Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Biaya Produksi? Ini 3 Unsurnya


Unsur Biaya Produksi – Sebelum membahas tentang biaya produksi, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan pengertian biaya?. Menurut pendapat dari Hansen dan Mowen (2012:47) bahwa definisi dari Biaya (cost) adalah nilai kas atau setara kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau di masa depan bagi organisasi.

Sedangkan itu, Biaya juga bisa didefinisikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi diukur dalam satuan uang yang terjadi atau bisa jadi terjadi untuk terpenuhi tujuannya. Bagi suatu perusahaan industri, juga berlaku hal demikian dimana terdapat proses yang mengubah bahan baku menjadi barang.

Hal itu dinamakan dengan proses produk produksi yang membutuhkan anggaran untuk menjalankannya. Dalam menghitungkan biaya itu dinamakan dengan biaya produksi. Menurut Supriyono (2008:19), bahwa definisi dari Biaya produksi adalah biaya-biaya yang berhubungan langsung dengan produksi atau kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk selesai”.

Atau bisa dikatakan secara sederhana, bahwa apa yang dimaksud dengan biaya produksi adalah biaya yang terjadi untuk bisa mengolah bahan baku menjadi produk yang siap untuk dijual. Contohnya adalah mengenai biaya penyusutan mesin dan peralatan, biaya bahan baku, biaya bahan penolong, biaya gaji karyawan yang bekerja.



Unsur-Unsur Biaya Produksi Adalah?

Atau secara sederhana adalah bagian yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dalam proses produksi. Namun terdapat 3 hal yang bisa dijadikan unsur dalam biaya produksi seperti biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Adapun penjelasan dari ketiga unsur-unsur biaya produksi adalah:



1. Biaya Bahan Baku Langsung (Direct Material Cost)

Secara umum, bahan baku adalah bahan yang membentuk bagian menyeluruh pada produk jadi yang berasal dari pembelian lokal, impor dan pengolahan sendiri. Dalam bagiannya terdapt bahan baku langsung dan tidak langsung. Jadi menurut Carter dan Usry (2008:40), bahwa definisi Bahan baku langsung adalah semua bahan yang membentuk bagian yang integral (berhubungan) dari barang jadi dan dapat dimasukkan langsung dalam kalkulasi biaya produksi. Maka dari itu, biaya bahan baku langsung ini dapat dibebankan secara langsung kepada produk karena pengamatan fisik dapat dilakukan untuk mengukur kuantitas (jumlah) yang dikonsumsi oleh setiap produk.



Unsur Unsur biaya produksi
Unsur Unsur biaya produksi

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung (Direct Labour Cost)

Biaya tenaga kerja adalah harga yang dibebankan untuk penggunaan tenaga kerja yang melakukan proses produksi yang diamati secara fisik untuk mengukur kuantitas tenaga kerja dalam menghasilkan suatu produk. Biaya tenaga kerja pada dasarnya berkaitan dengan upah langsung. Upah tenaga kerja langsung akan diperhitungkan langsung sebagai unsur biaya produksi. Sedangkan upah tenaga kerja tidak langsung akan dibebankan melalui biaya overhead pabrik. Apasih itu Overhead Pabrik adalah?

3. Biaya Overhead Pabrik (Factory Overhead Cost)

Biaya overhead pabrik adalah seluruh biaya dalam proses produksi kecuali biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya produksi tidak langsung karena biaya overhead pabrik ini sulit diidentifikasikan secara fisik sebagaimana yang disampaikan oleh Mulyadi (2009:194) bahwa biaya produksi yang dapat digolongkan dalam biaya overhead pabrik adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Bahan Penolong
  2. Biaya Reparasi dan Pemeliharaan
  3. Biaya Tenaga Kerja Tidak Langsung
  4. Biaya yang Timbul Sebagai Akibat Penilaian Aktiva Tetap
  5. Biaya yang Timbul Sebagai Akibat Berlalunya Waktu
  6. Biaya Overhead Pabrik Lainnya yang Secara Langsung Memerlukan Pengeluaran Uang Tunai

Demikianlah informasi mengenai Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Biaya Produksi? Ini Unsur-Unsurnya. Semoga informasi dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *