Tindakan Ekonomis dalam Kegiatan Ekonomi Adalah? Ini 7 Tindakannya


Tindakan Ekonomis dalam Kegiatan Ekonomi  – Ekonomi merupakan aktivitas manusia. Didalamnya terdapat kegiatan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Secara tradisional, ekonomi adalah aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga

Ekonomi juga sering disebut sebagai ilmu yang menerangkan cara menghasilkan, mengedarkan, membagi barang dan jasa sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Bahkan dalam masyarakat, ekonomi juga berperan didalamnya karena mengatur urusan harta kekayaan baik yang menyangkut kepemilikan, pengembangan maupun distribusi.

Manusia hidup dalam suatu kelompok yang membentuk suatu sistem. Sistem secara sederhana dapat diartikan sebagai interaksi, kaitan, atau hubungan dari unsur- unsur yang lebih kecil membentuk satuan yang lebih besar dan komplek sifatnya.

Tidak hanya itu, manusia juga terkenal dengan makhluk yang memiliki keinginan yang tidak terbatas. Untuk memuaskannya, terdapat sumber daya yang dipakai. Akan tetapi, ternyata sumber daya itu juga tidaklah bebas atau terbatas.

Karena sumber daya terbatas, atau langkah maka terdapat tindakan-tindakan yang perlu diambil dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut.

Maka dari itu Ilmu ekonomi hadir dalam mengatasi keinginan manusia yang tidak terbatas. Sebab ilmu ekonomi sebagai studi ilmiah yang mengkaji bagaimana seseorang dalam masyarakat menentukan tindakan dan pilihannya.

Sesungguhnya, kegiatan ekonomi sudah ada sejak manusia menginjakkan kaki di muka bumi ini, sehingga dalam tindakan-tindakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sudah sejak dulu dilakukan seperti kebutuhan akan makan, minum, pakaian, tempat berlindung atau tempat tinggal dan lain-lain.

Apalagi di era saat ini, ada banyak kebutuhan manusia yang semakin bervariasi. Apabila kebutuhan tersebut semakin beragam, maka manusia dituntut untuk bertindak ekonomis.

Tuan melakukan tindakan ekonmis tiada lain dan tiada bukan adalah untuk menentukan alternatif pemenuhan kebutuhan ekonomi. Pemilihan alternatif selalu dilakukan manusia walaupun tanpa disadari.

Teorinya memanglah seperti demikian, namun pada kenyataannya tidaklah mudah bagi setiap orang menentukan tindakan yang tepat dan sesuai dalam memenuhi keinginannya. Maka dari itu juga diperlukan ketepatan dalam meilih.

Memilih yang dimaksud disini adalah memilih alternatif pemenuhan kebutuhan. Pilihan ini juga termasuk sebagai tindakan ekonomi yang harus dilakukan, yang tujuannya untuk mendapatkan alternatif pilihan terbaik.

Melihat peran dari tindakan ekonomis yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan manusia, tahukah anda apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomis itu?.. 

Pengertian Tindakan Ekonomis Adalah?

Secara umum, pengertian Tindakan Ekonomis adalah tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran.

Tidak semua dalam memenuhi kebutuhan bisa dikategorikan sebagai tindakan ekonomis. Sebab maksud dari tindakan ekonomis sebenarnya ketika tindakan yang diambil itu mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil.

Selain dari pertimbangan itu, yang disebut dengan tindakan ekonomis juga dapat mengambil pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan. Dalam artian apa yang harus diutamakan, didahulukan dan diantara itu sesuaikah tidak dengan kemampuan yang memilih tindakan ekonomis itu.

Tindakan Ekonomis dalam Kegiatan Ekonomi Adalah? Ini 7 Tindakannya (Foto: Artikelsiana.com)

Tindakan Ekonomis dalam Kegiatan Ekonomi Adalah? Ini 7 Tindakannya (Foto: Artikelsiana.com)

Macam-Macam Tindakan Ekonomis Manusia Adalah?

Tindakan ekonomis dilakukan manusia semata-mata agar seluruh kebutuhan hidupnya dapa terpenuhi dan bisa mencapai kemakmuran.

Seluruh kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya itulah yang dikatakan dengan tindakan ekonomis atau perbuatan ekonomis sebagaimana penjelasan pada definisi diatas.

Melihat dari hal itu, bagaimana sih tindakan ekonomis manusia dalam kegiatan ekonomi. Sebenarnya membahas mengenai  tindakan ekonomis ada banyak yang bisa dilakukan manusia. Namun, adapun beberapa tindakan-tindakan ekonomis yang dapat dihimpun oleh penulis dalam kegiatan ekonomi adalah:

  1. Tujuan dari tindakan ekonomis adalah untuk mengendalikan agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan.
  2. Tindakan ekonomis dilakukan setiap orang harus dengan penuh tanggungjawab, kejujuran dan santun.
  3. Kegiatan ekonomis manusia harus rasional agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Kegiatan yang rasional adalah kegiatan dilakukan dengan pikiran dan akal yang sehat
  5. Memilih barang yang akan dibeli dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan utama dan paling penting, menentukan barang yang bermutu dan disesuaikan dengan biaya yang ada.
  6. Hidup sesuai prinsip dan motif ekonomi.
  7. Menentukan kualitas barang atau jasa yang akan hendak untuk dibeli atau dipakai.

Demikianlah informasi mengenai Tindakan Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi Adalah? Ini 7 Tindakannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *