Terangkan Hal Yang Harus Terkandung Dalam Teks Eksposisi


Untuk era saat ini yang serba digital dan sangat mudah mendapatkankan informasi, untuk menjawab bahwa apakah diantara anda pernah membaca berita atau koran, sudah pasti semua orang selalu membaca.

Minimal membaca berita atau koran paling tidak 1 berita atau 1 koran yang saat ini sudah ada elektronik koran, jadi dalam artian membacanya tidak perlu lagi menggunakan kertas, alias cukup di android atau gagdet kamu.

Namun, apasih hubunganya antara hal-hal yang terkandung dalam teks ekposisi sebagaimana pembahasan kali ini dengan berita atau koran.

Ternyata menerangkan hal-hal yang terkandung dalam teks ekposisi dan berita berhubungan erat. Pasalnya, berita merupakan bagian yang terdapat dalam jenis teks bahasa Indonesia yaitu teks eksposisi.



Sebab pada dasarnya yang dimaksud dengan Teks Eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan digambarkan padat, singkat dan jelas.



Merujuk dari definisi ini untuk menerangkan hal-hal yang terkandung dalam teks ekposisi sudah berkaitan erat dengan berita, sehingga bagi anda yang terbiasa dalam membaca berita sudah mengetahui gambaran-gambaran singkat tentang hal-hal yang terkandung dalam teks eksposisi sebagaimana dalam berita itu.



Penyajian kata dan bahasa yang dipersingkat memang erat dalam berita, bayangkan saja berbagai uraian dari narasumber yang diwawancarai dipadatkan untuk menghasilkan karya yang memudahkan para pembaca berita agar menangkap maksud dan tujuan dari si pewawancara itu.

Walaupun diramu sedemikian rupa agar padat, singkat dan jelas dalam teks ekposisi juga tetap menekankan unsur ilmiah atau apa yang disampaikan dan dituliskan didalam teks ekposisi itu tidak bersifat non fiksi alias khayalan atau asal bunyi.

Untuk mengetahui apa saja yang dibahas dalam teks eksposisi, untuk mudahnya lihatlah berita. Ada banyak pembahasan dalam berita, mulai dari pariwisata, travel, ekonomi pendidikan dan masih banyak lagi.

Terangkan Hal Yang Harus Terkandung Dalam Teks Eksposisi

Sebab tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan atau memaparkan informasi tertentu sehingga dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

Olehnya itu diperlukan bagi segenap kalangan atau peramu atau penulis yang ingin menulis dengan teks ekposisi atau menulis berita untuk memasukkan kandungan-kandungan seperti yang diterangkan dibawah ini:

Struktur Teks Eksposisi

Adapun struktur teks eksposisi ialah:

  1. Pernyataan Pendapat terdapat di awal paragraf
  2. Argumentasi:  bagian yang memuat alasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration); bagian yang berisi penjelasan ulang pendapat penulis.

Hal-Hal Yang Terkandung Dalam Teks Eksposisi

Adapun hal yang perlu terkandung dalam teks ekposisi adalah:

  • Teks eksposisi harus menjelaskan tentang suatu informasi
  • Gaya informasinya bersifat mengajak
  • Bahasanya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  • Teks eksposisi bersifat singkat, padat, terkini
  • Harus menggunakan bahasa baku.
Terangkan Hal Yang Harus Terkandung Dalam Teks Eksposisi (Foto: Artikelsiana.com)
Terangkan Hal Yang Harus Terkandung Dalam Teks Eksposisi (Foto: Artikelsiana.com)

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Unsur yang dipakai dalam kandungan teks eksposisi ialah:

  • Memakai frasa nomina: contohnya seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, mu, ku.
  • Memakai kata keterangan: saat, mana, ketika, dan lain-lain.
  • Menggunakan konjungsi: sesudah, setelah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu , dan, serta, dengan, kecuali, selain, asal.

Demikianlah informasi mengenai Terangkan Hal Yang Harus Terkandung Dalam Teks Eksposisi. Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *