Sebutkan Unsur-Unsur Lingkaran Adalah? Ini 10 Unsurnya & Gambarnya


Unsur-Unsur Lingkaran Adalah – Dalam kehidupan sehari-hari, pasti selalu menemukan benda yang berbentuk lingkaran. Pernahkah anda berpikir tentang lingkaran mengapa berbentuk demikian, apakah ada unsur-unsur yang menjadikannya demikian.

Tentu setiap hal memiliki unsur-unsur tersendiri, seperti manusia, hewan dan tumbuhan beserta seluruh benda yang ada di dunia ini memiliki unsur tersendiri. Sebab apabila tidak berbentuk lingkaran, maka roda mobil tidak akan bisa berjalan. Sehingga bisa dikatakan bahwa bentuk benda menyesuaikan fungsi dari tujuan benda itu.

Perlu diketahui bersama bahwa yang dimaksud dengan lingkaran adalah bangun datar 2 dimensi yang berupa kumpulan titik-titik yang membentuk lengkungan yang panjang terhadap pusat lingkaran.

Lengkungan ini saling bertemu dan mengelilingi pusat serta membentuk daerah didalamnya dengan luas dan keliling. Sehingga rumusnya π × r² . Sedangkan rumus pada keliling lingkaran adalah 2 × π × r.



Lingkaran berlambang π yang dibaca “phi” yang nilanya adalah 22/7 atau 3,14 yang telah menjadi ketetapan dan tidak bisa berubah. Selain itu, telah disebutkan sebelumnya, bahwa lingkaran memiliki unsur tersendiri, apabila demikian apasih unsur lingkaran itu?



Unsur-Unsur Lingkaran Adalah?

Sebuah lingkaran mempunyai beberapa bagian-bagian yang didalamnya, yaitu diameter, jari-jari, tembereng, juring, dan lain sebagainya yang untuk di dalam lingkaran terdapat 10 unsur. Adapun ke 10 unsur-unsur lingkaran itu adalah:



1. Unsur Jari-Jari

Unsur pada lingkaran ini adalah garis yang menjadi penghubung antara titik pusat dengan titik pada keliling lingkaran. Lebih jelasnya pada gambar diatas, yang terletak pada garis OC, OD, OB dan OA.

2. Unsur Titik Pusat Lingkaran

Titik Pusat lingkaran adalah titik yang letaknya berada ditengah-tengah lingkaran yang terdapat berada pada huruf O.

3. Unsur Busur Lingkaran

Sedangkan busur lingkaran yang terletak pada garis lengkung AC, CB, BD, AD seperti gambar diatas adalah garis lengkung sebagai bagian dari keliling lingkaran yang terbagi atas 2 yaitu busur besar dan busur kecil. Busur besar adalah panjangnya lebih dari setengah lingkaran. Sedangkan busur kecil adalah panjangnya kurang dari setengah lingkaran.

4. Unsur Diameter Lingkaran

Unsur lingkaran yang terletak pada garis AB dan CD seperti gambar diatas, adalah panjang garis lurus yang menghubungkan anatara dua titik pada keliling lingkaran yang melewati titik pusat lingkaran yang rumusnya yang ditulis adalah d = 2r.

5. Unsur Tembereng Lingkaran

Unsur tembereng lingkaran adalah daerah yang ada didalam lingkaran yang dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur lingkaran yang pada gambar diatas, berada oleh busur AD dan tali busur AD.

6. Unsur Tali Busur Lingkaran

Unsur ini adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan tidak melalui titik pusat lingkaran seperti tali yang ada pada busur panah yang terletak pada garis AD.

7. Unsur Apotema Lingkaran

Unsur berikutnya adalah Apotema Lingkaran yang jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran yang biasanya biasanya berada tegak lurus dengan tali busur seperti gambar diatas pada garis OF.

8. Unsur Juring Lingkaran

Unsur yang terletak pada warna hijau dengan juring BOC ini ialah daerah yang dibatasi oleh 2 garis jari-jari dan juga dibatasi oleh sebuah busur lingkaran yang diapit 2 buah jari-jari. Unsur ini terbagi 2 yaitu juring besar dan kecil.

9. Unsur Sudut Keliling Lingkaran

Unsur sudut keliling lingkaran adalah sudut yang terbentuk karena pertemuan antara 2 tali busur dengan satu titik pada keliling lingkaran yang terletak pada gambar diatas pada tali busur AC dan tali busur BC yang berjumpa di titik C dan membentuk sudut keliling ACB.

10. Unsur Sudut Pusat Lingkaran

Unsur ini adalah sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari (OA dan OB) di titik pusat lingkaran. Pada gambar diatas, sudut pusat yang terbentuk antara titik A, O, dan B adalah <AOB.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Unsur-Unsur Lingkaran Adalah? Ini 10 Unsurnya & Gambarnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *