Tuliskan Empat Tugas Utama Dari PPKI, Ini Jawabannya


Tugas Utama Dari PPKI – Sebelum Indonesia yang sekompleks saat ini dengan pemerintahan dan wakil rakyat, atau eksekutif dan legislatif. Dahulu kala, dalam sejarah Indonesia teradapat lembaga yang dikenal BPUPKI dan PPKI.

Kepanjangan dari BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), sednagkan kepanjangan dari PPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Awalnya, lembaga BPUPKI pertama kali dibentuk melalui Jepang pada 29 April 1945. Namun saat semangat kemerdekaan semakin besar dan melihat kinerja BPUPKI yang lamban, maka diganti menjadi PPKI yang dibentuk pada 7 Agustus 1945.

Inisiatif ini diambil Indonesia lantaran pada saat itu, bom atom dijatuhkan sekutu di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 yang membuat jepang disudutkan dalam perang dan bahkan melemah. Atas dasar itu, maka para tokoh nasional memanfaatkan situasi dunia dan mendesak untuk secepatnya dilakukan kemerdekaan.

Karena sadar akan ketidakmampuan dalamnya, membuat perwirata tinggi AD Jepang di Saigon, Hisaichi Terauchi menyetujui pembentukan PPKI yang bahasa jepangnya adalah Dokuritsu Junbi Iinkai. Hal ini sebagai bentuk pelunasan janji kemerdekaan.

Walaupun terdapat pergantian lembaga, pada dasarnya apa yang menjadi tugas dari PPKI adalah tugas dari BPUPKI. Sebab tugas PPKI dan BPUPKI sama yaitu mempersiapkan tugas kemerdekaan Indonesia.

Sukesnya tugas dari PPKI tidak lepas dari peran kedua tokoh Indonesia yakni Soekarno yang menjabat sebagai Ketua PPKI, dan Mohammad Hatta sebagai wakilnya dengan jumlah anggota 21 orang yang anggotanya ternyata terdapat 12 wakil dari Jawa, tiga dari Sumatera, dua dari Sulawesi, serta masing-masing satu dari Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, dan satu perwakilan etnis Tionghoa.

Berdasarkan dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam perjalanannya, PPKI setidaknya menjalankan 3 kali sidang dimana untuk sidang baru dilakukan setelah proklamasi kemerdekaan.

Untuk sidang pertama dari PPKI terjadi pada 18 Agustus 1945 dengan menghasilkan putusan dengan point yaitu mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Soekarno sebagai Presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil, membentuk komite nasional untuk membantu tugas Presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

Sedangkan untuk hasil sidang PPKI yang kedua yang terjadi pada tanggal 19 Agustus 1945 yang menghasilkan tiga point utama yaitu pembagian wilayah Indonesia yang terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama.

Lalu untuk sidang yang terakhir dalam Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang terjadi pada 22 Agustus 1945 menghasilkan 3 keputusan utama diantaranya adalah pembentukan Komite Nasional, pembentukan Partai Nasional Indonesia, pembentukan Badan Keamanan Rakyat atau Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Melihat kinerja dari tugas PPKI yang terbilang cepat dalam merumuskan bangsa ini membuat lembaga ini akhirnya dibubarkan pada 29 Agustus 1945 PPKI. Pembubaran ini bersamaan saat pelantikan anggota Komite Nasional Indonesia Pusat.

Tuliskan Empat Tugas Utama Dari PPKI, Ini Jawabannya

Tuliskan Empat Tugas Utama Dari PPKI, Ini Jawabannya

Tugas Utama PPKI Adalah?

Dengan kehadiran PPKI sangat penting dengan tugas untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia yang akhirnya berlangsung pada 17 Agustus 1945 dan dapat dirasakan hingga saat ini.

Melalui peristiwa sejarah dari PPKI tidaklah mudah untuk menjalankan tugas utamanya yaitu pembuatan landasan konstitusi negara. Selain itu, masih ada juga empat tugas utama dari PPKI sebagaimana dibawah ini:

  1. Bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia seperti waktu, tempat pembacaan teks proklamasi, persiapan anggota dan susunan struktur negara.
  2. Bertugas untuk mensahkan UUD negara.
  3. Bertugas memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden Indonesia
  4. Bertugas membentuk komite nasional yang membantu tugas presiden

Demikianlah penjelasan mengenai topik yang berjudul Tuliskan Empat Tugas Utama Dari PPKI, Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *