Start Yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah? Ini Jawabannya


Ada beberapa jenis lari yang diketahui dalam cabang atletik. Salah satunya adalah lari jarak pendek. Sebagaimana diketahui bersama bahwa lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga atletik.

Biasanya lari jarak pendek juga disebut dengan lari sprint. Lari ini juga diperlombakan, dimana setiap atlet harus mampu berlari secepat mungkin dibandingkan yang lainnya untuk dapat menjadi juara.

Itulah mengapa dalam lari jarak pendek, setiap atlet dituntut untuk mengeluarkan sekuat tenaga kemampuannya, semaksimal mungkin sebab lintasan yang begitu pendek.

Lintasan Lari Jarak Pendek Adalah?

Sebagaimana diketahui bersama bahwa dalam lari jarak pendek, lintasan larinya hanya berjarak 100 meter, 200 meter. Atau biasa juga terdapat 100 yard (91 meter), 220 yard (201 meter) dan 440 yard (402 meter).



Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh sebagaimana lari maraton, akan tetapi lari jarak pendek juga terbilang sulit. Sebab terdapat berbagai teknik-teknik dasar yang menjadi penentu kemenangan bagi setiap atlet.



Teknik Dasar Lari Jarak Pendek Adalah?

Adapun teknik dasar lari jarak pendek terbagi atas 3 jenis yaitu teknik start, teknik lari, dan teknik dalam mencapai garis finish.



Ketiga teknik dasar lari jarak pendek tersebut mempunyai tujuan dan caranya masing-masing. Berbucara soal teknik start dalam lari jarak pendek, start yang digunakan adalah start jongkok atau crouching start.

Teknik start ini harus diketahui setiap pelari atau sprinter sebab teknik start yang digunakan dalam lari jarak pendek ini mempunyai pengaruh besar dalam kecepatan berlari para sprinter.

Start yang digunakan dalam lari jarak pendek ini memberikan tolakan dan dorongan pada kaki, sehingga start jongkok mampu mengoptimalkan kecepatan lari para pelari atau sprinter. Setelah melakukan start lari yang digunakan dalam lari jarak pendek, para pelari jarak pendek harus berlari secepat mungkin untuk mencapai garis finish.

Manfaat Lari Jarak Pendek Adalah? 

Terdapat manfaat yang besar dalam melakukan jarak pendek yakni baik untuk kardiovaskular. Dengan menerapkan lari jarak pendek dengan baik dapat membangun kapasitas kardiovaskular, kekuatan fisik, dan daya tahan yang bisa membantu mengurangi lemak perut visceral.

Dengan melakukan lari jarak pendek dengan benar, maka dapat membakar lemak lebih efektif apabila rutin dilakukan maka dapat menurunkan berat badan sampai 2 kg perhari.

Selain itu, tidak sedikit atlet pelari jarak pendek mempunyai otot yang terbentuk, sebab lemak yang terbakar mendorong otot untuk tumbuh sebab ada lusinan otot yang bekerja bersamaan. Secara tidak langsung akan menambah pertumbuhan tubuh karena produk hormon pertumbuhan (HGH) akan meningkat secara alami dan membantu dalam memperlambat proses penuaan dini.

Start Yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban mengenai start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah:

    • Start jongkok 

Contoh Soal

Start yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah:

    1. Start Melayang
    2. Start berdiri
    3. Start Jongkok
    4. Start Lari

Jawaban: 

c. Start Jongkok

Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok Adalah? 

Adapun tata cara dalam melakukan start Jongkok yang baik dan benar agar mendapatkan pengaruh yang maksimal kepada atlet adalah:

    1. Kedua kaki diletakkan pada balok tolakan depan dan belakang.
    2. Posisi badan condong kedepan dan kedua jari-jari telapak tangan diletakkan di lantai di belakang garis start.
    3. Lutut kaki belakang berada sejajar dengan jari-jari kaki depan atau bahkan didepan jari-jari kaki depan.
    4. Pandangan lurus ke lintasan.
    5. Berat badan berada dikedua tangan.
    6. Pada aba-aba siap memindahkan berat badan ke depan.
    7. Aba-aba “ya” atau bunyi pistol secara reflek dan cepat melesat bertolak ke depan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Start Yang Digunakan Dalam Lari Jarak Pendek Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah pengetahuan kita bersama. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *