Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Jalan Cepat? Ini Arti & Jawabannya


Dalam kehidupan saat ini yang serba modern, hidup manusia tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan atau aktivitas yang membuat tubuh menjadi segar dan bugar dalam hal ini adalah olahraga.

Olahraga sangatlah penting baik itu yang ada di arena yang beradu prestasi, sekalipun juga yang digunakan untuk kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Perlu diketahui bersama bahwa olahraga memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan olahraga, setiap manusia dapat hidup sehat, jasmani, rohani.

Selain itu dengan olahraga juga membuat setiap orang memiliki kepribadian, disiplin, sportifitas yang tinggi sehingga pada akhirnya akan terbentuk manusia yang berkualitas. Hal yang biasa dalam dunia olahraga jika setiap orang yang berolahraga menunjukkan prestasi dan peningkatan dari waktu ke waktu dalam tingkat manapun, entah daerah, nasional atau bahkan internasional.

Capaian itu bisa dilihat dan dibuktikan melalui pemecahan rekor yang terus dilakukan pada cabang olahraga tertentu dengan penampilan teknik-teknik yang memukau yang pastinya adalah efektif dan efisien serta yang paling utama adalah memiliki kondisi fisik yang baik.



Jika terjadi peningkatan sebagaimana yang telah diusahakan dan dilakukan, maka tiket untuk berpartisipasi dan bersaing dalam kegiatan atau perlombaan antar atlet semakin terbuka lebar. Jika demikian, maka hal yang harus dikembangkan adalah kualitas, fisik, teknik, psikologi dan sosial.



Agar capaian tersebut terus berlanjut dari masa ke masa, maka yang dibutuhkan adalah pengembangan dan pembinaan di masyarakat. Hal yang mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan ke sekolah-sekolah dari tingkat dasar, sekolah tingkat pertama hingga sekolah tingkat menengah. Olahraga atletik merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan pada siswa.



Atletik adalah salah satu cabang olahraga yang tertua yang dilakukan oleh manusia sejak jaman Yunani Kuno hingga dewasa ini melalui gerakan dasar manusia di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu berjalan, berlari, melompat dan melempar.

Sedangkan dalam kejuaraan atletik, terdapat beberapa nomor yang diperlombakan dalam hal ini adalah nomor lari, jalan cepat, nomor lompat dan nomor lempar. Berbicara soal salah satu nomor yang diperlombakan dalam atletik dalam hal ini adalah jalan cepat yakni:

Apa itu Jalan Cepat?

Jalan cepat merupakan salah satu nomor dalam cabang atletik dan resmi diperlombakan dalam kejuaraan-kejuaraan atletik, baik nasional maupun internasional. Perlu diketahui bersama bahwa jalan cepat adalah gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tanah tetap terpelihara dan tidak terputus.

Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Jalan Cepat?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka adapun prinsip dasar jalan cepat adalah:

    1. Saat berjalan, badan tetap tegak, tidak condong kebelakang atau kedepan. Pundak tidak boleh diangkat agar saat mengayunkan tangan tidak mudah lelah.
    2. Jangan menggelengkan kepala ke kana dan kiri karena mengganggu kecepatan jalan.
    3. Saat melangkah, pandangan lurus ke depan dan juga melangkah lurus satu garis antara kaki kanan dan kiri.
    4. Pada saat menumpu, tumit harus mendarat terlebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teratur.
    5. Posisi lengan dan bahu, gerakan lengan dan bahu ke depan dan kebelakang secara bergantian kanan dan kiri. Siku ditekuk tidak kurang dari 90 derajat. Kondisi ini dipertahankan hingga akhir perlombaan, jaga keseimbangan dan gerakan tetap rileks.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Prinsip-Prinsip Dasar Jalan Cepat? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *