Surat An Nasr adalah: Arti, Kandungan, Keutamaan & Kapan Turunnya


Surat An Nasr adalah: Arti, Kandungan, Keutamaan & Kapan Turunnya – Surat An Nasr merupakan surat yang ke 110 atau apabila dihitung dari belakang surat An Nasr ini merupakan surat kelima. Surat An Nasr tergolong mudah untuk dibacakan dan dihafal, sebab terdiri atas 3 ayat.

Nama surat An Nashar ini diambil karena lafal Nasr yang diketahui terdapat pada ayat pertama. Arti dari Surat An Nasr sendiri adalah Pertolongan.

Kandungan surat ini adalah janji Allah bahwa pertolongannya akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan, dan perintah Allah agar bertasbilah dan memujinya serta meminta ampun kepada-Nya ketika mendapatkan peristiwa atau kabar yang menggembirakan.

Setiap surat yang terdapat dalam Al-Qur’an mempunyai fadhilah atau keutamaan yang berbeda-beda termasuk surat An Nasr. Sebagai surat yang berarti pertolongan ini menyimpan banyak keistimewaan yang perlu untuk diketahui oleh setiap umat muslim di dunia ini.



Keutamaan Surat An Nasr

Selain itu, surah An Nashr ini merupakan surat yang terakhir turun secara utuh, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Syaih Musthafa Al-‘Adawi hafizhahullah berkata, “Sebagian besar ulama berpendapat bahwa surah dalam Alquran yang terakhir turun secara utuh adalah surah An-Nashr. Hal ini sebagaimana hadits riwayat Muslim dari jalur ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Utbah berkata bahwa Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bertanya kepadanya, “Apa engkau tahu surah yang terakhir turun dari Alquran secara utuh?”



Ubaidullah berkata, “Iya tahu, yaitu surah ‘Idza jaa-a nashrullahi wal fath’ (ketika pertolongan Allah itu datang dan kemenangan).” Ibnu ‘Abbas menjawab, “Engkau benar.” (HR. Muslim, no. 3024). (At-Tashiil li Ta’wil At-Tanzil Tafsir Juz ‘Amma, hlm. 647-648).



Membaca surat An Nasr dikatakan sama dengan membaca seperempat dari surat yang ada dalam Al-Qur’an. Dengan surat yang terdiri atas 3 ayat ini maka sudah barang tentu bagi setiap orang untuk mampu menghafalnya, dan membacakannya setiap hari yang apabila dilakukan sama dengan membaca seperempat Al-Quran.

Hal ini dibuktikan dalam hadits riwayat Tirmidzi bahwa Nabi saw bersabda “Surat Idza jaa nashrullahi wal fat-hu sama dengan seperempat Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi).

Dari Anas bin Malik ra. Bahwasanya Rasulullah saw. Bersabda kepada salah seorang sahabat beliau, “Sudahkah kamu menikah wahai Fulan?” Ia berkata, “Belum, demi Allah, wahai Rasulullah, aku tidak mempunyai apa-apa untuk menikah.” Beliau bersabda, “Bukankah kamu hafal Qulhuwallahu ahad?” Ia menjawab, “Ya.” Kemudian beliau bersabda,“ Itu menyamai sepertiga Al-Qur’an. “Beliau bersabda lagi, “Bukankah kamu hafal Idzaa jaa’a nashrullahi wal fath?”, Ia menjawab, “Ya.”

Beliau bersabda, “Itu menyamai seperempat Al-Qur’an.” Kemudian beliau bersabda, “Bukankah kamu hafal Qul yaa ayyuhalkaafirun?” Ia menjawab, “Ya.” beliau bersabda, “Itu menyamai seperempat Al-Qur’an.” Kemudian beliau bersabda, “Menikahlah! Menikahlah!” (HR. Tirmidzi).

Surat An Nasr adalah: Arti, Kandungan, Keutamaan & Kapan Turunnya (Foto: Artikelsiana.com

Kapan Turunnya Surah An Nashr

Diketahui bahwa Surat An Nashr memiliki beragam pendapat pada kapan turunnya surat ini. Namun akhirnya para ulama menyepakati bahwa surat An Nashr termasuk dalam surah Madaniyah, turun di Madinah.

Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa turun setelah peristiwa perang Khaibar, turun pada jelang wafatnya nabi atau ada juga yang mengatakan turun pada saat bertepatan dengan Haji Wada’ (haji perpisahan). Namun satu hal yang pasti bahwa surat An Nasr bukanlah ayat terakhir.

Bacaan Doa Surat An Nasr

  1. اِذَا جَآءَ نَصۡرُ اللّٰهِ وَالۡفَتۡحُۙ
  2. وَرَاَيۡتَ النَّاسَ يَدۡخُلُوۡنَ فِىۡ دِيۡنِ اللّٰهِ اَفۡوَاجًا
  3. فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَاسۡتَغۡفِرۡهُ‌ ؔؕ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

Arti Surat An Nasr

  1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,
  2. Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,
  3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sungguh, Dia Maha Penerima tobat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Surat An Nasr adalah: Arti, Kandungan, Keutamaan & Kapan Turunnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita smeua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *