Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi


Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi – Sebagai olahraga yang populer di masyarakat. Permainan bola ini mempunyai peraturan, teknik dasar dan tujuan yang diharapkan. Permainan bola basket dimainkan 2 regu yang permainannya dengan memasukkan bola ke keranjang lawan dengan tangan sebanyak-banyaknya sehingga bisa dikatakan sebagai pemenang.

Permainan yang ditemukan oleh guru pendidikan jasmani di Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Amerika Serikat bernama Dr. James Naismith yang dimulai pada tahun 1891. Karena banyak diminati, Muhyi Faruq (2009: 4) mengatakan permainan dan olahraga bolabasket sangatlah sederhana dan mudah dipraktikkan, penuh dengan tantangan, menarik dan mengasyikkan untuk dimainkan bersama. Alasannya tidak lain karena berperan dan fungsi untuk pengembangan diri dan kerja sama tim semata serta bertujuan dalam pengembangan kecerdasan emosional, kebugaran tubuh dan lebih-lebih lagu untuk prestasi serta sebagai gaya hidup (life style).

Walaupun dalam permainan ini mudah digunakan, akan tetapi bagi beberapa kalangan yang baru atau belum pernah sama sekali melihat permainan bola basket, Maka akan kesulitan, sehingga diperlukan upaya modifikasi yang harus dilakukan oleh dirinya dan para pengajar bola basket untuk memudahkan setiap orang dalam bermain.

Biasanya ini digunakan untuk pelatihan dan tidak diperkenankan apabila modifikasi peraturan ini diterapkan dalam permainan yang sesungguhnya. Sebab melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh organisasi bola basket di Indonesia dan dunia. Tidak sedikit, modifikasi bermain bola basket ini ditemui untuk anak-anak dan sekolahan seperti anak yang masih SD, SMP dan,



Untuk SMA biasanya tidak lagi membutuhkan modifikasi karena telah mengenal dan mengetahui bagaimana cara bermain bola basket dan biasanya dalam hal kemampuan sudah baik. Maka untuk menjawab permasalahan ini, maka penulis akan menjawab pertanyaan seputar “sebutkan tujuan bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi’?  yang dapat dilihat dibawah ini:



Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi

Biasanya dalam melakukan latihan bola basket terdapat kekurangan fasilitas standar dalam permainan bola basket.



Olehnya itu, untuk mencari solusi dalam mengatasi kendala seseorang dalam bermain basket, seperti alat dan perlengkapan yang dimiliki,

Maka modifikasi bisa dilakukan dalam latihan permainan bola basket agar bisa memudahkan dan tujuannya untuk pembelajaran.

Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi (Foto: Artikelsiana.com)
Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam pendidikan jasmani kita diperbolehkan untuk melakukan suatu modifikasi permainan asalkan tidak mengubah atau menyalahi teknik dasar. Modifikasi kita lakukan karena untuk menyesuaikan dengan kondisi,

Dan agar mempermudah dalam penyampaian materi kepada siswa kita. Namun sebelum dan setelah bermain bola basket yang dimodifikasi itu,

Untuk dijelaskan kepada siswa tentang aturan yang semestinya agar tidak dianggap sebagai sesuatu yang benar yang bisa berdampak buruk saat bermain bola basket secara langsung.

Demikianlah informasi mengenai Tujuan Bermain Bola Basket Yang Dimodifikasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *