Struktur Tubuh Virus dan Bentuk Tubuhnya? Ini Jawabannya


Semakin berkembangnya zaman ini, tidak sedikit masalah yang menjangkiti manusia, mulai dari masalah kehidupan yang tiada habisnya, juga masalah soal penyakit yang semakin hari selalu saja bermunculan.

Seperti virus influenza, TBC, HIV, Ebola, Herpes, Dengue, H5N1 dan yang terakhir adalah Virus Corona atau Covid-19. Baru-baru ini dikabarkan bahwa terdapat virus corona baru yang berasal dari Inggris.

Melihat problematika tersebut, bisa dikatakan bahwa semakin berkembangnya zaman menuju ke sesuatu hal yang tidak dibayangkan oleh para leluhur kita, dengan segala hal yang serba modern dengan perangkat yang tak pernah dibayangkan,

Serta ilmu pengetahuan yang semakin kompleks, dalam dan bahkan telah menembus batas-batas yang ingin diketahui setiap orang, seperti bagian terkecil atau bagian-bagian dalam suatu benda atau makhluk tertentu seperti apa bagian-bagian atau struktur dalam Virus.



Memang ini terdengar aneh, namun perlu diketahui bersama bahwa dulu virus dikenal sebagai makhluk yang sangat kecil dan sulit untuk diketahui seperti apa bentuk tubuh atau struktur tubuh atau bagian-bagian yang terdapat dalam virus. Namun saat ini, dengan perkembangan teknologi membuat hal-hal yang sangat kecil mudah untuk diketahui dengan memakai alat Mikroskop.



Namun bukan Mikroskop biasa yang hanya mampu melihat jelas obyek berukuran paling kecil sekitar satu mikrometer (0,001 milimeter), namun mikroskop yang benar luar biasa yang disebut dengan nanoskop mikrosfer. Dengan mikroskop baru ini, maka peneliti mampu mengungkap ciri, struktur tubuh dan bagaimana virus tersebut karena dapat melihat obyek berukuran 20 kali lebih kecil atau sekitar 50 nanometer.



Dengan kemunculan alat tersebut, membahas mengenai virus tidaklah sulit. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai struktur tubuh Virus atau bagian-bagian yang membentuk Virus.

Pengertian Virus Adalah?

Namun sebelum itu, tahukah anda apa yang dimaksud dengan Virus?. Secara etimologi adalah kata virus berasal dari bahasa latin yaitu virion yang artinya “racun”.

Virus merupakan organisme subseluler karna ukurannya yang sangat kecil, dimana virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Virus berukuran lebih kecil dari pada bakteri.

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Secara sederhana, Virus disebut peralihan antara makhluk hidup dan benda mati.

Disebut demikian, karena mempunyai DNA dan mampu berkembang biak pada sel hidup, dan yang paling penting adalah tidak mempunyai protoplasma dan mampu dikristalkan sebagaimana ciri-ciri benda mati. Tidak hanya itu, ciri utama dari Virus adalah bereproduksi dengan sel inang atau parasit obligasi dengan satu macam asam nukleat yaitu RNA atau DNA dengan pelindung berupa atas protein, lipid, glikoprotein.

Struktur Tubuh Virus Adalah?

Untuk mengetahu struktur dari virus secara umum bisa menggunakan bakteriofage atau virus T, Strukturnya yaitu:

1. Kepala

Kepala dari virus tersebut berisi DNA dan bagian luarnya diselubungui oleh kapsid. Satu unit protein yang menyusun kapsid adalah kapsomer.

2. Kapsid

Kapsid merupakan selubung yang berupa protein, kapsid terdiri atas kapsomer. Kapsid juga terdiri atas protein monomer yang teriri dari rantai polipeptida.

Fungsi dari kasid tersebut adalah untuk membentuk virus dan sebagai pelindung dari kondisi lingkungan yang merugikan virus.

3. Isi Tubuh

Bagian tersusun atas asam inti yaitu DNA saja atau RNA saja, bagian tersebut sebagai virion. RNA atau DNA adalah materi genetik yang berisikan kode-kode dari sifat virus.

Dari isi yang dikandung virus bisa dibedakan dari virus DNA atau yang disebut dengan virus T atau virus cacar, dan virus RNA yang disebut dengan virus HIV, H5N1, dan influenza. Selain itu pada isi virus ada beberapa enzim.

4. Ekor

Ekor pada virus yaitu berguna untuk menempel pada inangnya. Ekor dari virus terdiri dari tubus bersumbat yang dilengkapi dengan serabut atau benang. Virus yang menginfeksi sel uekariotik tidak memiliki ekor.

Bentuk Tubuh Virus Adalah?

Virus memiliki beberapa bentuk tubuh. Bentuk tubuh virus yaitu bulat, batang, bentuk T, dan silindris.

Demikianlah informasi mengenai topk yang berjudul Struktur Tubuh Virus dan Bentuk Tubuhnya? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *