Sebutkan Unsur & Jenis-Jenis Administrasi? Ini Jawabannya


Sebagai ilmu yang masih muda usianya dibandingkan dengan ilmu lainnya, ilmu administrasi baru muncul pada abad ke-19 seiring dengan munculnya berbagai jenis ilmu lainnya. Walaupun demikian, sekelumit problem soal administrasipun sudah banyak mengisi peradaban kuno.

Seperti saat kerja sama yang dilakukan oleh setiap orang untuk membuat berbagai patung atau monumen bersejarah pada zaman babilonia, atau piramid mesir, atau tembok raksasa di Cina.

Olehnya itu, walaupun administrasi masih berusia sangat mudah akan tetapi karena sifatnya sebagai ilmu terapan, maka administrasi sebenarnya sudah sejak dahulu kala diterapkan. Dewasa ini, administrasi bertransformasi menjadi ilmu yang begitu penting dan menunjang berbagai aktivitas individu, organisasi dan perusahaan.

Jika demikian lantas apasih yang dimaksud dengan ilmu administrasi atau administrasi itu sendiri?. Sejalan dengan hal itu pada kali ini penulis akan membahas mengenai administrasi dan secara khusus pada unsur dan jenis-jenisnya.

Pengertian Administrasi Adalah?

Sebagai pembuka pembahasan, apasih itu administrasi? secara umum yang dimaksud dengan pengertian administrasi adalah ketatausahaan yang menyusun berbagai keterangan dengan sistematis dan tertulis untuk mendapatkan ikhtisar serta hubungannya satu dengan yang lainnya.

Dari definisi diatas, itulah mengapa banyak yang mengartikan secara sederhana bahwa administrasi adalah kegiatan tulis menulis, mengirim, dan menyimpan keterangan.

Selain itu, tugas Administrasi biasanya membantu, melayani, mengarahkan dan mengatur semua kegiatan organisasi di dalam mencapai tujuan secara tertib dan efisien. Jadi, pada intinya Administrasi sebenarnya untuk menolong, membantu, memimpin atau mengarahkan semua kegiatan dalam pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

A. Sebutkan Unsur-Unsur Administrasi Adalah?

Dalam proses adminitrasi terdapat sejumlah unsur yang saling berkait antara satu dan yang lain, yang apabila salah satunya tidak ada, proses administrasi akan pincang. Unsur-unsur tersebut meliputi sebagai berikut:

  1. Organisasi, adalah tempat untuk saling bekerja sama
  2. Manajemen, yaitu kegiatan menggerakkan sekelompok orang dan mengarahkan fasilitas kerja melalui perencanaan; pembuatan Keputusan; pembimbingan; Pengoordinasian; pengawasan (kontrol); Penyempurnaan dan perbaikan tata struktur dan tata kerja.
  3. Komunkasi, adalah penyampaian berita dan pemindahan buah pikiran dari seseorang kepada yang lainnya dalam rangka terwujudnya kerja sama.
  4. Kepegawaian, adalah pengaturan dan pengurusan pegawai atau karyawan yang dibutuhkan.
  5. Keuangan, yaitu pengelolaan segi-segi pembiayaan dan pertanggung jawaban keuangan.
  6. Perbekalan, adalah perencanaan, pengadaan dan pengaturan pemakai barang-barang keperluan kerja.
  7. Tata Usaha, adalah penghimpun, pencatatan, pengolahan, pengiriman, dan penyimpanan berbagai keterangan yang dibutuhkan.
  8. Hubungan Masyarakat, yaitu perwujudan hubungan yang baik dan dukungan dari lingkungan masyarakat terhadap usaha kerja sama.

B. Sebutkan Jenis-Jenis Administrasi Adalah?

Selain itu untuk jenis-jenis administrasi adalah:

    1. Administrasi Pendidikan merupakan administrasi yang berhubungan dengan kegiatan perencaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengarahan di bidang pendidikan.
    2. Administrasi Keuangan adalah jenis adminsitrasi yang dengan keuangan untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi.
    3. Adminstrasi Negara adalah adminsitrasi yang berkaitan dengan publik seperti kebijakan publik, pengaturan penyelanggara negara, dan tujuan negara.
    4. Administrasi Kependudukan adalah administrasi yang berkaitan dengan rangkaian kegiatan kependudukan seperti pencatatan sipil,pendaftaran penduduk, pengelolaan informasi penduduk.
    5. Administrasi Niaga ialah jenis administrasi yang bekerja pada urusan keniagaan dan keuntungan bisnis.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Unsur & Jenis-Jenis Administrasi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *