Tari Serampang Dua Belas Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tarinya


Tari Serambang Dua Belas – Sebagai negara yang mempunyai adat istiadat yang kaya, tidak sedikit berbagai hasil kebudayaan seperti alat musik, pakaian, arsitektur bangunan dan bahkan kesenian Tari yang tercipta.

Bahkan melalui hasil kebudayaan Tari ini menjadi menjadi ciri khas suatu daerah dan bangsa Indonesia. Sebab dalam setiap pola gerak dan properti yang digunakan menggambarkan ciri khas daerah itu.

Hal ini dibenarkan oleh Soedarsono yang mengatakan bahwa seluruh tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah yang cukup panjang dan selalu bertumpu pada pola-pola tradisi yang ada.

Dengan tari tradisional yang terdapat di Indonesia ini maka keindahan dan budaya yang dimiliki bisa terekspresikan melalui pesan tersirat yang berisi  pengetahuan, gagasan, kepercayaan, nilai dan norma serta makna di setiap gerakannya.

Salah satu tari tradisional yang ada di Indonesia dan populer di daerah provinsi Sumatera Utara adalah Tari Serampang Dua Belas yang mempunyai sejarah, pola gerak, properti dan makna yang memiliki keunikan tersendiri dari tari-tari tradisional yang terdapat di Indonesia.

Tari Serampang Dua Belas Berasal Dari Daerah? 

Sebagai tari yang berasal dari daerah Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara ini, telah menjadi tari yang populer tidak hanya di daerah yang berbudaya Melayu contohnya Riau, Jambi.

Melainkan daerah-daerah yang ada di Indonesia juga mengetahui Tari ini dan kadang dipentaskan dipanggung-panggung nasional.

Selain itu, Tari serampang dua belas  juga bisa dipentaskan dalam berbagai acara seperti acara hiburan, adat, maupun budaya.

Sejarah Tari Serampang Dua Belas Adalah?

Pencipta Tari Serampang Dua Belas adalah seorang seniman yang dikenal dengan nama Sauti. Tari Serampang Dua Belas diciptakan pada tahun 1940 yang pada awalnya sebagai latar belakang penciptaan Tari Serampang Dua Belas ini belum memakai nama seperti ini, melainkan dulu disebut dengan Tari Pulau Sari.

Nama awal dari Tari Serampang Dua Belas ini diambil yang disesuaikan dengan lagu yang mengiringi tarian ini, yaitu lagu Pulau Sari. Tari ini langsung mendapat respon dari dimana berasalnya Tari Serampang Dua Belas yakni di Provinsi Sumatera Utara.

Adapun respon dari masyarakat Sumatera Utara yang mengatakan bahwa pola gerakan tari Serampang Dua Belas indah dan memiliki pesan dan makna yang indah. Hal ini membuat pemerintah saat itu memberikan penghargaan.

Akan tetapi, pada tahun 1950-1960an terus mengalami perubahan, mulai dari nama yang berubah dari Tari Pulau Sari menjadi Tari Serampang Dua Belas diiringi dengan perubahan susunan penari yang kala itu, hanya dilakukan oleh laki-laki saja,

Kini penari Tari Serampang Dua Belas yang bisa dimainkan oleh Laki-Laki dan Perempuan secara berpasang-pasangan. Perubahan susunan penari ini, membuat pola gerakan dari Tari Serampang Dua Belas juga ikut berubah.

Pakaian Penari Tari Serampang Dua Belas Adalah?

Umumnya, pakaian sebagai properti Tari Serampang Dua Belas yang biasa dipakai penari ini menyusaikan dengan busana khas adat Melayu di pesisir pantai timur Sumatera.

Seperti untuk penari laki-laki Serampang Dua Belas memakai busana berupa kemeja lengan panjang dan celana panjang. Adapun properti dalam hal ini atribut yang dikenakan adalah peci dan kain yang dikenakan di pinggang sampai paha.

Sedangkan untuk busana yang dipakai oleh penari perempuan Serampang Dua Belas hanya memakai lengan panjang dan kain panjang hingga ke bawah dengan properti atribut yang menjadi hiasannya adalah hiasan kepala, hiasan penutup dada, dan kain yang dikenakan di pinggang.

Penggunaan busana tari tadi dapat dikreasikan oleh masing-masing kelompok penari. Sehingga lebih bervariasi tapi tidak meninggalkan kesan tradisional budaya Melayunya.

Makna Tari Serampang Dua Belas Adalah?

Untuk makna dari Tari Serampang Dua Belas yang berasal dari daerah Sumatera Utara, sangat mendalam sebab berkaitan pada aspek romantisme.

Mengapa demikian, sebab mengapa dikatakan dua belas dalam tari ini karena menggambarkan tahap-tahap kehidupan sepasang kekasih mulai dari awal perkenalan, jatuh cinta, sampai menikah.

Olehnya itu, bagi anda yang sedang mencari pasangan, sangat cocok untuk melihat pementasan Tari Serampang Dua Belas karena memberikan makna dan pesan kepada perempuan dan laki-laki  dalam hal mencari pasangan hidup.

Tari Serampang Dua Belas Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tarinya
Tari Serampang Dua Belas Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tarinya

Gerakan dan Musik Pengiring Tari Serampang Dua Belas Adalah?

Gerakan dalam tari serampang dua belas ini bermacam-macam dan dimainkan dengan pola gerak yang cepat. Adapun gerakan-gerakan yang biasa terdapat dalam Tari Serampang Dua Belas adalah melompat, berputar, berjalan kecil, dan memainkan sapu tangan.

Tarian ini diiringi oleh alunan musik tradisional seperti kecapi, rebana, dan musik tradisional melayu lainnya. Sedangkan lagu yang dipakai dalam Tari Serampang Dua Belas adalah lagu pulau sari. Akan tetapi untuk masa sekarang ini, biasanya memakai musik rekaman untuk mengiringi tarian ini agar lebih praktis.

Demikianlah informasi mengenai Tari Serampang Dua Belas Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tarinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *