Startup Yang Berkembang Pesat di Indonesia Adalah? Ini 7 Startup Tersebut


Dewasa ini pergerakan ekonomi semakin cepat, apalagi ditunjang dengan akses teknologi yang begitu luar biasa. Sebab saat ini segala perusahaan tengah memasuki dan telah memasuki keterlibatan teknologi digital berbasis online di setiap aktivitasnya yang disebut dengan perusahaan startup

Silih berganti banyak perusahaan startup di Indonesia di segala bidang mulai dari transportasi, wisata, transaksi, bisnis, perpajakan, pembelian, jasa, dan pendidikan.

Perkembangan pesat startup di Indonesia itu dilatar belakang dari dukungan dan peran serta pemerintah Indonesia dalam memperluas jaringan internet dan kemudahan akses dalam pendirian startup tersebut.

Sehingga membuat startup berkembang pesat di Indonesia. Menurut data yang ada bahwa Indonesia menjadi ekosistem ekonomi digital yang terbesar di Asia Tenggara bahkan dituliskan dalam Startup Ranking dimana Indonesia berada di daftar lima besar dengan total startup 2.090.

Perkembangan pesat startup di Indonesia ini membuatnya mendapat gelar decacorn. Maksud dari decacorn ini adalah startup Indonesia mempunyai nilai valuasi di atas 10 miliar dollar As.

Startup Yang Berkembang Pesat di Indonesia Adalah?

Olehnya itu, pada kali ini penulis akan memaparkan nama-nama startup yang berkembang pesar di Indonesia yakni:

1. Tokopedia

Startup Tokopedia ini didirikan pada 17 Agustus 2009, oleh 2 sekawan, William Tanuwijaya sebagai CEO dan Leontinus Alpha Edison sebagai CTO dan COO pada 6 Februari 2009. Terdapat 100 juta jenis produk di Tokopedia dan telah menjangkau 93 persen.

2. Traveloka

Perusahaan startup yang berkembang pesat lagi adalah Traveloka yang berdiri tahun 2012 yang didirikan oleh Albert Zhang, Derianto Kusuma, dan Ferry Unardi.

Saat ini traveloka telah diunduh 40 juta kali di Asia Tenggara dan tersedia di 7 negara, antara lain Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan terbaru di Australia.

3. Warung Pintar

Startup yang berkembang pesat di Indonesia selanjutnya adalah Warung pintar yang berfokus ke ekonomi tradisional yang didirkan oleh Agung Bezharie, Harya Putra, Sofian Hadiwijaya di tahun 2017. Saat ini telah terdaftar 1.200 kios di Jabodetabek dan ekspansinya mencapai Banyuwangi, Jawa Timur.

Para pendiri Warung Pintar masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia tahun 2019 versi majalah Forbes Asia, karena dianggap berprestasi di usia muda di bawah 30 tahun.

4. Ruangguru

Ruangguru adalah sebuah perusahaan startup teknologi asal Indonesia yang berfokus pada pendidikan. Ruangguru berdiri pada tahun 2014

Ruangguru diyakini akan menyandang status unicorn atau startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari US$1miliar, atau sekitar Rp14,1 triliun.

5. Kitabisa

Kitabisa adalah wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara daring. Kitabisa telah memfasilitasi lebih dari 2000 penggalangan dana sosial seperti donasi untuk pembangunan rumah ibadah, biaya medis, beasiswa, dll.

Saat pandemi ini, dikabarkan Kitabisa mendapat total donasi mencapai Rp130 miliar.

6. HaloDoc

Halodoc merupakan aplikasi digital yang menyediakan informasi seputar kesehatan. Startup yang berasal dari Indonesia ini pertama kali didirikan pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta.

Halodoc berada dibawah naungan PT Media Dokter Investama dan kini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

7. Bibit

Aplikasi investasi yang tidak kalah populer di Indonesia adalah Bibit. Perusahaan ini telah memiliki ijin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terpercaya untuk memberikan layanan di bidang investasi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Startup Yang Berkembang Pesat di Indonesia Adalah? Ini 7 Startup Tersebut. Semoga informas ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *