Sebutkan Sistem Pendukung Kegiatan Produksi? Ini Jawabannya


Sistem merupakan suatu jaringan kerja yang terdiri dari prosedur-prosedur yang salingberhubungan, berkumpul bersama-sama yang tujuannya untuk melakukan kegiatan atau dengan cara melakukan sasaran tertentu.

Tanpa adanya sistem, maka apapun yang dilakukan oleh setiap manusia tidak akan berjalan lancar alias selalu saja ada yang dilewatkan dan membuat menjadi beban dalam aktivitas setiap orang. Namun berbeda bagi orang-orang yang memiliki sistem baik dalam sistem berpikir dan sistem gerak yang mengutamakan efisiensi dan efektivitas, tentu saja setiap langkahnya adalah telah terencana.

Begitupula yang ada di setiap perusahaan yang untuk bisa mencapai tujuan secara cepat dan tepat dibutuhkan sistem yang baik, yang dimana setiap bagian atau perangkat dalam perusahaan bekerja sebagaimana yang telah difungsikan dan ditetapkan untuk memaksimalkan ketiga hal seperti produksi, distribusi dan konsumsi. Berbicara soal produksi, produksi adalah suatu proses dimana barang dan jasa input diubah ke barang dan jasa yang disebut output.

Pada dasarnya, produksi adalah penciptaan atau penambahan faedah bentuk, waktu dan tempat mengenai faktor produksi sehingga bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Proses perubahan bentuk faktor-faktor produksi tersebut disebut proses produksi.



Agar dapat menjalankan proses produksi, dibutuhkan tenaga yang besar dalam hal ini adalah tenaga manusia, sumber-sumber alam, modal dalam banyak bentuk, dan kecakapan. Segala unsur tersebut disebut dengan faktor produksi yang menjadi penopang dalam penciptaan nilai atau memperbesar nilai.



Pengertian produksi lainnya yaitu hasil akhir dari proses atau aktivitas ekonomi dengan memanfaatkan beberapa masukan atau input. Dengan pengertian ini bisa dikatakan bahwa kegiatan produksi diartikan sebagai aktivitas dalam menghasilkan output dengan menggunakan teknik produksi tertentu untuk mengolah atau memproses input sedemikian rupa.



Sistem produksi adalah suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan dan saling menunjang satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain, sistem produksi adalah sistem integral yang mempunyai komponen struktural dan fungsional perusahaan.

Komponen struktural terdiri dari bahan, peralatan, mesin, tenaga kerja, informasi, dan lain sebagainya. Sedangkan komponen fungsional terdiri atas perencanaan, pengendalian, pengawasan, dan hal lain yang berhubungan dengan manajemen.

Sistem Pendukung Kegiatan Produksi Adalah?

Seperti sistem lain pada umumnya, dalam kegiatan produksi ternyata mempunyai sistem pendukung yang terdiri atas 6 sistem pendukung yang mendukung kegiatan produksi tersebut yakni:

    1. Perencanaan dan pengendalian produksi.
    2. Pengendalian kualitas.
    3. Penentuan standar operasi.
    4. Penentuan fasilitas produksi.
    5. Perawatan fasilitas produksi.
    6. Penentuan harga pokok produksi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Sistem Pendukung Kegiatan Produksi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *