Siapa Yang Dimaksud Dengan Bangsa Barat? Ini Jawabannya


Dalam perjalanan Indonesia pada saat berjuluk Nusantara, terdapat berbagai peristiwa yang sangat menarik untuk diulas. Berbagai peristiwa ini kita terekam dalam sejarah Indonesia dan menjadi referensi bagi pelajar untuk mengetahui bagaimana perjalanan Indonesia bisa merdeka.

Bayangkan saja dari zaman kerajaan yang saling memperebutkan kekuasaan hingga adanya bangsa barat yang datang ke Indonesia. Hal itu karena Indonesia mempunyai keuntungan yang tidak dimiliki oleh orang lain dalam hal ini sumber daya alam dan mineralnya.

Apalagi Indonesia terletak di wilayah strategis membuatnya menjadi jalur persinggahan dan perdagangan. Mau tidak mau, Indonesia saat itu akan disinggahi oleh banyak pedagang. Hal itu juga yang membuat perairan dan pesisir Indonesia saling diperebutkan oleh setiap kerajaan kala itu dan juga oleh para bangsa barat.

Ada yang menggunakan kerajaannya sendiri untuk melakukan perang dengan kerajaan lain dalam perebutan wilayah dan ada juga yang melakukan peperangan dengan memakai tenaga bangsa barat.



Banyaknya berbagai peristiwa tersebut membuat konotasi bangsa barat menjurus ke pada hal-hal berbau kolonial dan juga sebuah penindasan bagi rakyat Indonesia.



Selain itu, bangsa barat juga ditafsirkan sebagai orang dari negara-negara barat yang datang ke Indonesia. Namun bertanya argumen itu tidaklah sepenuhnya benar.



Sebab menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) yang adalah bangsa barat adalah bangsa yang berasal dari Eropa dan Amerika. Jadi semua negara yang telah menduduki kedua benua itu dapat kita dimasukkan ke dalam kelompok negara-negara barat.

Siapakah Yang Dimaksud Dengan Bangsa Barat?

Namun ditengah banyaknya peristiwa yang dialami oleh bangsa Indonesia akibat bangsa barat, pernahkah anda bertanya siapakah yang dimaksud dengan bangsa barat itu?. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan menjawab topik utama pada kali ini yang berjudul “Siapakah Yang Dimaksud Dengan Bangsa Barat?”.

Bangsa barat tersebut adalah Eropa dan Amerika. Namun istilah negara barat untuk Indonesia dikhususkan pada Amerika Serikat, Portugis, Belanda, Inggris, Spanyol dan Perancis.

Perlu diketahui bersama bahwa jawaban Siapakah Yang DImaksud Dengan Bangsa Barat dalam hal ini Eropa dan Amerika tersebut dimana benua eropa sendiri terdapat 50 negara, sedangkan benua amerika terdapat 35 negara. Negara-negara Barat juga sering dikaitkan dengan orang-orang yang memiliki kulit putih.

Pada awalnya bangsa barat melakukan penjelajahan ke Indonesia pada akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra dan dalam penjelajahan ke Indonesia ini dilakukan oleh bangsa Portugis.

Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Siapa Yang Dimaksud Dengan Bangsa Barat? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *