Sebutkan Jenis & Karakteristik Kerajinan Tekstil? Ini Jawabannya


Apasih yang dimaksud dengan tekstil? tahukah anda tekstil adalah bahan yang dipakai untuk pembuatan pakaian setiap hari yang kita kenakan saat ini. Ini terbuat dari bahan serat dan selanjutnya dioleh menjadi benang. Setelah menjadi benang, tekstil ini ditenun dan jadilah sebuah kain sebagai bahan utama dalam pembuatan pakaian.

Tapi tidak hanya menjadi sebuah pakaian, tekstil juga mempunyai banyak manfaat yang mempunyai nilai tinggi seperti bisa diolah menjadi kerajinan. Kerajinan tekstil itu sendiri bukanlah hal yang baru, hal itu terlihat dari banyaknya jenis-jenis kerajinan tekstil yang begitu populer dan menarik banyak perhatian orang.

Dari setiap kerajinan itu pula terdapat ciri khas dalam pembuatan dan ciri khas dari hasil pembuatannya yang menjadi pembeda jenis kerajinan tekstil yang satu dengan yang lainnya. Hal itulah mengapa penulis mengangkat topik yang berjudul sebutkan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil. Sejalan dengan hal itu, dibawah ini akan dipaparkan beberapa jenis dan juga karakteristik dari kerajinan tekstil tersebut.

Sebutkan Jenis & Karakteristik Kerajinan Tekstil? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan Jenis & Karakteristik Kerajinan Tekstil? Ini Jawabannya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Kerajinan Tekstil Adalah? 

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Kerajinan Tekstil adalah karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama.

Konsep Dasar Kerajinan Tekstil

Pada dasarnya, karya seni berbahan tekstil ini mempunyai konsep dasar dalam pembuatannya yang paling sedikit terdapat 3 prinsip yaitu

a. Unity

Benda yang mempunyai nilai seni estetis yang merupakan kesatuan dan perpaduan unsur pembentuknya secara baik dan juga sempurna.

b. Complexity

Pada dasarnya, untuk memunculkan nilai estetis itu tidak sederhana, melainkan terdapat serangkaian unsur yang berpadu sehingga menimbulkan kerumitan yang bisa saja saing bertentangan, berlawanan dan saling menyeimbangkan.

c. Intensity

Benda yang mempunyai nilai estetis bukanlah benda yang kosong melainkan menonjolkan kualitas dalam penampilannya, bisa bersifat kasar atau lembut, ataukah gembira atau duka serta cerita atau suram.

Jenis-Jenis Kerajinan Tekstil Adalah?

Diketahui terdapat 5 jenis kerajinan tekstil yakni kerajinan sulam, sablon, batik, jahit kain perca, dan yang terakhir kerajinan rajut. Apasih yang dimaksud dari pada kerajinan itu dan bagaimana ciri-cirinya? berikut penjelasannya:



1. Kerajinan Sulam



Sesuai namanya, kerajinan ini dilakukan dengan cara disulam dengan benang dan jarum. Biasanya kerajinan ini ditemui pada hiasan bordir di pakaian atau di gorden serta tas. Tujuan dari kerajinan ini adalah untuk memberikan motif sehingga produk tersebut semakin indah dan menarik.



2. Kerajinan Sablon

Kerajinan sablon dipakai dengan memakai mesin cetak motif kain. Pembuatan kerajinan ini membutuhkan alat khusus agar motif tersebut bisa menempel dalam kain. Biasanya kerajinan sablon bisa terdapat di pakaian, tas dll.

3. Kerajinan Jahit Kain Perca

Perlu diketahui bersama kerajinan ini dilakukan dengan cara menjahit dan menggabungkan potongan kain sisa (kain perca). Contoh kerajinan ini ada banyak, seperti baju, boneka, selimat, tas, celana dll.

Tapi tidak boleh asal, sisa potongan kain yang dipakai masih layak untuk diolah menjadi barang baru. Kerajinan ini begitu unik karena terdapat banyak otif dalam satu karya yang dibuat.

4. Kerajinan Batik

Kerajinan ini dibuat dengan tinta atau bisa dengan memakai mesin. Biasanya tinta yang dipakai terbuat dari lilin yang sudah dicairkan terlebih dalu lalu digambar dengan proses canting. Lalu untuk cara mesin sendiri dibuat dari cap.

5. Kerajinan Rajut

Kerajinan rajut dilakukan dengan cara merangkai tali atau benang khusus serta jarum khusus. Contoh kerajinan ini adalah tas, dompet, pakaian dan lain sebagainya. Dalam proses pembuatan, umumnya kerajinan rajut menggunakan cara manual atau dengan tangan.

Maka dari itu bahan tekstil yang dipakai sama seperti bahan dalam membuat pakaian, maka karakteristiknya tidak berbeda jauh. Karakteristik dari kerajinan tekstil adalah dapat menyerap air dan lebih lentur jika dibandingkan bahan kerajinan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Jenis & Karakteristik Kerajinan Tekstil? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *