Tari Margapati Berasal Dari Daerah? Ini Penjelasan & Pola Lantainya


Tari Margapati –¬†Indonesia adalah negara yang kaya dengan budaya baik itu dari bahasa, adat istiadat, suku, makanan dan tari tradisional. Berbicara soal tari tradisional yang dimiliki Indonesia adalah suatu warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tari tradisional ini menjadi salah satu kekayaan yang mampu menggemparkan dunia. Sebab ada banyak tari tradisional yang justru membuat warga asing untuk melihat langsung seperti apa pementasan tari yang dimiliki Indonesia.

Dapat kita saksikan bersama betapa kayanya Indonesia dalam hal tari tradisional, sebab jika dilihat dari pulau yang terdiri 17.504 dan pulau bernama 16.056 pulau. Dari setiap pulau tersebut mempunyai budaya tersendiri dan suku yang terdapat 1.340 suku bangsa yang sarat akan makna dan nilai tradisional yang terkandung didalamnya. Untuk data yang diketahui bahwa jumlah tari tradisional Indonesia yakni 300 tari.

Diantara 300 tari tersebut, terdapat tari tradisional yang populer yakni tari remong dari jawa timur, tari jaipong jawa barat, tari piring dari sumatra, tari kecak dari balik dan tari margapati dll. Berbicara soal tari margapati adalah tari yang mempunyai tata busana yang terdiri dari 3 bagian yaitu desain atas, desain badan dan pakaian luar. Diketahui desain atas terdiri memakai udeng pepandekan dan memakai badong.

Untuk desain badan, tari margapati terdapat tapih dan sabuk stagen yang panjangnya kurang lebih 8 m. Sedangkan yang terakhir adalah pakian luar yang terdiri atas 6 bagian yaitu kamen prade, sabuk prade, ampok-ampok dan gelangkana. Dengan tata busana demikian membuat penari margapati menjadi tampak indah dan menawan diatas panggung, apalagi ditambah dengan iringan musik gamelan gong kebyar, dan biasa juga tari margapati diiringi oleh gamelan semar pegulingan, semara dana, maupun angklung klentangan. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan Tari Margapati itu?



Apa Yang Dimaksud Dengan Tari Margapati Adalah?

Tari Margapati adalah termasuk tari lepas yang masuk dalam kategori tari kekebyaran. Tari ini diciptakan oleh Alm Nyoman Kaler pada tahun 1942. Diketahui arti tari margapati sendiri apabila ditinjau dari segi etimologinya, maka Margapati sebenarnya berasal dari dua kata yaitu Marga dan Pati. Arti marga adalah binatang dan pati adalah raja.



Jadi apabila demikian, maka pada dasarnya yang dimaksud dengan Tari Margapati adalah tarian yang melukiskan gerak-gerak seekor raja hutan (singa) yang sedang berkelana di tengah hutan untuk memburu mangsanya. Tari ini termasuk tari putra keras.



Apabila mengacu pada arti dari tempat tari ini berasal yakni di Bali, arti marga adalah “jalan” dan Pati adalah “kematian atau meninggal dunia”. Jadi arti dari Tari Margapati juga bisa didefinisikan sebagai tarian yang menggambarkan kesalahan jalan seorang wanita. Tari Margapati disusun dengan koreografi perpaduan dari gaya Bali Utara dan Bali Selatan.

Gerak dan Pola Lantai Tari Margapati

Tari yang berasal dari daerah bali ini mempunyai dasar agem, tandang dan tangkep. Agem adalah gerak pokok yang tidak berubah-ubah. Contohnya mungkah lawang, ngerajasinga, butangwarasari dan lainnya. Lalu untuk Tandang adalah cara memindahkan gerakan pokok ke gerakan pokok lainnya yang saling terangkai.

Terdiri dari abah yaitu perpindahan gerakan kaki menurut komposisi tari dan tangkis yaitu perkembangan tangan seperti Luk nagasatru, Nerudut dan Ngelimat. Tangkep adalah mimik yang memancarkan penjiwaan tari atau suatu ekspresi yang ditimbulkan melalui cahaya muka. Ada Encahcerengu yaitu perubahan dari suatu mimik ke mimik lainnya dan Maniscerengu yaitu senyum sambil mendelikkan mata. Tanpa Tangkep, sebuah tari memiliki kesan tidak hidup.

Tari Margapati Berasal Dari Daerah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari topik utama pada kali ini yakni tari margapati berasal dari daerah yang jawabannya adalah

Berasal dari daerah bali yang diciptakan oleh Nyoman Kaler yang merupakan seniman bali. Diketahui Tari Margapati ini diciptakan pada tahun 1942.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tari Margapati Berasal Dari Daerah? Ini Penjelasan & Pola Lantainya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *