Sebutkan Satuan Kecepatan Akses Internet? Begini Satuan dan Ukurannya


Sebutkan Satuan Kecepatan Akses Internet? Begini Satuan dan Ukurannya – Peran dan fungsi internet telah menjangkau banyak aspek dalam kehidupan ini. Dalam penggunaan internet tidak dapat dipisahkan lagi untuk generasi ini. Sebab ada banyak dapat dimudahkan dengan hadirnya internet. Bahkan hadirnya internet setiap golongan, umur, baik tua dan muda dapat merasakannya.

Selain itu, dengan memasuki Revolusi Industri 4.0 dengan ekonomi yang berjalan serba digital, membuat internet jadi aktor utama dalam lancarnya sebuah bisnis. Sebab tukar-menukar informasi dan proses pembelian barang dan jasa melalui layanan internet

Tidak hanya pada ekonomi saja, pada hubungan sosial apalagi dengan internet. Atau menggambarkan manfaat internet pada hiburan yang kini banyak mengisi waktu para kuala muda dan anak-anak untuk melatih diri meningkatkan imajinasinya dengan hiburan atau game yang terdapat di Internet. Sehingga tidak salah apabila kegunaan internet dengan bijak menguntungkan macam-macam sektor.

Menarik jauh kebelakang, terkadang untuk mengantar surat atau menerima surat yang datang dari seseorang membutuhkan waktu berhari-hari atau terkadang berbulan-bulan. Namun, semenjak hadirnya internet, batasan-batasan tersebut kini sirna, sebab ada banyak layanan yang mampu memudahkan aktivitas anda.



Tempat belajar juga banyak ada di internet, dengan kecepatan akses internet yang luar biasa, forum online dapat dimanfaatkan sebagai media sharing, diskusi dan belajar banyak hal untuk terhubung satu dengan lainnya.



Tidak hanya itu, dulu seseorang terkadang kesulitan untuk mencari tempat seseorang dan bahkan sampai kesasar, namun dengan hadirnya internet melalui teknologi GPS, seseorang mampu menemukan tempat tujuan yang tepat dengan rute lokasi dan bahkan tempat yang akurat bergantung dari kecepatan akses internet itu sendiri.



Segala manfaat yang terdapat dalam internet memang saat ini telah menyentuh sendi-sendi kehidupan. Namun, hal itu tidak dapat berjalan secara efektif apabila koneksi internet tidaklah cukup kuat dan bahkan tidak ada.

Olehnya itu, kecepatan akses internet juga adalah faktor yang kini telah menjadi utama agar layanan internet dapat dengan mudah diterima dan dimanfaatkan. Untuk kesepatan soal akses internet terdapat penyebutan atau satuan-satuan yang perlu untuk diketahui bersama.

Sebab jangan sampai pada saat anda membeli layanan internet, sulit membedakan jumlah dan berapa kecepatan akses internet yang diinginkan melalui dengan penyebutan satuan-satuan akses internet. Olehnya itu, pada kali ini akan dipaparkan mengenai macam-macam satuan kecepatan dalam akses internet seperti yang dapat dilihat dibawah ini:

Kecepatan Akses Internet

Yang dimaksud dengan Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Diketahui terdapat 2 kecepatan akses internet, seperti downstream dan upstream.

Arti dari Downstream adalah kecepatan saat mengambil data–data dari server internet ke komputer. Contoh dari hal ini adalah saat masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain.

Selain itu, yang dimaksud dengan Upstream ialah kecepatan transfer data yaitu saat mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream atau upstream yang mempunyai satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Sehingga banyak bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.

Sebutkan Satuan Kecepatan Akses Internet? Begini Satuan dan Ukurannya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan Satuan Kecepatan Akses Internet? Begini Satuan dan Ukurannya (Foto: Artikelsiana.com)

Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *