Apa Tugas Malaikat Mikail adalah? Ini Tugas Malaikat Sang Pengatur Rejeki


Tugas-Tugas Malaikat Mikail Sosok malaikat yang biasa dibicarakan dalam kitab Suci Al-Qur’an adalah pada sisi keghaibannnya dan dari misi tentang penurunan wahyu Allah kepada rasul, serta tugas lain yang dijalankan sebagai wujud ketaatan kepada penciptanya.

Dalam agama Islam, percaya kepada malaikat adalah kewajiban bagi setiap orang beriman, sebab malaikatlah perantara menyampaikan firman-Nya kepada rasul, sehingga apabila ada yang menafikkan para malaikat, berarti menafikkan pula firman-firman (wahyu) Allah.

Itulah mengapa salah satu pokok ajaran Islam adalah percaya kepada malaikat dan tidak hanya itu, dikatakan bahwa iman seorang muslim tidak sah, apabila tidak percaya juga dengan sifat-sifat yang dijelaskan melalui agama.Malaikat adalah jenis makhluk ghaib yang tidak bisa diindrakan.

Makhluk ini diciptakan oleh Allah SWT yang tidak butuh fisik atau jasmani untuk menghabiskan waktu siang dan malam hanya untuk mengapdi kepada Allah. Keimanan kepada malikat, bukan hanya sebatas mengetahuinya saja, akan tetapi meneladani sifat-sifat malaikat yang senantiasa taat dan sujud kepada Allah Swt.

Hal ini sebagaimana dalam Allah Swt. berfirman dalam QS. An-Nahl (16): 49 “Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” Menurut ilmu bahasa Arab bahwa kata ‘Malaikah’ adalah kata jamak yang berasal dari kata ‘malak’. Arti dari kata ini adalah kekuatan yang berasal dari kata mashadar ‘alalukah’ yang artinya risalah atau misi.

Itulah mengapa malaikat biasa disebut dengan ‘Ar-Rasul’ (Utusan). Demikinan ini juga diterangkan dalam QS. Huud (11)ayat 69 yang artinya “Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: ‘Selamat’. Ibrahim menjawab: ‘Selamatlah,’ maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang”.

Jadi pada kesimpulannya bahwa apa yang dimaksud dengan malaikat itu adalah makhluk yang mempunyai kekuatan yang patuh terhadap ketentuan dan perintah Allah yang diciptakan dari cahaya, yang senantiasa menyebah dan tidak melanggar perintah Allah SWT.

Sebagai manusia dan umat Islam pada khususnya, beriman kepada malaikat adalah kewajiban sebagaimana penjelasan diatas. Sebab dengan beriman kepada malaikat berarti meyakini dan membenarkan dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan malaikat yang diutus untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dari Allah.

Hal itu sebagaimana dalam QS. Al-Anbiya ayat 19-20 yang artinya “Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisiNya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya”.

Dengan mengimani Malaikat maka dapat memberikan dampak positif bagi pribadi setiap muslim sebab dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, mendorong untuk terus berbuat mulia, dan jauh dari perbuatan maksiat dan senantiasa bersujud kepada Allah SWT.

Selain itu, perlu diketahui bahwa segala sesuatu termasuk sifat-sifat yang dimiliki oleh 10 Malaikat ciptaan Allah SWT, juga mempunyai tugas masing-masing. Tugas malaikat ini ditujukan kepada manusia dan seluruh alam semesta.

Tugas Malaikat Mikail Adalah?

Tinggal bagaimana manusia mengetahui dan melihat tanda-tanda tersebut dan mensyukurinya. Membahas mengenai tugas malaikat, sesuai topik diatas yang berbicara tentang Tugas malaikat Mikail. Adapun tugas malaikat Mikail itu adalah:

  1. Malaikat Mikail merupakan makhluk ciptaan Allah Swt yang mulia, berasal dari cahaya yang bertugas membagi rejeki.
  2. Selain itu, dikatakan bahwa malaikat bertugas untuk menurunkan hujan dan menumbahkan tanaman.
  3. Melalui tugas malaikat mikail itu sehingga dikatakan bahwa tugas malaikat Mikail sepenuhnya adalah tugas bagi kehidupan dunia ini.
  4. Berdasarkan hal itu, maka kesimpulan dari tugas malaikat mikail adalah bertugas mengatur dan menyampaikan rejeki kepada seluruh makhluk Allah, termasuk juga mengatur hujan, angin, dan bintang-bintang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Tugas Malaikat Mikail adalah? Ini Tugas Malaikat Sang Pengatur Rejeki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

tugas malaikat mikail fungsi tugas sifat malaikat mikail
tugas malaikat mikail fungsi tugas sifat malaikat mikail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *