Sebutkan Tempat Penambangan Batu Bara Di Indonesia? Ini Jawabannya


Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya. Dimana-mana kekayaan Indonesia ini digaungkan di seluruh dunia sampai-sampai tidak sedikit yang menjalin kerja sama antara Indonesia.

Kerjasama itu bermacam-macam, ada yang mulai dari pertanian, perikanan, polhukam, ekonomi, perdagangan, teknologi dan energi dan mineral. Berbicara soal energi mineral dalam hal ini adalah batu bara merupakan suplay terbesar yang ada di Indonesia.

Betapa tidak ada banyak tempat-tempat penghasil dan menjadi daerah tambang yang terbesar di Indonesia. Dengan itu membuat Indonesia terus mengekspor batu baranya ke daerah luar sebab jika tidak maka batu bara tersebut akan diam saja dan menjadi tidak berkualitas.

Perlu diketahui bersama bahwa batu bara merupakan sumber energi yang penting. Batu bara difungsikan untuk pembangkitan listrik dan juga sebagai bahan bakar pokok untuk produksi baja dan semen. Ada banyak industri di dunia ini bergantung dengan sumber daya energi dari batubara.



Berdasarkan data 2016, ternyata Indonesia menjadi salah satu negara produsen terbesar didunia yang berada di urutan ke empat dari negara teratas seperti Amerika Serikat, Australia, India dan Indonesia.



Menurut data informasiKementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, cadangan batubara Indonesia diperkirakan habis kira-kira dalam 83 tahun mendatang apabila tingkat produksi saat ini diteruskan.



Tujuan utama ekspor batubara Indonesia berada di negara China, Jepang, India dan Korsel. Pada saat masa jayanya, batabara ternyata menyumbangkan keuntungan yang sangat fantastis yakni sekitar 85% terhadap total penerimaan negara dari sektor pertambangan.

Tidak semua negara bisa membuat batubara, karena batubara terbentuk dari hasil endapan organik. Unsur utama terdiri atas karbon, hidrogen juga oksigen.

Sebutkan Tempat Penambangan Batu Bara Di Indonesia

Di Indonesia terdapat daerah-daerah yang menjadi penghasil batubara terbesar dan masih berfungsi hingga saat ini. Adapun nama-nama daerah penghasil tambang batubara tersebut adalah:

1. Aceh Barat

Daerah tekenal pemasok batubara di dunia khususnya di Meulaboh. Dari data 2014 ternyata keuntungan dari Rp.1,9 Milliar pada tahun lalu naik jadi 426% yang salah satunya dari hasil tambang batubara diikuti oleh emas.

2. Sawahlunto, Sumatera Barat

Daerah selanjutnya adalah Sawahlunto, yang beraktivitas sebagai penghasil tambang batubara sejak 1868 seluas lebih kurang 89,71 Ha yang meliputi 3 (tiga) kecamatan. Namun tambang ini telah berhenti bereproduksi dan menjadi cagar budaya.

3. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Tanjung Enim di Sumatera Selatan juga jadi penghasil batubara di Bukit Asam. Sejam produksi 1.500-1.700 ton batu bara. Tercatat, keuntungan bersih pada tahun 2019 tembus 4 T ditengah lesunya Harga Batu Bara.

4. Sorong, Papua Barat

Sorong adalah daerah yang tekenal penghasil batubara dengan memakai teknik Blanding.

5. Kota Baru

Daerah ini ada di Pulau Laut di Kalsel yang menjadi penghasil batubara terbesar di Indinesia. Kualitas produksi daerah ini diekspor ke banyak negara di luar negeri seperti Jepang, China dan Amerika Serikat.

6. Sungai Berau

Daerah di Samarinda, Kaltim ini menjadi penghasil tambang terbaik di Indonesia yang diekspor ke berbagai negara di dunia seperti Jepang, China, Singapura dan Amerika Serikat.

7. Lahat

Di Sumatera Selatan, daerah ini terkenal penghasil batubara yang wilayahnya di Desa Tanjung Baru, Kebur Telatang, Muara Maung, Merapi, Sirah Pulau, Gunung Kembang, Prabumenang, Banjarsari dan Arahan dengan kualitas yang tak kalah dari tempat lainnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Tempat Penambangan Batu Bara Di Indonesia? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *