Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui? Ini Contoh-Contohnya


Dalam kehidupan ini ada banyak jenis sumber daya alam yang mempunyai manfaat bagi tubuh manusia dan juga lingkungan sekitar. Berkat sumber daya alam itu sehinga kita bisa makan, berpakaian, dan membuat rumah, berpergian denga kendaraan serta masih banyak lagi.

Sumber daya alam itu tidak bisa terus menerus didapatkan jika manusia tidak berusaha dalam melestarikan sumber daya alam itu sendiri. Sebab perlu diketahui bersama bahwa sumber daya alam adalah hal yang paling penting dan esensial untuk kelangsungan umat manusia. Apabila ketersediaan dari sumber daya alam itu berkurang, maka dampaknya akan berpengaruh besar bagi kelangsungan hidup manusia di bumi ini.

Sumber daya alam tidak hanya bersifat mencukupi kebutuhan manusia, melainkan berkontribusi bagi kesejahteraan suatu bangsa. Dengan pengelolaan yang baik, maka kesejahteraan suatu daerah atau negara pasti tercukupi.

Itulah mengapa sumber daya alam menjadi faktor produk nasional. Tetapi sumber daya alam ini cenderung menurun baik dari kualitas dan kuantitas dari waktu ke waktu. Salah satu faktor yang mempercepat menurunnya cadangan sumber daya alam adalah eksploitas untuk pembangunan serta banyaknya polusi akibat proses produksi maupun konsumsi yang mencemari lingkungan, apalagi karena terjadi pemborosan penggunaan listrik.

Sumber daya alam memiliki beberap jenis ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berbicara soal sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat digunakan terus menerus secara berulang contohnya tumbuhan, hewan, tanah, air dan energi matahari.

Sedangkan yang dimaksud dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jika dipakai terus menerus akan habis. Oleh karena itu kita harus menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui 

Berikut ini beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Batu Bara

Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu yang lama. Dari proses penimbunan sisa tumbuhan dari berpuluh tahun yang lalu. Batu bara bisa digunakan untuk bahan bakar lokomotif atau pabrik. Jika dieksploitasi habis-habisan, bata bara akan habis dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Logam

Ada banyak sekali jenis logam, seperti emas, besi, platina, aluminium, tembaga dan masih banyak lainya. Semua jenis logam tersebut sangat berguna bagi kehidupan manusia, digunakan untuk membuat perhiasan, alat rumah tangga, bangunan dan lainya.

3. Minyak bumi

Minyak bumi sebagai sumber energi untuk kehidupan manusia. Digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, bahan bakar industri dan lainya. Proses pembuatan minyak bumi pun membutuhkan waktu lama. Minyak bumi bisa dibuat menjadi oli, aspal, bensin dan lainnya.

4. Emas

Emas adalah logam mulia sejak zaman dahulu dan menjadi alat perdagangan dan pertukaran. Selain itu, emas di pakai untuk menggaransi penerbitan uang kertas baru. Emas tergolong langka sebab jumlahnya yang terbatas dan menemukannya memakan biaya yang lebih mahal. Saat ini emas menjadi alat penting dalam investasi baik dalam batangan atau koin.

5. Intan

Intan adlaah mineral kristal yang menjadi alat tukar sejaka zaman dulu seperti emas. Intan juga bersifat langka sebab hanya bisa terbentuk pada situasi yang langka, ekstrim dan panas yang biasanya terdapat di dalam perut bumi. Sehingga sulit untu menambangnya. Contoh tambang intan yang terkenal adalah Jwaneng dan Orapa di Bostwana, serta Juble dan Internasional di Rusia.

6. Gas Alam

Gas alam adalah salah satu bahan bakar fosil yang dihasilkan dengan cara pengeboran tambang minyak bumi. Gas bumi yang awalnya terbentuk dari gas lalu diubah jadi cair ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Adapun yang termasuk dalam komposisi gas alam adlaah butana, metana, propana, etana dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul “Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui? Ini Contoh-Contohnya”. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *