Tepung Tapioka Terbuat Dari? Ini Jawabannya


Saat ini siapasih yang tidak mengetahui tepung tapioka itu. Tepung ini begitu populer di masyarakat karena hampir semua bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis makanan apapun bahkan dari yang dari tradisional sampai yang paling modern, tepung tapioka selalu menjadi pribadona.

Walaupun dari tepung tapioka, salah satu rival dari tepung tapioka adalah tepung maizena yang beradal dari jagung. Sedangkan untuk tapioka sendiri itu terbuat dari bahan dasar singkong. Hal itu membuat tepung mempunyai tekstur yang lengket dan kental.

Itulah mengapa, tepung tapioka adalah pilihan yang tepat bagi setiap orang sebagai bahan perekat dalam berbagai makanan contohnya dalam pembuatan kue. Selain kue, tepung tapioka juga sering digunakan dalam menyempurnakan berbagai kreasi masakan.

Manfaat Tepung Tapioka Adalah?

Tidak hanya memberikan rasa enak dan dapat digunakan di seluruh jenis masakan, tepung tapioka juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan sebab kandungan dari tepung tapioka sendiri yakni dari protein, serat dan karbohidrat serta berbagai beragam zat gisi lainnya.

Bagi yang sedang menjalankan diet, tepung tapioka bisa menjadi pilihan kalian sebab tepung tapioka mempunyai kandungan yang bebas dari gluten. Perlu diketahui bersama bahwa gluten ini banyak berasal dari gandum. Jadi aman untuk dikonsumsi bagi yang menginginkan badan tetap ideal.

Tepung tapioka juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Hal itu karena kandungan serat yang tinggi dalam tepung tapioka sehingga masalah seperti sembelit, nyeri usus, perut kembung serta kanker usus tidak perlu dikhawatirkan lebih jauh.

Selain itu dapat menjaga pencernaan, tepung tapioka bisa menjaga tekanan darah jika dikonsumsi jumlah yang tepat. Dengan kandungan kalium yang terdapat tepung tapioka dibuktikan ampu dalam menjaga tekanan darah tinggi sehingga dapat terbebas dari masalah seperti penyakit jantung.

Tepung tapioka juga bisa menjadi obat yang berada dalam makanan secara tidak langsung untuk mengatasi masalah flu, sakit kepala dan demam. Jadi bagi yang ingin menyembuhkan penyakit tersebut namun tidak terbebani dengan obat-obatan, bisa memakai tepung tapioka disetiap makanan yang anda sajikan. Atau bisa membuat ramuan seperti mencampur 12 gram tepung tapiok sedikit gula serta air lalu aduk rata hingga tepung larut kemudian konsumsi minuman jika terkena flu dan demam.

Belum cukup, tepung tapioka dapat mengobati asam lambung karena tepung ini terbuat dari bahan dasar singkong alami yang diketahui ampuh dalam menebalkan lapisan lambung secara almi dari sifat singkong yang merekatkan bahan-bahan lain.

Serta bagi yang mempunyai masalah dengan kondisi tulang, tepung tapioka ternyata bisa menjaga kesehatan tulang tersebut apalagi yang mempunyai masalah osteoporosis. Sebab dalam tepung ini kaya akan kandungan zat besi, kalsium serta vitamin K yang dibutuhkan tulang.

Namun yang perlu digaris bawahi, meski beragam manfaat tepung tapioka di atas sangat baik bagi kesehatan. Lantas bukan berarti Anda bisa konsumsi tepung tersebut dalam jumlah berlebihan, terutama jika olahan makanan tersebut menggunakan campuran banyak gula dan bahan tinggi kalori lainnya. Tetap batasi konsumsi tepung tapioka agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain.

Tepung Tapioka Terbuat Dari? Ini Jawabannya

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa tepung tapioka terbuat dari bahan yang berasal dari Singkong.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tepung Tapioka Terbuat Dari? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *