Tari Jaipong Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban & Pencipta Tarinya


Tarian Indonesia tidaklah lepas dari kekayaan dan juga keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Diawali dari gerak, pola lantai, busana dan kostum serta asal muasal lagu itu sarat makna akan kebudayaan yang dimiliki Indonesia apalagi tari tradisional Indonesia.

Biasanya tari tradisional diwariskan secara turun temurun dan mempunyai nilai sejarah yang tinggi, pedoman yang luas, dan landasannya adaptasi adat istiadat lingkungan sekitar tempat tumbuhnya.

Awalnya tari tradisional sangat populer di masyarakat, namun dengan kemunculan tari kreasi baru atau tari modern, tari tradisional semakin tersisihkan. Salah satu tari-tarian tradisional yang begitu populer adalah tari Jaipong.

Arti Tari Jaipong Adalah?

Seni tari jaipong adalah sebuah kejadian yang penting dan menarik dalam perkembangan tari khususnya di Sunda. Sebab tari ini membangkitkan masyarakat untuk melihat pementasan tari seperti pada akhir tahun 1970-an, membuat Tari Jaipong populer.



Sejarah Tari Jaipong Adalah?

Lahirnya tari jaipong tidak lepas dengan sikap Presiden Soekarno saat itu dimana tahun 1961 membatasi budaya barat masuk membuat seniman tradisional berkreasi. Salah satunya seniman bernama Gugum Geumbira. Gugum Geumbira adalah pencipta tarian Jaipong.



Tari yang lahir dari ari kreativitas seniman yang berasal dari Bandung terinsipirasi dari kesenian rakyat yakni Ketuk Tilu. Tari Jaipong merupakan perpaduan gerakan Ketuk Tilu, tari Topeng Banjet dan Pencak Silat (bela diri). Jaipong muncul di tengah masyarakat yang betul-betul lahir sebagai suatu karya ‘produk modern’.



Dalam pertunjukan tari Jaipong, perempuan tidak malu-malu lagi untuk meliukkan tubuh, menggoyangkan pinggul, serta melirikkan mata pada penonton.

Gerakan tari jaipong sangat dinamis mulai dari gerakan tangan, bahu, pinggul kaki yang semuanya terlihat lincah bersama iringan pukulan gendang, khusus penari perempuan yang senyuman dan kerlingan mata.

Walaupun juga yang berkembang di masyarakat, penari Jaipong juga kebanyakan menampilkan hal yang sensual dengan goyang tubuh yang timbul secara spontan sehingga memberikan sensasi. Namun yang menarik, kemunculan karya Gugum Gumbira yang bersifat merakyat itu tetap mendapat sambutan hangat dari masyarakat Jawa Barat.

Tari Jaipong Berasal Dari Daerah?

Tari Jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung Jawa Barat yang diciptakan oleh Gugun Gumbira.

Pola Lantai Tari Jaipong Adalah?

Pola lantai sangat penting karena mengatur seluruh gerak penari yang dilakukan dengan tiga cara yaitu perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah tempat atau ruang. Fungsinya adalah untuk membuat ruang gerak apalagi bagi tari kelompok seperti dalam tari jaipong.

Dalam pola lantai tari jaipong menggunakan pola lantai lurus dan pola lantai zig-zag. Untuk pola lantai lurus bermakna hubungan manusia dengan pencipta. Sedangkan untuk pola lantai zig-zag gabungan pola lantai horizontal dan pola lantai diagonal sebagai perpindahan penari.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tari Jaipong Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban & Pencipta Tarinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *