Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban & Maknanya


Dalam kehidupan ini begitu berwarna hingga berbagai rupa dan perilaku pun sangat banyak. Tak pelak membuat setiap orang untuk terus mencari dan menambah ilmu dalam setiap perjalanannya. Bahkan dalam perjalanan itu pula lahir berbagai sesuatu yang baru dan ada juga sesuatu yang diturunkan dari generasi ke generasi selanjutnya. Itu semua mencakup segala bidang, baik itu dari ekonomi, politik, keamanan dan sosial budaya.

Berbicara tentang sosial budaya, sudah sangat banyak penemuan-penemuan yang dilakukan berbagai nenek moyang kita, khususnya dalam hal seni tari. Lihat saja di Indonesia, dimana hampir setiap daerah yang tersebar dari sabang sampai merauke mempunyai seni tari dan bahkan alat musik tersendirinya.

Demikian ini karena Seni Tari adalah seni yang menjadi pengungkap sesuatu hal melalui gerak manusia. Walaupun gerak yang terjadi pada tari bukanlah gerak realistis melainkan berupa gerak ekspresif. Contoh macam-macam tari yang populer adalah Tari Burung Enggang, seperti apasih itu tari burung enggang, dari manakah tari burung enggang ini berasal dan apa makna serta fungsi tari burung enggang itu?.

Memang sejumlah pertanyaan itu sangatlah menarik untuk dibahas, maka dari itu penulis melampirkan berbagai informasi menarik tersebut dibawah ini walaupun topik utama pada kali ini adalah Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah? Ini Jawabannya.



Apa itu Tari Burung Enggang?

Secara sederhana yang dimaksud dengan Pengertian Tari Burung Enggang adalah tarian yang biasa dipentaskan oleh para wanita muda dalam upacara adat suku dayak kenyah yang menggambarkan kehidupan sehari-hari burung enggang. Perlu diketahui bersama bahwa tari burung enggang merupakan tari yang berasal dari daerah kalimantan timur.



Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tari burung enggang berasal dari daerah kalimantan timur yang menjadi tari khas suku dayak kenyah. 



Apa Makna & Fungsi Tari Burung Enggang Adalah?

Konon katanya bahwa nenek moyang orang dayak berasal dari langit dan turun ke bumi yang menyerupai dengan burung enggang. Itulah mengapa burung enggang sangat dihormati sebab pemaknaan akan asal usul leluhur suku ini.

Bulu burung enggang sangat unik dan punya makna yang mendalam sebab setiap upacara dan tarian adat, selalu terdapat bentuk ukiran bulu burung enggang. Menurut informasi yang ditemukan bahwa ini sebagai simbol perpindahan masyarakat Dayak dari satu tempat ke tempat lainnya secara berkelompok yang melihat dari kebiasaan secara nomaden dan kebiasaan suku ini yang suka berperang sehingga memilih hidup berpindah-pindah untuk mencari keselamatan.

Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban & Maknanya (Foto: Artikelsiana.com)
Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban & Maknanya (Foto: Artikelsiana.com)

Gerakan Tari Burung Enggang Adalah?

Terdapat 3 gerakan mendasar dalam tari burung enggang yakni nganjat, ngasai dan purak barik yang semua gerakan penari seperti burung enggang. Pada gerakan nganjat, penari membuka dan menutup sayapnya, ngasai seperti penari sedang terbang lalu untuk purak barik seperti burung yang berpindah tempat.

Properti Tari Burung Enggang

Dalam pertunjukan tari ini, penari dibalut dengan busana Dayak dan ikat kepala yang dihias dengan bulu burung enggang begitu juga pada jari tangannya yang diikat seperti cincin sehingga dapat diayunkan.

Penari menari dalam iringan musik tradisional suku dayak dengan lemah gemulai yang menggambarkan kecantikan dan kelembutan wanita Dayak.

Selain itu, terdapat properti yang pakai penari dalam tari burung enggang yang berasal dari kalimantan timur ini adalah:

    1. Ikat kepala yang berbentuk seperti segitiga dan biasanya terdapat bulu seperti bulu burung enggang.
    2. Sayap sayap yang biasanya berbentuk bulat atau 3 helai atau lebih sayap.

Tata Rias Tari Burung Enggang

Sedangkan untuk tata rias tari burung enggang sendiri ini sangat sederhana dan tidak banyak memaki make up, yang menyimbolkan tentang kesederhanaan suku dayak.

Tata Busana Tari Burung Enggang Adalah?

Dalam tata busana tari burung enggang sendiri terbagi atas dua yaitu pakaian dasar dan juga pakaian tubuh, yang dimana maksud dari kedua tata busana dalam tari burung enggang ini adalah:

    1. Pakaian dasar adalah sebagai dasar sebelum mengenakan pakaian pokoknya yaitu legging hitam dan korset hitam polos.
    2. Pakaian tubuh adalah pakaian pokok yang dikenakan pemain pada bagian tubuh mulai dari dada sampai pinggul yaitu rompi dan rok. (rompi dan rok berwarna dasar hitam dengan motif yang berwarna antara lain: kuning biru putih orange hijau muda dan sebagainya).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tari Burung Enggang Berasal Dari Daerah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *