Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 Adalah? Ini 6 Tanaman Herbalnya


Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 – Virus Corona atau Covid-19 adalah pandemi yang menjangkit seluruh warga di dunia termasuk Indonesia. Jumlah terpapar Covid 10 di Indonesia pada 3 April adalah 181 Meninggal, 134 Sembuh, 1.986 Positif Corona. Jumlah tersebut semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Semua orang khawatir dan merasa cemas akan tertular penyakit Corona yang awal pertam kalinya menyebar di China, Wuhan. Penyebaran yang sampai menyentuh negara dingin dan jauh sekalipun, membuat Covid-19 menggemparkan dunia.

Dari kegemparan Covid-19 membuat orang-orang ramai mencari cara untuk mengobati Covid-19 apabila pada nantinya terkena penyakit ini. Sebab melihat jumlah yang sembuh akibat Covid-19 ternyata tidak sebanding dengan jumlah kematian yang begitu besar akibat Covid-19.

Berbagai upaya dilakukan dalam mengatasi Covid-19. Ada banyak negara yang melakukan penelitian dimana-dimana dan seterusnya untuk mencari obat dalam menangani Pandemi yang diduga berasal dari Kelelawar.



Tidak di twitter, di facebook dan diberbagai sosial media lainnya, semua meributkan Covid-19, betapa tidak sampai sekarang pun obat dari Covid-19 belum ditemukan dan parahnya lagi, mudah menyebar.



Namun menurut beberapa para ahli bahwa yang menyebabkan seseorang mudah tertular Covid karena daya tahan tubuh yang rendah atau sistem imun sehingga mudah terjangkit Virus Corona. Pernyataan para dokter tersebut memang tidaklah salah, karena melemahnya sistem imun akan membuat terpapar COvid-19 disamping dengan gaya hidup sehat.



Dari pernyataan itu, ada banyak orang yang berburu obat-obat untuk menambah daya tahan tubuh atau sistem imun, dan tidak sedikit berbagai apotik kehabisan stok untuk menambah daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19.

Langkanya obat daya tahan tubuh atau yang dapat menguatkan sistem imun di apotik, kalaupun langka harganya yang sangat mahal, membuat banyak warga beramai-ramai beralih ke tanaman herbal atau obat tradisional.

Menggunakan obat tradisional atau tanaman herbal sebagai mencegah Covid-19 tidaklah salah sebab ada banyak jenis-jenis tumbuhan atau tanaman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, penggunaan tanaman herbal sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan rakyat Indonesia dan juga harga tanaman herbal yang murah sehingga apabila dipakai berkali-kali tidak akan kesulitan lagi.

Sebab diprediksi harga obat-obatan penambah daya tahan tubuh akan semakin naik seiring perkembangan Covid-19 yang semakin bertambah parah. Maka dari itu, pilihan yang tepat untuk saat ini dalam mencegah terpapar Virus Corona adalah dengan menggunakan tanaman herbal.

Pernyataan ini dibenarkan oleh Praktisi Herbal dan Peneliti di B2P2TOOT Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Danang Ardiyanto bahwa tanaman herbal dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat terhindar dari paparan virus termasuk mencegah virus Corona.

Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 Adalah? Ini 6 Tanaman Herbalnya (Foto: Artikelsiana.com)
Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 Adalah? Ini 6 Tanaman Herbalnya (Foto: Artikelsiana.com)

Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 Adalah

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis akan memaparkan sejumlah nama-nama tumbuhan atau tanaman yang dapat menambah daya tahan tubuh atau sistem imun untuk mencegah Virus termasuk virus corona atau Covid-19. Adapun jenis-jenis tanaman herbal tersebut adalah:

1. Kunyit Mencegah Covid-19

Tanaman Herbal ini bisa mencegah covid-19 karena menurut hasil penelitian kunyi bermanfaat dan berkhasiat anti peradangan dan antioksidan sehingga memaksimalkan daya tahan tubuh untuk mencegah tubuh terpapar virus termasuk Virus Corona. Ini dibuktikan dari kandungan obat tradisional ini berupa kurkuminoid dan minyak atsiri yang memiliki peran sebagai antioksidan, antitumor dan antikanker.

2. Sereh Mencegah Covid-19

Selain itu terdapat tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional ketika terserang penyakit seperti demam. Sereh juga adalah tanaman herbal yang dapat menambah daya tahan tubuh atau sistem imun sehingga dapat mencegah terserang virus corona atau covid-10 karena kandungannya seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, antidepresan hingga antioksidan.

3. Temulawak Mencegah Covid-19 

Sudah sejak lama tanaman herbal temulawak dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit. Khasiat dan manfaat tanaman herbal ini sudah banyak dipakai, dan lagi-lagi tanaman herbal ini masuk sebagai tanaman yang dapat mencegah virus corona atau covid-19. Alasannya karena tanaman herbal ini memiliki antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dipercaya sebagai sumber dari berbagai penyakit.

4. Jahe Mencegah Covid-19

Tidak hanya temulawak saja, Jahe juga adalah obat tradisional yang banyak dipakai oleh warga Indonesia untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit apalagi bagi Jahe Merah yang berfungsi sebagai tanaman herbal yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ada yang mengatakan kalau, Jahe merah yang sudah diekstrak dikatakan dapat mencegah dan membunuh bakteri serta virus yang ada di dalam tubuh.

Selain itu Jahe mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Melihat dari kandungan tanaman herbal ini, maka sangat cocok untuk menjadi ramuan obat tradisional mencegah covid-19.

5. Pegagan (Centela asiatica) Mencegah Covid-19

Tanaman obat tradisional ini mempunyai khasiat berupa imunomodulator pada penyakit yang butuh sistem imun seluler atau humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

Banyak ilmuwan yang menyakini kalau peradangan merupakan akar dari masalah beberapa penyakit seperti kanker hingga jantung. Dari kandungan Pegagan, sudah barang tentu dapat menjadi daftar nama tanaman herbal untuk diracik dalam mencegah covid-19.

6. Kencur Mencegah Covid-19

Tanaman herbal untuk imun salah satunya adalah kencur. Walaupun kebanyakan tanaman herbal ini dipakai untuk mengobati batuk, tetapi apabila diteliti lebih jauh, kencur mempunyai zat yang serupa dengan jahe dan kunyit. Kencur bisa mengatasi batuk berdahak, membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk secara optimal.

Selain itu, apabila melihat gejala atau ciri-ciri Covid-19 adalah adanya gangguan pada pernapasan membuat orang tersebut batuk dan batuk berdahak. Sedangkan kencur mempunyai manfaat yang dapat mengatasi dan mengobati batuk dan batuk berdahak serta membuat pernapasan lega.

7. Bawang putih (Allium sativum) Mencegah Covid-19

Keunggulannya adalah untuk menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan gairah bercinta, dan banyak lainnya. Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan. Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

Berdasarkan dari ke 7 tanaman herbal ini dengan kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia dalam mencegah paparan Virus Corona atau Covid-19 dengan cara meracik jamu secara sederhana, sambil dapat menemani social distancing atau Physical Distancing.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Tanaman Herbal Mencegah Covid 19 Adalah? Ini 6 Tanaman Herbalnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *