Sebutkan dan Jelaskan Unsur-Unsur Komunikasi? Ini Jawabannya


Unsur-Unsur Komunikasi – Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang bersosial, makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, agar manusia dapat hidup, ia harus mendapatkan bantuan dari orang lain. Salah satu cara yang dapat membuka bantuan tersebut adalah dengan berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Aktivitas komunikasi adalah hal yang berperan penting terhadap segala hal yang melekat pada diri manusia baik itu makan, minum, tidur dan pekerjaan. Apalagi saat ini, komunikasi sangatlah penting sebab dengan komunikasi yang begitu luas hingga merambah disetiap kalangan maka prospek kerja yang bisa didapatkan oleh seseorang semakin terbuka lebar.

Tapi untuk mendapatkan hal itu, tidak asal komunikasi karena banyak orang yang berkomunikasi namun terdapat komponen-komponen yang tidak dimiliki dan dilakukan pada saat berkomunikasi yang dimana membuat komunikasi itu hanya sekedar dan ala kadarnya, serta tidak menimbulkan kesan dan pesan yang bermakna satu sama lain. Maka dari itu agar komunikasi itu dapat berjalan lancar, yang dibutuhkan adalah pengetahuan dasar mengenai unsur-unsur komunikasi.

Sebelum membahas mengenai unsur-unsur komunikasi, tahukah anda apa pengertian komunikasi itu?., Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Komunikasi adalah kata yang mencakup segala bentuk interaksi dengan orang lain yang berupa percakapan biasa, membujuk, mengajar, dan negosiasi. Lantas agar komunikasi tersebut berhasil, unsur-unsur komunikasi perlu diketahui seperti yang dituliskan dibawah ini:



Unsur-Unsur Komunikasi Adalah? 

Pentingnya mengetahui unsur-unsur komunikasi adalah agar proses komunikasi yang dilakukan menjadi efektif, yang dimana hal paling mendasar adalah syarat terjadinya komunikasi itu terbagi atas 3 unsur yang paling mutlak harus dipenuhi dalam setiap proses komunikasi yakni: komunikator, komunikan dan saluran atau media. Adapun penjelasan dari unsur-unsur komunikasi tersebut adalah:



    1. Komunikator adalah orang yang menyatakan pesan kepada komunikan yang dapat berupa perseorangan atau kelompok.
    2. Komunikan adalah orang yang menerima pesan dari komunikator.
    3. Saluran/media adalah suatu jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan yang digunakan oleh pengirim pesan.

Perlu diketahui bersama bahwa unsur-unsur komunikasi tersebut mempunyai hubungan yang saling berkaitan dan saling bergantung satu sama lainnya yang menjadi penentu atas keberhasilan setiap orang dalam proses komunikasi.



Tidak hanya tiga unsur tersebut, terdapat dalam beberapa sumber terdapat enam unsur-unsur komunikasi yang menjadi faktor kunci keberhasilan komunikasi tersebut yaitu sender, encoding, message, media, decoding, receiver, response, feedback, dan noise. Adapun penjelasan dari enam unsur-unsur komunikasi tersebut adalah:

    1. Sender atau disebut komunikator adalah unsur yang menyampaikan pesan kepada seseorang atau sejumlah orang.
    2. Encoding atau disebut dengan penyandian adalah sebuah proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambang.
    3. Message atau disebut pesan adalah seperangkat lambang yang mempunyai makna yang disampaikan oleh komunikator.
    4. Media adalah sebuah saluran komunikasi tempat berjalannya pesan dari komunikator kepada komunikan.
    5. Decoding adalah proses saat komunikator menyampaikan makna pada lambang yang ditetapkan komunikan.
    6. Receiver ialah komunikan yang menerima pesan dari komunikator.
    7. Response merupakan sebuah tanggapan atau reaksi dari komunikan setelah menerima pesan.
    8. Feedback merupakan merupakan sebuah umpan balik yang diterima komunikator dari komunikan.
    9. Noise adalah gangguan yang tidak direncanakan namun terjadi selama proses komunikasi dan menyebabkan komunikan menerima pesan yang berbeda dari komunikator.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan dan Jelaskan Unsur-Unsur Komunikasi? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *