Jelaskan Sejarah Berdirinya Kerajaan Dinasti Umayyah? Ini Proses Singkatnya


Sejarah Berdirinya Kerajaan Dinasti Umayyah – Masa pemerintahan Bani Umayyah terkenal sebagai suatu era agresif, di mana perhatian tertumpu pada usaha perluasan wilayah dan penaklukan, yang terjadi sejak zaman khulafaurrasyidin terakhir. Hanya dalam jangka waktu 90 tahun, banyak bangsa diempat penjuru mata angin beramai-ramai masuk ke dalam kekuasaan Islam.

Diketahui negara-negara tersebut adalah tanah spanyol, seluruh wilayah Afrika Utara, Jazirah Arab, Syiria, Palestina, sebagian daerah Anatolia, Irak, Persia, Afganistan, India dan negeri-negeri yang sekarang dinamakan Turkmenistan, Uzbekistan dan Kirgiztan yang termasuk Soviet Rusia. Dalam bidang peradaban Dinasti Umayyah telah menemukan jalan yang lebih luas ke arah pengembangan dan perluasan berbagai bidang ilmu pengetahuan, dengan bahasa Arab sebagai media utamanya.

Menurut Jurji Zaidan beberapa kemajuan dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan adalah pengembangan bahasa arab, ilmu qiraat, ilmu tafsir, ilmu fiqih, ilmu hadtis, ilmu nahwu, dan ilmu jughrafi dan tarikh. Namun fase kejayaan Bani Umayyah tidak berlangsung lama, dalam sejarah tercatat jatuhnya kerajaan Bani Umayyah terjadi karena kelemahan internal dan kuatnya tekanan yang berada di pihak luar. Demikian ini sebagaimana dijelaskan oleh Dr. Badri Yatim bahwa sedikitnya terdapat 5 faktor yang membuat dinasti umayyah hancur. Adapun kelima faktor tersebut adalah karena sistem pergantian khilafah yang berdasarkan garis keturunan dan pada aspek senioritas.

Kedua adalah terjadi karena latar belakang terbentuknya dinasti umayyah yang berasal dari konflik politik yang terjadi pada Sayyidina Ali. Selain itu, kehancuran Bani Umayyah terjadi karena adanya pertentangan suku yakni Bani Qais dan Bani Kalb. Apalagi isu yang paling banyak didapati tentang jatuhnya kerajaan Bani Umayyah adalah sikap hidup mewah di lingkungan istana sehingga anak khalifah tidak bisa memikul tugas yang begitu berat saat mewarisi kekuasaan. Hingga hal itu dimanfaatkan oleh Al-Abbas bin Abbas Almuthallib.



Walaupun demikian, sejarah tentang Bani Ummayyah masih saja diceritakan hingga saat ini dan disebut sebagai peradaban yang besar karena membuat ekspansi Islam sangat luas hingga ke Eropa. Berdasarkan hal tersebut, tahukah anda tentang Sejarah berdirinya kerajaan Bani Umayyah adalah?



Sejarah Berdirinya Kerajaan Bani Umayyah Adalah

Berdirinya dinasti Bani Ummayyah dilatar belakangi oleh peristiwa tahkim pada perang Siffin dimana terjadi pembalasan pembunuhan Khalifah ketiga Utsman bin Affan, sampai kepada Muawiyah bin Abi Sufyan beserta seluruh sahabat menentang khalifah Ali dan membuat Muawiyah untuk memisahkan diri dari pusat pemerintahan.



Jelaskan Sejarah Berdirinya Kerajaan Dinasti Umayyah? Ini Proses Singkatnya (Foto: Artikelsiana.,com)
Jelaskan Sejarah Berdirinya Kerajaan Dinasti Umayyah? Ini Proses Singkatnya (Foto: Artikelsiana.,com)

Dengan menangnya Muawiyyah secara politis terhadap Ali hingga mampu membujuk Hasan (anak Ali) membuat Muawiyyah mengangkat dirinya sebagai khalifah sekaligus sebagai raja pada tahun 41 H/661 M yang beribu kota di Damaskusdan diketahui dinasti Bani Umayyah berkuasa sampai 132 H/750 M. Untuk nama Bani Umayyah sendiri berasal dari nama Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf. 

Kemenangan Muawiyah Mendirikan Dinasti Umayyah

Keberhasilan Muawiyah sebagai pendiri kerajaan dinasti Umayyah selain karena kemenangan dalam diplomasi di Siffin, terdapat juga beberapa hal yang membuat Dinasti Umayyah bisa berdiri. Adapun hal itu adalah:

  • Melainkan saat semenjak menjadi Gubernur Suriah dirinya mempunyai pembangunan politik yang solid, dan mempunyai dukungan yang kuat dari rakyat suriah dan keluarga Bani Umayyah sendiri.
  • Selain itu sebagai seorang administrator, Muawiyah juga juga terbilang bijaksana sebab mampu menempatkan pembantunya memegang jawaban penting.
  • Serta Muawiyah mempunyai kemampuan yang disebut sebagai seorang negarawan dan berani karena mampu membuat keputusan yang memaklumkan jabatan Khalifah secara turun temurun.

Para Khalifah Bani Umayyah

Diketahui berdirinya kerajaan Bani Umayyah dilatar belakangi oleh Muawiyah, sebagai khalifah dai 15 khalifah Bani Umayyah, dan diantaranya 4 dari mereka berkuasa selama 70 tahun yaitu Muawiyah, Abdul Malik, Al-Walid, dan Hisyam.

Sedangkan dari kesepuluh orang yang memerintah tersebut selama 21 tahun. Adapun khalifah-khalifah Bani Umayyah adalah:

  1. Muawiyah ibn Abi Sufyan {661-681 M}
  2. Yazid ibn Muawiyah {681-683 M}
  3. Muawiyah ibn Yazid {683-684 M}
  4. Marwan ibn Al-Hakam {684-685 M}
  5. Abdul Malik ibn Marwan {685-705 M}
  6. Al-Walid ibn Abdul Malik {705-715 M}
  7. Sulaiman ibn Abdul Malik (715-717 M)
  8. Umar ibn Abdul Aziz (717-720 M)
  9. Yazid ibn Abdul Malik (720-724 M)
  10. Hisyan ibn Abdul Malik (724-743 M)
  11. Walid ibn Yazid (743-744 M)
  12. Yazid ibn Walid (Yazid II) (744 M)
  13. Ibrahim ibn Malik (744 M)
  14. Marwan ibn Muhammad (745-750M)
Nama Pendiri dan Para Khalifah Bani Umayyah (Foto: Artikelsiana.com)
Nama Pendiri dan Para Khalifah Bani Umayyah (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Sejarah Berdirinya Kerajaan Dinasti Umayyah? Ini Proses Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *