Sebutkan Unsur dan Struktur Teks Pidato? Begini Jawabannya


Unsur dan Struktur Teks Pidato – Apasih itu Pidato? Secara umum arti dari Pidato adalah pengungkapan pikiran melalui kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Dalam berpidato, memakai teknik atau metode yang pemakaian kata atau bahasa yang efektif.

Jelaslah mengapa dalam berpidato kalau berpidato butuh keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan. Selain itu, berpidato juga dapat didefinisikan sebagai bentuk menyampaikan dan menanamkan pikiran, informasi/gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai.

Tujuan utamanya adalah meyakinkan pendengarnya. Menurut apa yang dijelaskan diatas, maka bisa disampaikan bahwa kalau pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan suatu hal dalam situasi tertentu.

Maka dari itu, dalam pidato ada yang dikenal dengan penyampai pidato yang bertugas sebagai sumber pidato dan ada juga yang dikenal dengan pendengar. Kedua peran ini saling berkaitan agar tujuan dari pidato dan fungsi dari pidato itu tersampaikan.

Ada beberapa tujuan pidato, seperti Informatif, persuasif, argumentatif, deskriptif dan rekreatif. Diketahui bahwa Pidato yang baik dan benar ketika bisa memberikan kesan yang positif bagi orang banyak yang mendengar pidato itu.

Dengan memahami cara dan metode berpidato yang baik dan benar didepan umum, bisa membantu setiap orang untuk mencapai jenjang karir yang baik. Berdasarkan apa yang dikatakan diatas, maka tujuan dari pidato adalah memberikan informasi, mempengaruhi pendengar dan menghibur.

Struktur Teks Pidato & Unsur Teks Pidato Adalah?

Sebelum berpidato, sebagai pembawa pidato pemuda, harus didahulukan untuk siap dalam menulis teks pidato sehingga pesan bisa tersampaikan dan dapat diterima pendengar dengan baik.

Dalam menulis teks pidato butuh juga keperluan keterampilan yang tidaklah mudah, sebab teks pidato itu sendiri akan dibaca dan didengar oleh orang lain, sehingga pada saat penyusunannya bisa diikuti kaidah penulisan yang sesuai.

Menulis teks pidato ialah kegiatan yang bersifat produktif yang butuh keuletan dan keterampilan yang memadai, sehingga untuk tekspidato yang ditulis atau disusun menjadi baik.

Sebutkan Unsur dan Struktur Teks Pidato? Begini Jawabannya
Sebutkan Unsur dan Struktur Teks Pidato? Begini Jawabannya

Struktur Teks Pidato Adalah?

Menulis teks pidato bisa dikatakan tidak jauh beda dengan menulis teks karangan lainnya. Sebab sebelum menulis teks pidato diawali dengan membuat kerangka tulisan.

Tidak hanya itu, penulis perlu untuk mengetahui bagian dan fungsi bagSet featured imageian dalam kesatuan teks pidato. Karena perlu diketahui bahwa dalam menulis teks pidato tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti berikut

  1. Pendahuluan, yang mengantar alam pemikiran pendengar kepada apa yang akan dibicarakan, disampaikan.
  2. Isi pidato, berupa hal-hal penting yang akan disampaikan kepada pendengar.
  3. Penutup, biasanya berisi penegasan atau penekanan akan hal-hal yang disampaikan pembicara.
  4. Saran-saran atau imbauan yang perlu diperhatikan pendengar.

Kemampuan dalam menyusun naskah pidato adalah kesanggupan atau kecakapan seseorang dalam memakai unsur-unsur kesatuan bahasa untuk menyampaikan ide atau gagasannya secara tertulis untuk disampaikan secara lisan sehingga apa yang disampaikan bisa dengan mudah untuk dipahami pendengarnya.

Unsur-Unsur Menyusun Teks Pidato Adalah?

Menurut apa yang disampaikan oleh Dawud dkk (2004: 68) bahwa yang dimaksud dengan teks pidato harus jelas gagasannya, organisasi isinya, tata bahasa, kosakata serta penggunaan ejaannya sesuai dengan pedoman EYD. Adapun unsur-unsur menyusun teks pidato ialah:

1. Isi Gagasan

Isi gagasan yang dimaksud dalam tulisan ini, adalah gagasan atau ide siswa yang berkenaan dengan tema pidato, yakni perpisahan sekolah. Demikian dari gagasan ialah perlu relevan dengan suasana atau tema pidato yang ditentukan guru.

2. Organisasi Isi

Pengorganisasian ide atau gagasan adalah penempatan dalam teks pidato akan bagian-bagian teks pidato yang dimulai dari pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan selayaknya diletakkan diawal teks pidato yang disusun, kemudian isi, dan terakhir adalah penutup.

3. Tata Bahasa

Tata bahasa dalam teks pidato dimaksudkan sebagai susunan kata-kata menjadi kalimat, paragraf, dan teks secara utuh. Susunan bahasa harus jelas dan logis, sehingga makna dalam teks pidato dapat ditangkap dengan mudah.

4. Kosa Kata

Kata-kata yang menyambung kalimat harus selaras dengan maksud penulis. Kosa kata yang digunakan juga harus tepat, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dari pendengar. Kosa kata harus baku dan tidak memakai kosa kata dari daerah setiap siswa, tetapi dengan bahasa Indonesia.

5. Ejaan yang Disempurnakan

Teks pidato yang ditulis siswa harus memperhatikan unsur EYD, sehingga tidak terjadi kesalahan, yang mengakibatkan pemaknaan terhadap teks menjadi rancu.

Demikianlah informasi mngenai pertanyaan yang berjudul Sebutkan Unsur dan Struktur Teks Pidato? Begini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *