Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Adalah? Ini 3 Jenisnya


Bulu tangkis atau biasa disebut Badminton adalah olahraga rakyat permainan ini dimainkan hanya 2 orang atau dua pasang yang saling melawan satu sama lainnya. Berbicara soal Bulu Tangkis memang permainan ini sudah sejak dulu ada, yang perkembangannya berawal dari Mesir kuno pada 2000 tahun lalu. Selain di Mesir ternyata permainan ini juga disebut telah sejak dulu ada di India dan Cina.

Klaim Cina soal permainan bulu tangkis karena saat di Tionghoa, terdapat permainan benama Jianzi namun tak menggunakan Raket melainkan kaki. Sedangkan di Inggris beda lagi, ada permainan disebut Battledores dan Shuttlecocks. Permainan ini memakai dayung/tongkat (Battledores).

Berawal dari sini, olahraga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune. Lalu adanya jaring saat di India pada abad ke-19. Penyebaran olahraga ini begitu pesat berawal dari kolonialisasi yang dilakukan oleh Inggris. Saat membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an.

Tahun 1860-an pamflet yang ditulis oleh Isaac Spratt berjudul “Badminton Battledore- a new game” (“Battledore bulu tangkis – sebuah permainan baru”). Dari hal itu, dibentuklah Asosiasi bulu tangkis Inggris pada 1893 dan kejuaran internasional pertama kali pada 1899 dengan kejuaran All England.



Lalu pada tahun 1934 didirikan International Badminton Federation (IBF) dengan negara yang terlibat saat itu adalah Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya.



Perkembangan begitu pesat terjadi pada September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir. Singkat cerita pada tanggal 5 Mei 1951 awal sejarah bulu tangkis di kota Bandung lahirlah PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI.



Permainan bulutangkis merupakan cabang olahraga yang sangat populer dan tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena permainan ini bersifat individual yang dapat di lakukan secara perorangan dengan cara satu lawan satu atau dua orang melawan dua orang. Cabang olahraga bulutangkis di sekolah dasar dimasukkan dalam program pilihan atau ekstrakurikuler olahraga yang dilaksanakan di luar jam tatap muka.

Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Adalah?

Pemain bulutangkis diwajibkan untuk menguasai teknik-teknik dalam permainan bulutangkis yang tujuannya bisa bermain dengan baik termasuk teknik pukulan. Dalam olahraga bulutangkis salah satu teknik yang perlu dikuasai dengan baik adalah teknik pukulan. Adapun ketiga teknik pukulan yang terdapat dalam permainan bulu tangkis adalah:

1. Teknik overhead

Jenis teknik pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut sebagai teknik smash. Teknik smash merupakan teknik serangan yang sangat mematikan lawan, jika dilakukan dengan benar.

Secara garis besar, teknik smash dilakukan dengan memukul kok dari atas menukik ke arah bawah, tepatnya di posisi lawan. Selain mematikan lawan, teknik smash juga menjadi carah ampuh untuk mencetak poin dan memenangkan pertandingan.

2. Teknik underhand

Jenis teknik underhand disebut pula sebagai teknik pukulan dari bawah. Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dengan memukul kok dari arah bawah. Biasanya teknik pukulan ini digunakan untuk memukul balik kok yang dilempar lawan dengan menggunakan teknik pukulan pendek atau pukulan net.

3. Teknik dropshot

Jenis teknik ini dilakukan dengan mengarahkan shuttlecock ke area lawan, tepatnya ke area yang berdekatan dengan net sisi lawan. Teknik ini sekilas hampir mirip dengan teknik lob, hanya saja posisi raket agak lebih dimiringkan agar posisi kok bisa meluncur setipis mungkin di atas net, agar pemain lawan tidak bisa menjangkau dan melakukan serangan balik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Adalah? Ini 3 Jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *