fitness.

Di bawah ini terdapat pengertian kebugaran jasmani yang dikemukakan oleh beberapa ahli yakni:

– Menurut Joko Pekik Irianto bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk berkegiatan dan melakukan pekerjaan sehari-hari dan masih mempunyai tenaga untuk dapat menikmati waktu luangnya.

– Menurut Prof. Sutarman bahwa pengertian Kebugaran Jasmani adalah aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh yang telah memberikan kesanggupan kepada seseorang untuk dapat menjalankan hidup yang produktif serta bisa menyesuaikan diri dari segala bentuk tantangan terhadap kondisi fisik.

– Menurut Muhajir bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh dalam melakukan adaptasi terhadap segala bentuk kegiatan fisik yang diberikan tanpa menimbulkan perasaan lelah yang berlebihan.

– Menurut Agus Munkhlolid, M.Pd bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk bekerja dan berkegiatan tanpa mengalami lelah yang berlebihan.

– Menurut Sudarno bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah suatu kondisi saat tubuh bisa menjalankan kegiatan sehari-hari secara efektif dan baik tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan tubuh masih mempunyai cadangan energi untuk dapat melaksanakan tugas yang lainnya.

Unsur unsur Kebugaran Jasmani dan Pengertiannya Menurut Ahli
Unsur unsur Kebugaran Jasmani dan Pengertiannya Menurut Ahli

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani terdapat 10 unsur yakni:

1. Kecepatan (SPEED)

Menurut pendapat seorang ahli kebugaran jasmani yaitu Mulyon Biyakto bahwa kecepatan adalah suatu kemampuan untuk dapat melakukan suatu gerak dengan periode waktu yang singkat.

Pengertian kecepatan secara umum bahwa waktu yang dibutuhkan oleh seseorang dalam melakukan suatu gerakan yang berbeda dan berkelanjutan. Semakin sedikit waktu yang diperlukan maka bisa disimpulkan bahwa seseorang tersebut mempunyai kecepatan yang baik. Kemampuan yang satu ini termasuk salah satu andalan dalam kegiatan olahraga yang membutuhkan kecepatan. Kecepatan terbagi atas 3 jenis yaitu kecepatan reaksi, kecepatan sprint dan kecepatan bergerak.

Faktor Faktor yang MEmpengeruhi Kecepatan

– Keturunan
– Elastisitas Otot
– Konsentrasi dan kemauan
– Teknik
– Kemampuan menahan tahanan luar
– Waktu reaksi

Untuk dapat melatih kecepatan, terdapat beberapa latihan yang bisa kita lakukan yakni:

– Lari Multistage
– Lari naik turun bukit atau tangga
– Lari cepat dengan jarak 40 sampai 60 meter.

2. Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah suatu kondisi tubuh dalam memakai otot untuk dapat memaksimalkan tenaga saat melakukan suatu kegiatan fisik. Kekuatan sangatlah penting pada setiap kegiatan olahraga karena bisa mencegah terjadinya cedera dan menjadi daya penggerak. Kekuatan yang baik bisa diperoleh lewat secara rutin melakukan latihan dengan konsisten. Adapun latihan yang bisa dilakukan untuk dapat melatih kekuatan tubuh yaitu:

– Squat jump untuk dapat melatih kekuatan otot perut dan tungkai
– Back up untuk dapat melatih kekuatan otot perut
– Sit up untuk dapat melatih kekuatan otot perut
– Push up untuk dapat melatih kekuatan otot lengan
– Angkat beban untuk dapat melatih kekuatan otot lengan.

3. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan merupakan suatu kemampuan seseorang untuk menggerakkan semua anggota tubuhnya dalam waktu yang relatif cukup lama dan tempo yang berbeda antara sedang dan cepat secara efisien dan efektif dan tanpa merasakan lelah dan sakit yang berarti

Untuk dapat melatih daya tahan tubuh hanya perlu melaksanakan olahraga ringan seperti jogging dan lari secara konsisten minimal dengan waktu selama 30 menit dalam setiap hari.

4. Kelenturan (Flexibility)

Flexibility atau kelincahan adalah suatu keleluasaan pergerakan pada otot-otot tubuh khususnya pada otot persendian Kelenturan dibutuhkan oleh hampir di semua cabang olahraga. Meskipun sama-sama dibutuhkan oleh setiap cabang olahraga, tapi tetap saja terdapat sedikit perbedaan dalam penerapannya yaitu tingkat kelenturan yang diperlukan untuk penampilan yang optimal disetiap masing-masing cabang olahraga. Untuk dapat melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh maka bisa melakukan senam, renang dan yoga.

5. Kelincahan (Agility)

Kelincahan termasuk kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian gerakan dari satu posisi ke posisi lainnya seperti dari depan ke belakang atau dari kiri ke kanan. Terdapat beberapa cabang olahraga yang memerlukan kelincahan seperti sepak bola dan bulu tangkis.

Untuk dapat melatih kelincahan tubuh maka bisa melakukan beberapa jenis latihan fisik yaitu lari menaiki dan menuruni anak tangga dan lari dengan arah yang berzig-zag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *