Tuliskan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Proses Salju? Ini Jawabannya


Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Proses Salju – Pada dasarnya belajar tentang sains baik kimia maupun fisika harus diupayakan dengan seoptimal mungkin dalam mengerjakan masalah yang terkait di kehidupan siswa. Salah satunya adalah berkenaan dengan pembahasan perubahan wujud.

Perubahan wujud adalah perubahan termodinamika dari satu fase bendake keadaan wujud yang lain. Wujud zat adalah bentuk-bentuk berbeda yang didapatkan dari berbagai materi berlainan.

Perbedaan wujud zat ini merupakan tiap keadaan termodinamika yang diberikan dari sebuah transisi fase. Perubahan wujud zat terbagi atas tiga yaitu zat padat, cair dan gas. Perlu diketahui bahwa zat adalah sebutan untuk sejumlah partikel atau materi yang sifatnya spesifik khusus.

Dalam setiap zat terdapat apa yang dikenal dengan perubahan zat yang mana perubahan termodinamika dari satu fase benda ke suatu keadaan wujud yang lainnya. Peristiwa ini bisa terjadi karena adanya pelepasan dan penyerapan kalor.

Perubahan wujud zat terjadi ketika titik tertentu tercapai oleh atom atau senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Contohnya air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya. Atau bisa saja dari gas menjadi padat seperti salju yang dikenal dengan proses mengkristal.

Salju terjadi melalui berbagai proses sehingga bisa melakukan perubahan wujud seperti salju. Salju sendiri adalah uap air yang jatuh dari awan yang membeku menjadi padat layaknya hujan yang jatuh ke bumi dengan bentuk kepingan empuk dan putih.

Biasanya salju hanya terjadi pada negeri yang beriklim subtropis atau sedang. Akan tetapi berbeda dengan daerah Indonesia yang beriklim tropis yang diketahui juga memiliki salju seperti di Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman di Papua, Indonesia.

Mengapa demikian bisa? Karena terdapat perubahan wujud sehingga bisa terbentuk salju. Adapun penjelasannya prosesnya bisa dilihat dibawah ini:

Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Proses Salju Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun informasi yang dihimpun penulis dalam menjawab mengenai bagaimana proses perubahan wujud yang terjadi pada proses salju terdiri atas 5 tahapan yaitu:

  1. Uap air berkumpul di atmosfer dimana pada waktu tertentu akan mendingin dan sampai ke titik kondensasi dengan menggumpal membentuk awan.
  2. Dengan massa yang lebih ringan, membuat gumpalan uap air mengapung di udara, namun karena terus bertambah berat membuatnya jatuh.
  3. Ketika gumpalan itu jatuh dibawah temperatur udara yang dingin maka gumpalan yang jatuh akan berbentuk kristal-kristal es (salju).
  4. Biasanya dalam temperatur -0 derajat Celcius. Walau demikian, itupun tidak cukup karena apabila bersentuhan dengan udara, maka bisa tercemar dengan partikel-partikel lainnya.
  5. Akan tetapi terdapat partikel yang mempercepatnya sehingga bisa membeku, yaitu nukleator yang juga berfungsi sebagai perekat antar uap air sehingga partikel air yang tercemar akan bergabung dan membentuk kristal yang lebih besar. Ketika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es itu, kristal-kristal es akan jatuh ke tanah menjadi salju. Apabila temperatur udara sampai melelehkan kristal air, maka kristal es itu sampai ke tanah dalam bentuk air hujan biasa.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tuliskan Perubahan Wujud Yang Terjadi Pada Proses Salju? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *