Sebutkan dan Jelaskan Struktur Drama Adalah? Ini 4 Bagiannya


Struktur Drama Adalah – Dewasa ini sastra menjadi hal yang sulit untuk menjadi daya tarik bagi kaula muda. Apalagi berkaitan dengan hal bertema drama. Drama sebagai salah satu bidang seni yang mempunyai kompleksitasnya sendiri. Drama mempunyai karakteristik khusus dan keunikannya tersendiri dibandingkan dengan karya sastra lainnya. Drama mempunyai 2 dimensi yakni dimensi sastra dan pertunjukan yang bisa dinikmati dan diapresiasikan.

Arti dari dimensi pertama adalah sastra dipandang dan dikaji dari segi teks itu sendiri dan yang kedua adalah sebagai bentuk pementasan di atas panggung. Hal itulah juga mengapa dalam mendefinisikan drama begitu luas karena ada yang berbicara soal drama naskah dan drama pentas.

Perlu diketahui bersama bahwa baik drama karya sastra dan juga pertunjukan sebab keberadaannya saling menlengkapi. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Satoto bahwa “seni drama memang belum mencapai kesempurnaan apabila belum sampai ke tahap seni teater dalam bentuk pementasan atau pergelaran sebagai perwujudan. Maka, pemahaman naskah lakon tanpa memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan pementasannya belumlah cukup”. Walaupun demikian, bukan berarti bahwa drama tidak didefinisikan.

Pengertian Drama Adalah?

Sebab berdasarkan informasi dan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum yang dimaksud dengan pengertian drama adalah kualitas komunikasi, situasi, action (segala apa yang terlihat dalam pentas) yang dapat menimbulkan perhatian, kehebatan dan ketegangan pada pendengar atau penonton.



Secara etimologi, istilah drama berasal dari kata Yunani draomai yang berarti berbuat, berlaku, bertindak, bereaksi, dan sebagainya, jadi drama berarti perbuatan atau tindakan. Ciri utama dalam suatu drama adalah akting dan lakon. Dalam bahasa Jawa, drama sering disebut dengan Sandiwara.



Berdrama artinya pandai memoles situasi, bisa berminyak air, bisa menyatakan yang tidak sebenarnya, dan imajinatif. Drama penuh dengan permainan akting dan karakter yang memukau penonton. Drama merupakan suatu karya yang mempunyai daya ledak untuk merangsang cipta, rasa dan karya yang teramat tinggi bagi setiap orang.



Apalagi jika drama bisa diajarkan dengan baik ke peserta didik. Hal itu karena drama bermanfaat dalam melatih dan mengasah sisi kemampuan berekspresi dan mental dalam seni untuk memerankan tokoh drama. Siswa akan dapat menyelami berbagai karakter dari berbagai tokoh dalam drama yang diperankannya dan akan teraktualisasikan dalam lingkungannya.

Perlu diketahui bahwa keberadaan antara struktur drama dan tekstur drama saling melengkapi dan membangun satu sama lain dalam keutuhan informasi yang akan disampaikan. Unsur-unsur struktur yang membangun naskah itu sendiri yakni tokoh dan penokohan, alur, tema dan tekstur naskah drama yang membangun naskah itu yang terdiri atas dialog, mood, dan spectacle.

Sebutkan dan Jelaskan Struktur Drama Adalah

Biasanya struktur drama hanya terdiri atas 3 bagian yaitu prolog, dialog dan epilog. Padahal yang sebenarnya struktur drama terdiri atas 5 bagian yaitu babak, adegan, dialog, prolog dan epilog. Adapun penjelasan dalam struktur drama tersebut adalah:

1. Babak

Babak adalah episode yang secara keseluruhan dirangkum menjadi drama. Ini merangkum peristiwa di suatu tempat dengan urutan waktu tertentu.

2. Adegan

Adegan adalah bagian drama dalam peristiwa yang ditandai dengan pergantian tokoh dengan setting tempat dan waktu. Seperti tokoh A berbicara dengan tokoh B lalu berjalan ke suatu tempat bertemu dengan tokoh C dan terdapat adegan yang lain.

3. Dialog

Dialog berisi percakapan antara satu tokoh dengan tokoh yang lain yang menjadi bagian yang paling dominan dalam drama serta menjadi pembeda antara drama dengan jenis karya sastra yang lain.

4. Prolog

Ini adalah bagian pengantar masuk ke dalam sebuah drama yang berisi gambaran umum tentang drama yang dimainkan.

5. Epilog

Bagian pementasan drama yang berisi kesimpulan dari drama yang dimainkan yang memuat makna dan pesan dari drama.

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan dan Jelaskan Struktur Drama Adalah? Ini 4 Bagiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *