Tujuan Dari Adanya Prinsip Keselarasan Adalah? Ini Jawabannya


Indonesia adalah negara yang kaya, tidak hanya pada potensi sumber daya alam yang dimilikinya, juga pada sumber daya manusia. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya ciri khas budaya yang tersebar di setiap daerah di Indonesia.

Mulai dari bahasa, sikap dan gaya yang ditunjukkan setiap daerah membuat indonesia sebagai negara yang menarik banyak wisatawan untuk mengujungi negara ini apabila terdapat perayaan besar atau festival budaya.

Hal itu karena mereka tertarik untuk melihat seperti apa Indonesia yang apalagi jika lengkap dengan menggunakan pakaian adat atau kesenian indonesia pada umumnya. Berbicara soal kesenian, Indonesia juga mempunyai seni rupa yang tiada tara seperi seni kriya, seni pahat dan seni lukis.

Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna.

Unsur-unsur rupa tersebut tidak hanya diartikan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak mempunyai makna, melainkan dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Selain itu perlu diketahui bersama bahwa dalam mengetahui makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri.

Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian-bagiannya. Karya seni rupa disebut memiliki nilai estetika apabila unsur yang dikandungnya, berupa garis, bidang, bentuk, warna, dan lainnya. Ternyata keindahan karya seni rupa itu dikarenakan oleh prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung segala bentuk karya seni rupa.

Prinsip ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam membuat suatu karya seni, prinsip seni rupa yang terdiri kesatuan (unity), keseimbangan (balance), irama (rythme), komposisi, proporsi (kesebandingan), pusat perhatian (center of interes), keselarasan (harmoni), gradasi, penekanan (kontras).

Sejalan dengan pembahasan kali ini penulis akan membahas mengenai tujuan prinsip keselarasan. Namun sebelum itu, tahukah anda apa yang dimaksud dengan prinsip keselarasan.

Apa itu Prinsip Keselarasan Adalah?

Secara sederhana yang dimaksud dengan pengertian keselarasan adalah sebagai keadaan yang berbeda dan bertentangan menjadi keadaan yang serasai. Prinsip keselarasan adalah prinsip yang bertujuan untuk menyatukan unsur yang terdapat dalam seni rupa untuk yang berbagai bentuk yang berbeda.

Prinsip ini juga disebut dengan prinsip harmoni atau keserasian. Prinsip ini terjadi karena adanya kesamaan, kesesuaian dan tidak terdapat pertentangan.

Maksud dari keselarasan adalah hubungan kedekatan unsur-unsur yang berbeda-beda, baik rupa bentuk maupun warna, tujuannya untuk menciptakan sebuah keselarasan dalam kesenian.

Adapun contoh yang dapat menjelaskan seperti apa itu prinsip keselarasan dalam seni rupa adalah motif pada batik. Dalam membuat motif pada batik terdapat komposisi bentuk yang berbeda sama sekali kemudian dipadukan dengan bentuk-bentuk lain sehingga terlihat selaras.

Maka dari itu, batik sering disebut sebagai kesatuan yang harmonis atau kesatuan dari berbagai perbedaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa keselarasan bisa diartikan sebagai kesatuan yang berbeda yang apabila digabungkan dengan bentuk warna yang lain dapat terlihat menyatu atau bersambungan, yang seperti itulah dikatakan keselarasan.

Tujuan Dari Adanya Prinsip Keselarasan adalah

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan juga dari informasi yang dihimpun dari berbagai sumber maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban mengenai tujuan dari adanya prinsip keselarasan adalah:

    1. Menghindari kesalahan penggambaran proporsi
    2. Memberikan kesan kesesuaian antara unsur yang satu dan unsur yang Iain
    3. Menghindari munculnya rasa bosan akibat tema yang terlalu monoton
    4. Menghindari adanya unsur-unsur yang tidak perlu dalam suatu karya seni
    5. Menyelaraskan unsur-unsur yang saling berlawanan atau bertentangan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tujuan dari Prinsip Keselarasan Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekain dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *