Sebutkan Fungsi Pasar? Ini 4 Fungsi & Penjelasannya

Fungsi Pasar – Pasar diartikan tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk mempertukarkan barang seperti alun-alun desa. Tempat ini ada banyak barang dan jasa yang dijual bagi pembeli, dimana setiap orang bisa melihat apapun baik itu, bahan makanan dan minuman atau barang yang jadi.

Ada juga di pasar dijual berbagai perabotan yang membuat seseorang tidak kesusahan untuk mencari hal-hal yang diinginkan dirumahnya atau kediamannya, sehingga bagi setiap orang tempat yang memudahkan mereka untuk melengkapi kebutuhannya adalah di pasar.

Namun dengan berbagai produk yang ada di pasar, membuat niatan seseorang untuk membeli satu barang saja yang sesuai dengan kebutuhannya, malah membuatnya membeli barang lain.

Gejala ini memang biasa dirasakan oleh setiap orang, apalagi ibu-ibu. Itulah pasar karena hanya orang-orang yang mempunyai uang dan memiliki kemauan untuk membelanjakan sesuatu.

Ini juga tidak bisa disalahkan karena itulah pasar dengan banyak menjual berbagai barang. Beda halnya dengan toko yang diketahui menjual satu produk saja seperti sepatu dan baju. Namun masih banyak yang memilih pasar karena memiliki harga rendah.

Pasar menggambarkan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam transaksi aktual atau potensial terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Pasar menurut para ahli, merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga.

Berbeda halnya ketika merujuk pendapat dari Belshaw yang mengatakan bahwa pasar tidak hanya tukar menukar saja. Tapi, jauh dari hal itu, pasar berfungsi sebagai tempat penyebaran dan penyimparan barang. Bahkan Belshaw mengatakan bahwa pasar juga berguna dalam berpindahnya komoditi dari satu orang ke orang lain, atau dari satu tempat ke tempat lain dan peranan satu ke peranan lain.

zBerdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan Pengertian Pasar adalah tempat yang memiliki unsur-unsur sosial, ekonomis, kebudayaan, politis, tempat pembeli dan penjual saling bertemu untuk mengadakan tukar-menukar.

Jelas disini bahwa pasar mempunyai peranan sangat penting dalam sistem ekonomi. Pasar memiliki berbagai macam jenis yang dikategorikan berdasarkan fisiknya, waktunya, barang yang diperjualbelikan, luas kegiatannya, bentuk/organisasi atau strukturnya, dan berdasarkan sifat pembentukan harganya.

Fungsi Pasar Adalah?

Namun dengan beragamnya jenis-jenis pasar, pada umumnya terdapat 4 fungsi utama yang terdapat dalam pasar yaitu distribusi, pembentukan harga, dan promosi serta fungsi tenaga kerja. Adapun penjelasan dari keempat fungsi pasar tersebut adalah:

1. Fungsi Distribusi

Pasar yang berperan sebagai penyalur barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui tranksasi jual beli. Pihakk produsen yang menyalurkan hasil dari produksinya lewat perantara atau para pedagang yang ada di pasar.

2. Fungsi Pembentukan Harga

Penjual yang melakukan penawaran barang dan sebaliknya permintaan atas barang dilakukan oleh pembeli. Kedua aspek tersebut bertemu dengan melakukan transaksi jual beli agar bisa terjalin sebuah kesepakatan. Demikian ini dibutuhkan karena terkadang harga yang dipasang oleh penjual terlalu tinggi dan tidak mampu dibeli, namun dengan tranksasi tersebut, terdapat harga yang bisa disepakati bersama.

3. Fungsi Promosi

Maksud dari fungsi pasar yang ketiga ini adalah dipakai untuk memperkenalkan produk baru yang ada bagi produsen kepada konsumennya. Hal itu dilakukan dengan berbagai media, pasar yang melakukan promosi sehingga calon konsumen menjadi tertarik dengan adanya barang yang ditawarkan.

4. Fungsi Tenaga Kerja

Pasar tak hanya terdiri dari penjual dan pembeli saja. Terdapat pihak yang lain yang bisa terlibat dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung di pasar ini. Misalnya saja seperti para tukang sapu, pengangkut sampah, tukang ojek, tukang parkir, dan lainnya. Maka dari itu, pasar bisa berfungsi juga sebagai tempat penetapan tenaga kerja

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan yang juga menjadi topik pada kali ini yang berjudul Sebutkan Fungsi Pasar? Ini 4 Fungsi & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi temna-teman.

fungsi pasar distribusi promosi penetapan harga nilai
fungsi pasar distribusi promosi penetapan harga nilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *