Sebutkan dan Jelaskan Struktur Teks Anekdot? Ini 7 Bagian & Artinya


Struktur Teks Anekdot Adalah – Saat ini menulis adalah hal yang penting maka dari itu setiap orang harus mampu untuk menulis. Apalagi dengan media yang bertaburan, membuat menulis bisa dimana saja, bisa di buku, di notepad, di hp, di social media dll. Ada banyak tempat bagi setiap orang untuk menyalurkan ide dan gagasannya ke banyak orang. Walaupun beberapa orang justru menanggap bahwa menulis adalah hal yang tidak penting.

Tapi perlu kita ketahui semua bahwa kegiatan menulis tidaklah semudah yang kita bayangkan karena menulis adalah hasil akhir dari berbicara, membaca dan mendengar. Dari berbagai bagian-bagian yang telah dilewati maka seseorang itu dapat menulis, sebab apa yang mau dituliskan apabila tidak ada isi dalam pikirannya. Dalam menyampaikan pikiran, ide dan gagasan bisa dilakukan dengan beragam bentuk salah satunya dengan menulis berdasarkan teks anekdot.

Teks anekdot merupakan salah satu teks yang mempunyai aturan atau kaidah penulisan tersendiri. Biasanya teks anekdot mempunyai pertanyaan retorika seperti apakah kamu tahu?. Tidak hanya itu, teks anekdot juga menggunakan kata sambung (konjungsi) waktu contohnya kemudian, setelah itu, dll, dan memakai kata kerja seperti pergi, tulis dll, dan memakai kalimat perintah. Tapi hal yang paling penting dalam teks anekdot adalah bahasa yang dipakai bersifat lucu. Teks anekdot bisa berbentuk seperti cerpen, artikel dan teks dialog sepanjang isinya bisa membuat orang tertawa.

Selain itu hal yang harus diketahui dalam membuat teks anekdot adalah unsur-unsur yang ada didalamnya seperti tema cerita, tokoh, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan nada. Dengan mengikuti hal tersebut, yakin dan percayalah bahwa hasil yang didapatkan dalam membuat teks anekdot dapat memuaskan para pembaca sebagaimana yang diinginkan oleh banyak penulis.



Tidak cukup mengetahui unsur-unsur teks anekdot saja, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami dalam membuat teks anekdot salah satunya adalah struktur teks anekdot itu. Tapi sebelum menuliskan dan menjelaskan tentang struktur teks anekdot, tahukah anda apa yang dimaksud dengan Pengertian Teks Anekdot itu?



Arti Teks Anekdot Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan arti Teks Anekdot adalah teks yang lucu, berkarakter dan di dalamnya mengandung kritikan yang membangun. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahwa yang dimaksud dengan anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.



Struktur Teks Anekdot Adalah?

Menjelaskan tentang struktur teks anekdot hal yang perlu diketahui bersama bahwa ada banyak penjelasan dan teori tentang struktur teks anekdot seperti menurut penjelasan Gerot dan Wignel, struktur teks anekdot terdiri 5 bagian yaitu abstrak, oritensi, krisis, reaksi dan koda.

Sedangkan apabila merujuk dari Kemindikbud (2013), struktur teks anekdot terdiri atas 6 bagian yaitu abstrak, orientasi, krisis, reaksi, koda dan yang terakhir adalah reorientasi. Dari kedua struktur teks anekdot tersebut, penulis lebih mengacu pada apa yang disampaikan oleh Kemindukbud. Adapun penjelasan dari struktur teks anekdot tersebut adalah:

    1. Abstrak adalah bagian pertama dalam paragraf yang berperan dalam menggambarkan isi teks.
    2. Orientasi adalah bagian awal yang menunjukkan kejadian, permulaan, atau latar belakang peristiwa tersebut terjadi
    3. Even adalah bagian jalannya cerita yang menjelaskan latar dan watak.
    4. Krisis adalah bagian yang terjadinya masalah atau kejadian-kejadian .
    5. Reaksi adalah bagian cerita yang menjelaskan tentang penyelesaian sebuah masalah.
    6. Koda adalah bagian akhir yang memberikan sebuah kesimpulan.
    7. Re-orientasi adalah bagian akhir cerita yang berisikan penutup.
Sebutkan dan Jelaskan Struktur Teks Anekdot? Ini 7 Bagian & Artinya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan dan Jelaskan Struktur Teks Anekdot? Ini 7 Bagian & Artinya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *