Tonggak Awal Kemajuan Masyarakat Eropa Pada Masa Renaisans Ditandai Dengan


Zaman renaisans adalah zaman yang begitu penting dan para sejarawan menganggap bahwa ini adalah awal bagi perkembangan peradaban Eropa yang kita lihat saat ini. Pada zaman ini, masyarakat eropa berhasil mencapai prestasi yang luar biasa dalam berbagai bidang diantaranya, seni, filsafat, literatur, politik, sains, pendidikan, agaman dan perdagangan.

Pemakaian kata Renaissance pertama kali oleh Jules Michelet, seorang sejarawan Perancis yang lahir di abad ke-18 dan mulai terkenal di dunia Barat pada abad ke-19 karena karyanya yang berjudul “History of France” yang menekankan bahwa masa romatik Abad Pertengahan bukanlah sama sekali tidak berguna bagi perkembangan kebudayaan Barat.

Selain itu, pada masa Renaisans pemikiran-pemikiran yang terkunkung karena dominasi gereja akhirnya terbangkitkan kembali, dan menjadi alam pemikiran yang hidup dan membangun standar dunia modern seperti optimisme, hedonisme, naturalisme dan individualisme.

Latar belakang dari munculnya Renaisans ini tidak lain adalah karena pada abad 15-16 Masehi tersebut terjadi wabah penyakit, krisis ekonomi, krisis politik yang semua dari hal tersebut disebut dengan Dark Ages atau abad kegelapan.

Olehnya itu dalam zaman Renaisans juga disebut sebagai salah satu abad keemasan dalam sejarah peradaban barat yang menjadi transisi antara dark Ages dengan Enlightenment Age atau Zaman pencerahan. Sehingga dengan lahirnya Zaman Renaisans ini, setitik cahaya pun mulai tampak perkembangan Eropa saat itu.

Karena hal tersebut, maka dalam penamaan Renaissance yang secara harfiah berasal dari bahasa Perancis yang artinya kelahiran kembali. Jika didefinisikan maka Rennaissance ini adalah periode kelahiran kembali peradaban dan kebudayaan Eropa yang ditandai dengan etika, estetika dan rasionalitas. Krisis pada zaman Dark Ages di Eropa disebabkan oleh pembatasan berpikir, berpolitik, bersosialisasi sesuai dengan doktrin gereja yang berlaku pada masa itu.

Berdasarkan dari buku Sejarah Eropa: Dari Eropa Kuno hingga Eropa Modern (2012) karya Wahyudi Djaja yang menyampaikan bahwa terdapat 4 faktor yang menjadi penyebab kemunculan Zaman Renaissance. Faktor yang pertama karena pendidikan diberikan oleh sekolah gereja untuk mereka yang menjadi calon pendeta,

Selain itu, peran uskup dan paus yang mempunyai kewenangan yang terlampau besar dalam urusan politik dan pemerintahan sehingga kepentingan dan dominasi yang begitu luas serta kebebasan setiap orang untuk mengeskpresikan kehendak dan pemikirannya menjadi terbatas.

Tetapi berkat kemajuan yang diperlihatkan masyarakat Italia dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya membuat pemikiran duniawi dengan mengedepankan rasionalitas pun ikut bermunculan dan paham-paham sekulerisme, individualisme dan humanisme di Eropa pun bermunculan. Melalui pemahaman tersebut, masyarakat Eropa berhasil melepaskan diri dari dominasi agama dan gereja.

Berkat hal tersebut, berbagai pembaharuan-pembaharuan dalam aspek kehidupan bermunculan, berkembangnya ilmu filsafat, paham kapitalisme-liberal dan materialisme pun hadir serta peran pedagang dan pengusaha mulai terlihat. Berkat dari hal tersebut, zaman Renaisans menjadi zaman yang menjadi penentu kemajuan bagi masyarakat eropa kala itu.

Pada zaman Renaisans, masyarakat Eropa mempelajari hakikat diri dan alam semesta bahwa manusia yang dulunya dianggap sebagai Victor Mundi (orang yang berziarah di dunia) menjadi Faber Mundi (orang yang menciptakan dunia).

Kemajuan masyarakat Eropa itu tidak lepas dari para tokoh pemikir yang berhasil membebaskan kesadaran masyarakat eropa melalui pemikiran dan temuannya, diantaranya Leonardo da Vinci, Francis Bacon, Galileo Galilei, Rene Descartes, Petrarch.

Tonggak Awal Kemajuan Masyarakat Eropa Pada Masa Renaisans Ditandai Dengan

Zaman renaissance menjadi tonggak awal kemajuan masyarakat Eropa yang ditandai dengan kembangkitan kembali pemikiran yang terbebas dari dogma-dogma agama dan dominasi gereja. Pada masa ini manusia mencapai kemajuan tanpa melibatkan campur tangan ilahi atau pencipta dan mulai merintis ilmu pengetahuan..

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tonggak Awal Kemajuan Masyarakat Eropa Pada Masa Renaisans Ditandai Dengan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *