Siapakah Penggagas Berdirinya Boedi Oetomo? Ini Sejarah Singkatnya


Sejarah Organisasi Boedi Oetomo – Latar belakang muncul dan berdirinya organisasi Budi Oetomo atau budi utomo tidak lepas dari sejarah penjajahan pemerintah Belanda. Mereka melakukan politik etis yang membuat muncul efek priayi rendahan atau priayi baru.

Tapi walaupun politik etis memberikan pengaruh, tak menutup aksi untuk rakyat melakukan pergerakan. Ditengah eksploitasi yang dilakukan bangsa kolonial, priayi bernama dr. Wahidin Sudirohusodo bangkit dengan gagasannya untuk memberikan kehormatan rakyat jawa dengan pendidikan melalui “Study Fond”.

Awalnya ini ditolak, oleh priayi tua yang konservatif namun beda untuk kaum puda khususnya pelajar Stovia yakni Seotomo. Bersama rekannya Goembrek, Saleh, Soeleman dan Goenawan Mangoenkoesoemo melakukan suatu pertemuan dan diskusi di perpustakaan School tot Opleiding van inlandsche Artsen (STOVIA). Dari sinilah lahir suatu organisasi pergerakan Budi Utomo di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908.

Para mahasiswa disana sadar bahwa pendirian organiasi kedaerahan hanya untuk kepentingan daerah, sehingga masalah nasional terabaikan. Selain itu, organisasi daerah itu terkadang hanya mementingkan sesamanya seperti perkumpulan Tiong Hoa Hwee Koan hanya untuk golongan Tionghoa dan Indische Bond untuk golongan Indo-Belanda.



Melihat situasi itu, para pemuda bersepakat untuk membentuk organisasi. Dengan gagasan dari Soetomo untuk mendirikan perkumpulan yang mempersatukan Sunda, Jawa dan Madura. Organisasi bersifat terbuka, tanpa melihat latar belakang, kedudukan, kekayaan, jenis kelamin, dan pendidikan.



Siapakah Penggagas Berdirinya Boedi Oetomo?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penggagas berdirinya organisasi Budi Utomo adalah Soetomo. Dr. Soetomo atau Soebroto lahir di daerah Ngepeh, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Sebagai pengagas berdirinya organisasi ini, Soetomo lahir 30 Juli 1888 dan meninggal di Surabaya, Jawa Timur, 30 Mei 1938 pada umur 49 tahun. Pada tahun 1917, Soetomo menikah dengan seorang perawat Belanda.



Kapan Terbentuknya Organisasi Budi Utomo?

Selain itu, agar dapat bebas bergerak, organisasi ini mengelebui Belanda dengan mencantumkan tujuan organisasi pada segi sosial budaya. Walaupun akhirnya tujuan gerakan ini diketahui. Minggu 20 Mei 1908 pukul 09.00 (pagi) di ruang belajar STOVIA. Soetomo yang didampingi oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo menjelaskan tentang gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah air ada di tangan mereka, maka pada hari itu hadirlah Budi Utomo. Adapun tujuan organisasi pergerakan Budi Oetomo itu adalah:

    1. Mengupayakan hubungan kekeluargaan atas segenap bangsa bumi putera.
    2. Mengadakan suatu perbaikan pengajaran di sekolah-sekolah.
    3. Mendirikan badan wakaf yang akan mengumpulkan dana untuk kepentingan belanja pada anak-anak sekolah
    4. Memajukan kebudayaan dan menjunjung tinggi cita-cita kemanusiaan di dalam usaha mencapai kehidupan layak.

Sebagai suatu organisasi yang baik, maka Budi Utomo memberikan suatu usulan kepada pemerintah Hindia Belanda yang diketahui terdiri atas 8 usulan. Kongres Budi Utomo yang pertama diadakan di Yogyakarta pada tanggal 3 sampai 5 Oktober 1908. Pada kongres tersebut dihadiri oleh 8 cabang perwakilan, antara lain dari Bandung, Bogor, Magleang, Yogyakarta I, Yogyakarta II, Jakarta, Probolinggo dan Surabaya.

Adapun susunan pengurus Kongres Budi Utomo yang pertama Ketua: Raden Tumenggung Aryo Tirtokusumo (Bupati Karanganyar), Wakil Ketua: Wahidin Sudirohusodo, Sekretaris I: Mas Ngabei Dwidjosewojo, Sekretaris II: Raden Sostrosugondo, Bendahara: Raden Mas Panji Gondatmodjo, Komisaris: Raden Mas Arjo Surdiputro, Tjipto Mangunkusumo, Raden Djojosubroto, Panji Gondsumarjo.

Sekitar 27 tahun lamanya, Organisasi Budi Oetomo dibubarkan pada tahun 1935. Penyebab utama gagalnya organisasi ini karena kurangnya rasa cinta terhadap tanah air sendiri dan masih mengutamakan kepentingannya sendiri dibandingkan kepentingan nasional.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Siapakah Penggagas Berdirinya Boedi Oetomo? Ini Sejarah Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *