Sebutkan Mukjizat Nabi Musa? Ini Sejarahnya & Buktinya


Kisah dan Mukjizat Nabi Musa – Dalam agama Islam, terdapat seseorang yang mendapatkan keistimewan dari Allah SWT. Mereka mendapatkan wahyu berupa agama dan misinya. Dalam menjalankan tugas yang diembannya, mereka terkadang mempunyai kekuatan, kemampuan dan bahkan mukjizat. Orang-orang yang diberikan keistimewaan itu dikenal dengan sebutan nabi. Nabi adalah seorang manusia hamba Allah SWT yang diberikan kepercayaan berupa wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.

Sehingga wahyu yang turun tidak disampaikan kepada umatnya dan diamalkan dirinya sendiri. Diketahui dalam Islam terdapat 25 Nabi yakni Nabi Adam As, Nabi Idris As, Nabi Nuh As, Nabi Hud As, Nabi Saleh As, Nabi Ibrahim As, Nabi Luth As, Nabi Ismail As, Nabi Ishaq As, Nabi Yaqub As, Nabi Yusuf As, Nabi Ayyub As, Nabi Syu’aib As, Nabi Musa As, Nabi Harun As, Nabi Zulkifli As, Nabi Daud As, Nabi Sulaiman As, Nabi Ilyas As, Nabi Ilyasa As, Nabi Yunus As, Nabi Zakaria As, Nabi Yahya As, Nabi Isa As dan Nabi Muhammad SAW.

Selain ada yang dikenal Nabi juga dari ke 25 nama ini terdapat orang-orang yang berjuluk Rasul yang diketahui hanya terdapat 5 orang saja yaitu Nabi Nuh A.S, Nabi Ibrahim A.S, Nabi Musa A.S, Nabi Isa A.S dan yang terakhir dan sekaligus penutup adalah Nabi Muhammad SAW. Perlu diketahui bersama bahwa setiap rasul sudah pasti adalah seorang rasul namun tidak semua nabi adalah rasul. Selain itu tugas dan misi dari rasul juga berbeda dengan nabi sebab arti rasul itu sendiri adalah seseorang yang diberikan wahyu dan kepercayaan oleh Allah SWT yang kemudian diamalkan dan berkewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.

Tapi baik Nabi dan rasul sama-sama mempunyai mukjizat apalagi yang berstatus nabi dan rasul mempunyai banyak mukjizat yang tercatat dalam sejarah dan dalam berbagai kitab setiap agama seperti Nabi Musa. Dalam Al-Qur’an, tercatat 16 juz memuat kisah-kisah Nabi Musa as yang jika lebih teperinci terdapat 136 kata dibandingkan nabi dan lainnya. Sejalan denga hal itu pada kali ini penulis akan memaparkan mengenai sejarah atau kisah singkat nabi musa as beserta dengan mukjizat-mukjizat yang dimilikinya. Adapun penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:



Kisah Nabi Musa As Adalah?

Kisah Nabi Musa as berawal dari kekejaman raja Mesir yakni Fir’aun yang dikenal sebagai raja yang dzalim dan kejam karena membunuh bayi yang lahir dari Bani Israil. Hal itu karena ramalan seorang anak yang bisa menghancurkan Fir’aun. Berdasarkan petunjuk tukang sihirinya, Fir’aun bergerak, namun Nabi Musa as saat masih bayi dihanyutkan di sungai Nil untuk menyelamatkan diri. Tapi, ternyata istri fir’aun sendiri yang menemukan dan menyelamatkannya serta menjadi anak angkat Fir’aun. Saat dewasa, Nabi Musa As diberikan ilmu dan hikmah.



Karena berusaha menolong seseorang dan berakhir ketidaksengajaannya sehingga seorang warga mesir meninggal, Nabi Musa ke Madyan dan akhirnya menikah disana dan menjadi penggembala ternak. Usai itu, ia rindu dan kembali ke Mesir, namun ia tersesat dan melihat api dan pergi untuk mendapatkannya. Tapi saat sampai, Nabi Musa menemukan pohon berduri menyala sangat panas di bukit Thuwa. Disitulah, Allah swt memerintahkan Nabi Musa as dengan firmannya:



“Sesungguhnya Akulah Allah Tuhan alam semesta. Akulah Allah yang tidak ada Tuhan selain Aku, dan sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku”. Saat itu, Nabi Musa As mendapatkan mukjizatnya berupa tongkat yang bisa berubah ular dan tangan berubah menjadi putih bercahaya. Disana juga Nabi Musa as diperintahkan untuk datang ke Fir’aun. Saat bertemu, Fir’aun menuduh nabi Musa As adalah tukang sihir. Sehingga Nabi Musa as berhadapan dengan tukang sihir Fir’aun walau mereka kalah.

Walau melihat Mukjizat, tapi Fir’aun dan pengikutnya tetap tidak menerimanya dan segala bencana datang ke Fir’aun seperti tipan yang menghancurkan, belalang pemakan tanaman dan pertanian, kutu dan katak. Saat ingin meninggalkan Mesir, Fir’aun mengejar dan menemukan Nabi Musa as, Allah swt berfirman kepada Nabi Musa untuk memukul tongkatnya ke lautan dan mukjizat yang terjadi adalah laut terbelah yang kemudian di lalui oleh Nabi Musa as dan pengikutnya. Tapi saat Fir’aun dan tentaranya menyeberang, mereka tenggelam.

“Dan Kami selamatkan Mûsâ dan orang-orang yang besertanya semuanya. Dan Kami tenggelamkan golongan yang lain itu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar merupakan suatu tanda yang besar (mukjizat) dan tetapi adalah kebanyakan mereka tidak beriman. Dan Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang”.

Dengan dibebaskannya dari Fir’aun ternyata pengikutnya malah melanggar 10 kalimat yang diwasiatkan kepada Bani Israil. Saat Nabi Musa As sedang bertemu dengan Allah swt dibukit Thursina, seorang bani Israil bernama Samiri membuat patung dari perhiasan dan mencampurinya dengan tanah berbentuk patung dan mereka juga ingin kemudahan serta dibuatkan tuhan patung dll.

Selain itu Allah memerintahkan Nabi Musa as untuk memilih 70 orang tapi 70 itu ternyata mereka ingin beriman kalau mereka melihat Allah swt, dan dia pun disambar petir lalu mati. Tapi Nabi Musa as meminta kepada Allah swt untuk dihidupkan kembali.

Mukjizat Nabi Musa As

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat dijelaskan bahwa mukjizat nabi musa as adalah:

    1. Membelah lautan dengan tongkatnya saat dikejar Raja Mesir
    2. Tongkatnya bisa berubah menjadi ular
    3. Dapat menghidupkan orang mati
    4. Bisa menurunkan banjir, badai, angin topan dan belalang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Mukjizat Nabi Musa? Ini Sejarahnya & Buktinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *