Tujuan dan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi Adalah? Ini 8 Jawabannya

Tujuan dan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi  РTeks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang menyajikan informasi secara umum mengenai sesuatu berdasarkan hasil pengamatan. Pada umumnya teks laporan hasil observasi mempunyai bentuk yang tidak jauh beda dengan teks deskripsi, walaupun teks deskripsi dengan teks laporan hasil observasi ini berbeda jauh. Teks laporan hasil observasi ini menggambarkan sesuatu hal secara umum dan teks laporan hasil juga menyampaikan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini atau pendapat penulis.

Sehingga dalam membuat teks laporan hasil observasi tidak boleh asal buat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat teks hasil laporan observasi. Adapun faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah mengamati objek yang akan diobservasi.

Tidak diamati saja, melainkan dalam membuat teks laporan hasil observasi ini menggunakan objek yang tunggal. Selain itu, hal yang harus diperhatikan lagi dalam membuat teks laporan hasil observasi adalah mencatat data yang dibutuhkan. Data dalam teks laporan hasil observasi ini merupakan data yang akurat yang sesuai dengan pengamatan, dan data yang disajikan pun adalah hasil penelitian terkini dan bisa juga melengkapinya dengan wawancara apabila dibutuhkan dengan narasumber sebagai bukti penguat dan referensi terkait teks laporan hasil observasi yang dilakukan.

Bagian-bagian atau struktur dalam teks laporan hasil observasi adalah terdri dari definisi umum atau pembukaan, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Untuk bagian definisi umum atau pembukaan ini berisi pengertian tentang suatu yang dibahas. Untuk deskripsi bagian berisi tentang gambarangan lebih terperinci. Sedangkan yang terakhir adalah deskripsi manfaat yang berisi tentang kegunaan yang diteliti.

Bagi seseorang yang meneliti suatu daerah atau pokok persoalan itu harus menyampaikan laporan sesuai dengan apa yang dibahas dan penting. Sebaliknya, bagi peneliti untuk tidak menyampaikan pendapat pribadi atau pengalaman pribadi atau yang kurang penting dibandingkan dengan masalah yang dihadapi. Berdasarkan dari penjelasan diatas, bisa disaksikan bahwa teks laporan hasil observasi tidaklah segampang itu dan perlu ketelitian. Hal ini karena tujuan dan fungsi teks laporan hasil observasi itu dibuat. Sejalan dengan hal itu, apasih tujuan dan fungsi teks laporan hasil observasi adalah:

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun penulis, setidaknya terdapat 3 fungsi teks laporan hasil observasi yaitu:

  1. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan
  2. Sebagai sumber informasi terpercaya
  3. Menjelaskan dasar penyusunan kebijakan keputusan atau pemecahan masalah dalam suatu pengamatan.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Selain itu, untuk tujuan teks laporan hasil observasi setidaknya terdapat 5 tujuan yang bisa ditemukan. Adapun tujuan teks laporan hasil observasi itu adalah:

  1. Untuk mengatasi suatu persoalan.
  2. Untuk melakukan pengawasan atau perbaikan.
  3. Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
  4. Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.
  5. Untuk mengambil keputusan yang lebih efekif.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tujuan dan Fungsi Teks Laporan Observasi Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *