Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah? Ini Jawabannya


Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang – Dalam sistem rangka manusia terdapat banyak jenis tulang yang menyusun setiap hal agar organ dan sistem organ dapat berjalan baik sebagaimana fungsinya seperti pada saat seseorang mengkonsumsi sesuatu. Organ-organ tubuh yang berfungsi adalah mulut, lidah dan gigi yang menjalankan tugasnya masing-masing agar makanan terus dapat dikonsumsi manusia. Tanpa adanya bagian tersebut, manusia akan kesusahan dalam mengkonsumsi sesuatu, bahkan dengan mengkonsumsi hal-hal yang keras juga bisa dilakukan.

Semua itu berkat adanya fungsi dari rahang yang dimiliki manusia. Jika tanpa rahang, maka fungsi mulut, lidah dan gigi tidak dapat berjalan efektif dan segala aktivitas manusia akan terhambat sebab rahang adalah kunci bagaimana makanan dan minuman itu masuk dalam tubuh manusia yang menjadikan manusia mempunyai energi untuk beraktivitas. Ini adalah hubungan sebab akibat yang dimana bisa dikatakan bahwa rahang mempunyai fungsi yang vital dalam sistem tubuh manusia.

Olehnya itu, dapat didefinisikan bahwa yang dimaksud dengan rahang adalah struktur yang membentuk, atau yang terletak di dekat jalan masuk, ke mulut. Pada vertebrata, sebagian besar rahang yang dimilikinya saling berhadapan secara vertikal alias bersusun ke atas bawah. Beda halnya dengan arthropoda yang dimana bentuk rahangnya saling berhadapan secara lateral.

Adapun fungsi utama rahang adalah untuk pemasukan makanan, pintu masuk ke mulut, dan atau pemrosesan awal makanan (mengunyah). Perlu diketahui bersama bahwa istilah rahang merupakan istilah yang sering dipakai untuk seluruh struktur yang membentuk rongga mulut dan berfungsi membuka dan menutup mulut. Berdasarkan dari definisi diatas yang saling berhadap-hadapan, maka sudah pasti rahang terbagi atas dua jenis yaitu Rahang atas (Os Maxilla) dan Rahang bawah (Os Mandibulla). Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan rahang bawah dan rahang atas?.



Rahang bawang atau bahasa ilmiahnya Os Mandibulla adalah rahang yang terletak di bawah rahang atas yang mempunyai bagian menonjol disebut dagu. Rahang atas menempel pada tulang tengkorak bagian temporal. Hal itu sebagai satu-satunya hubungan antar tulang dengan gerakan yang lebih bebas.



Sedangkan yang dimaksud dengan Rahang atas atau istilah ilmiahnya adalah Os Maxilla ialah rahang yang terletak disebelah atas, di bawah hidung di atasnya rahang bawah. menyusun sebagian dari hidung, dan langit-langit.



Namun pernahkah setiap orang berpikir, bahwa kedua hal itu baik rahang atas dan rahang bawah, apa yang menghubungkannya?. Berdasarkan dari hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai tipe persendian yang terdapat pada rahang.

Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah? Ini Jawabannya

Tipe Persendian yang terdapat pada Rahang adalah Sendi Pelana. Hal itu karena sendi pelana adalah sendi yang dalam pergerakannya bisa bergerak ke dua arah. Sedangkan apa yang terjadi juga pada rahang, sama dengan apa yang terjadi pada sendi pelana, sebab rahang dapat digerakan kekanan dan kebawah, kekiri dan kekanan, serta diagonal atas bawah.

Adapun penjelasan untuk sendi-sendi yang lainnya seperti sendi geser, sendi putar dan sendi engsel dapat dilihat dibawah ini:

    1. Sendi Engsel, merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya satu arah pergerakan saja, biasanya sendi engsel hanya bisa ditekuk atau diluruskan. Contohnya pada tulang siku dan lutut.
    2. Sendi Geser adalah sendi yang gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain seperti hubungan terhadap antar tulang belakang.
    3. Sendi Putar ialah sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan salah satu tulang yang berputar terhadap tulang lain. Contohnya hubungan antara tulang leher dan tengkorak.

Contoh Soal

Tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah

    1. Sendi geser
    2. Sendi pelana
    3. Sendi putar
    4. Sendi engsel

Jawabannya: B. Sendi Pelana

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *