Sistem Politik Indonesia Berdasarkan Kedaulatan Rakyat Menganut Ajaran?


Indonesia adalah negara berdaulat dengan ajaran kedaulatan rakyat adalah pilihan utama. The founding fathers pada dasarnya mengkristalisasi nilai yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat Indonesia yakni ajaran kedaulatan rakyat.

Nilai ini telah lama ditetapkan seperti terlihat dalam menetapkan dan memilih kepala desa serta pengambilan keputusan, yang mengikutsertakan rakyat dan bahkan pengambilan keputusan ada pada tangan rakyat. Begitupula dalam membentuk negara Indonesia, kedaulatan rakyat sebagai kekuasaan tertinggi.

Hal itu ditegaskan dimana menjadi landasan untuk merumuskan dalam Undang-Undang Dasar, sehingga dalam konteks negara hukum Indonesia, ajaran kedaulatan rakyat tidak terlepas dari UUD 1945. Inisiatif itu, disadari betul hingga menjadi polemik intelektual para pejuang kemerdekaan sejak 1930-an mengenai pentingnya kedaulatan rakyat, jauh sebelum konsep-konsep modern seperti negara hukum (rechtsstaat), hak asasi manusia (HAM) dan lain-lain diperdebatkan dalam penyusunan UUD 1945.

Selain itu, kedaulatan rakyat sangat penting dalam hukum yang menjadi dasar dalam pemerintahan, dimana kedua hal ini tidak bisa dipisahkan begitu saja. Demikian ini karena, negara yang berkedaulatan rakyat, dimana hukum dibuat oleh lembaga negara atas nama rakyat yang punya kedaulatan hukum (legal sovereignty). Hukum yang dimaksud dalam Undang-Undang Dasar dibuat tidak dapat lepas dari cita-cita, tujuan dan dasar negara sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar.



Selain itu dalam UUD 1945 menerangkan bahwa kedaulatan rakyat menganut unsur musyawarah yang bersifat atau asas kekeluargaan yang bermakna pengutamaan kepentingan umum, kepentingan negara di atas kepentingan individu, tetapi kepentingan individu tidak dihilangkan. Dengan kata lain, maka dapat disimpulkan secara sederhana bahwa secara hakiki semangat kekeluargaan adalah keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan umum.



Sekilas informasi diatas tentang peran penting kedaulatan rakyat, lantas seperti apasih definisi kedaulatan rakyat secara sederhana serta hubungannya dengan sistem politik Indonesia itu?. Adapun sebutar pertanyaan tersebut akan dibahas dibawah ini.



Sekilas informasi diatas tentang peran penting kedaulatan rakyat, lantas seperti apasih definisi kedaulatan rakyat secara sederhana serta hubungannya dengan sistem politik Indonesia itu?. Adapun sebutar pertanyaan tersebut akan dibahas dibawah ini.

Apa itu Kedaulatan Rakyat?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Kedaulatan Rakyat adalah sistem yang menempatkan kekuasaan tertinggi di suatu negara berada di tangan rakyat. Perlu diketahui bersama bahwa Kedaulatan rakyat membuat rakyat memiliki peran yang sangat besar.

Bahkan dengan ini rakyat bisa berkesempatan untuk mengatur hidupnya dan membuatnya sebagai seseorang yang dapat menjadi pejabat publik. Melalui sistem ini, sehingga gagasan yang dapat ditarik adalah bahwa yang terdapat dalam masyarakat adalah semua hal yang dianggap baik oleh semua orang.

Begitu pentingnya, sehingga dalam UUD 1945 terdapat pasal yang mengatur mengenai kedaulatan rakyat yakni Pasal 1 Ayat 2 UUD 1945. Dalam pasal tersebut, menegaskan bawah kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD.

Realisasi dari kedaulatan rakyat itu sendiri akan menjadikan demokrasi yang efektif dimana masyarakat bisa dengan leluasa menyampaikan aspirasi kepada DPR melalui wakilnya. Dengan kedaulatan rakyat, sehingga kekuasaan tunggal raja, pemimpin agama atau kekuatan absolut dapat diimbangi.

Sumber dari ajaran atau dasar yang mengataskan namakan kedaulatan rakyat adalah demokrasi. Demokrasi ini berasal dari Yunani yang terbagi atas 2 kata yaitu demos, dan kratos. Untuk kata demos (rakyat) dan kratein (memerintah) atau kratos (pemerintah).

Berdasarkan dari penjabaran tersebut maka yang dimaksud dengan demokrasi mengandung pengertian pemerintahan rakyat, yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Berbicara soal demokrasi yang diusung oleh Indonesia dimana kedaulatan rakyat yang utama adalah disebut dengan demokrasi Pancasila. Seperti apasih itu Demokrasi Pancasila?

Apa itu Demokrasi Pancasila?

Secara sederhana yang dimaksud dengan Pancasila adalah sumber kejiwaan masyarakat dan negara Indonesia. Sedangkan arti sederhana dalam demokrasi pancasila adalah musyawarah yang dimana tidak didasarkan atas kekuasaan mayoritas atau minoritas, tapi yang dihasilkan musyawarah itu sendiri.

Demokrasi Pancasila sendiri mempunyai banyak keuntungan seperti yang diterangkan dalam situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seperti mengutamakan pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat dalam semangat kekeluargaan, keselaran dan keseimbangan antara hak dan kewajiban, antara kepentingan pribadi dan sosial serta yang ketiga adalah kepentingan dan keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka tentu sebagaimana topik diatas yang membahas mengenai “sistem politik Indonesia berdasarkan kedaulatan rakyat yang menganut ajaran” dapat dengan mudah untuk diselesaikan seperti yang ada dibawah ini:

Contoh Soal

Sistem Politik Indonesia Berdasarkan Kedaulatan Rakyat Yang Menganut Ajaran…

A. liberalisme
B. Kapitalisme
C. Sosialisme
D. Komunisme
E. Demokrasi Pancasila

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sistem Politik Indonesia Berdasarkan Kedaulatan Rakyat Menganut Ajaran?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *