Sebutkan Yang Menjadi Ciri Ilmu Biologi? Ini Jawabannya


Tentu kebanyakan orang tidak menyukai pelajaran matematika, fisika dan kimia, sebab mata pelajaran ini sangat membutuhkan perhitungan yang sungguh menguras pikiran dan tenaga. Tapi berbeda dengan mata pelajaran biologi, sebab dalam mata pelajaran ini boleh dikata banyak orang yang menyukainya.

Hal itu karena dalam mata pelajaran ini menyingkap kehidupan yang ada disekitar kita mulai dari hewan, tumbuhan dan manusia serta berbagai hal yang terkait dengan kehidupan ini. Bahkan Biologi juga sangat membantu dalam kehidupan modern saat ini seperti dalam bidang kedokteran, farmasi, pertanian, peternakan dan industri serta kriminologi.

Contohnya peran penting biologi dalam kedokteran, bisa dilihat dalam penerapan biologi yang ditemukan pada teknik bayi tabung, metode KB, pencangkokan organ, bedah plastik dan terapi gen.

Sedangkan dalam bidang farmasi, peran penting biologi adalah pembuatan vaksion, pembuatan antibiotik, hormon insulin buatan dan enzim buatan. Bahkan biologi juga berperan penting dalam bidang pertanian seperti penggunaan teknik rekaya genetika yang digunakan dalam menghasilkan bibit unggul, kultur jaringan, teknologi hidroponik dan pengendalian hama.



Peran biologi juga membantu dalam mengungkap berbagai kasus yang ada di sekitar kita seperti ketika terjadi pembunuhan, cabang ilmu ini mengambil peran dengan membuktikan pelaku melalui tes DNA dari sampel yang ditemukan di TKP berkat biologi. Pun demikian pada kasus perebutan anak, juga dapat diselesaikan dengan tes DNA karena DNA anak mempunyai kesamaan dengan orang tuanya.



Selain dari penjelasan diatas, sebenarnya ada banyak sekali manfaat ilmu biologi yang tidak diketahui setiap orang. Hal ini sejalan dengan definisi dari biologi itu sendiri yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan seperti zat yang membentuk makhluk hidup, zat yang dibutuhkan makhluk hidup, serta berbagai hal mengenai hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.



Selain itu, untuk arti etimologi biologi adalah berasal dari dua kata yakni bios dan logos. Arti bios sendiri adalah hidup dan arti logos adalah ilmu. Jadi yang dimaksud dengan biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Biologi dapat membantu manusia dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mempelajari biologi, manfaat yang didapatkan secara pribadi adalah memahami diri sendiri dan fenomena yang terjadi dikehidupan ini. Selain itu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup dan terhindar dari bahaya karena mengetahui apa yang harus dihindari disekitar kita.

Ciri-Ciri Ilmu Biologi Adalah?

Adapun ciri-ciri ilmu biologi terdiri atas 6 point yakni:

    1. Mempunyai objek kajian berupa benda-benda konkret, yaitu makhluk hidup.
    2. Memakai cara berpikir logis, yaitu cara berpikir menggunakan logika,teratur dan disiplin.
    3. Ilmu yang sesuai pengalaman empiris, yaitu pengalaman yang bisa dilakukan semua orang.
    4. Ilmu yang dikaji dengan  langkah-langkah yang sistematis.
    5. Hasil kajiannya bersifat umum.
    6. Hasil kajiannya bersifat objektif.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Yang Menjadi Ciri Ilmu Biologi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *