Sebutkan Dampak Positif Modernisasi Teknologi Transportasi


Disadari atau tidak, terjadi perubahan dalam masyarakat ini, walaupun terkadang perubahan-perubahan tersebut tidak mencolok namun dampak dan pengaruhnya sangat luas di masyarakat. Berbicara soal dampak dan pengaruh dari perubahan tersebut bisa sifatnya cepat dan mencakup berbagai bidang, dan ada juga yang berjalan lambat.

Untuk mendapatkan perubahan tersebut bisa terlihat lebih jelas bagi mereka yang mau meneliti susunan dan kehidupan suatu masyarakat yang terjadi dalam kurun waktu tertentu dan dibandingkan dengan susunan dan kehidupan yang terjadi pada zaman dahulu.

Perubahan yang terjadi adalah sesuatu yang normal karena aktivitas manusia yang tak pernah berhenti sehingga membuat terjadinya pertukaran pikiran, ide dan gagasan dan melahirkan sebuah kreativitas dan inovasi yang memudahkan aktivitas manusia setiap saat.

Melalui perubahan yang tiada henti dari dulu hingga saat ini, terlihat bukti nyata yang dampak dan pengaruhnya dirasakan hingga saat ini dan seluruh dunia dimana terjadi modernisasi. Melalui modernisasi tersebut, memberikan dampak dan pengaruh yang luar biasa yang membuat aktivitas setiap manusia dapat berjalan lebih cepat dari biasanya. Jika demikian lantas apasih yang dimaksud dengan modernisasi itu?

Pengertian Modernisasi Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu arah perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Untuk mengenal lebih mudah seperti apa itu modernisasi, dapat diartikan bahwa perubahan dari yang cara-cara tradisional ke yang lebih efektif dan efisien.

Sehingga hadirnya modernisasi itu membuat waktu untuk melakukannya lebih cepat dan biaya yang digunakan juga lebih murah. Itulah mengapa inti modernisasi yang sebenarnya. Tentu tujuannya adalah memudahkan setiap aktivitas manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jika meminjam definisi dari pendapat ahli seperti pendapat dari Wilbert E. Moore yang menyampaikan bahwa arti dari modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra moderen dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri-ciri negara barat yang stabil.

Tentu perubahan tersebut tidak terjadi begitu saja. Tanpa disadari setiap orang bahwa modernisasi itu terjadi secara bertahap hingga perubahan tersebut memberikan dampak yang begitu terasa saat ini, baik itu dampak positif maupun dampak negatif dari modernisasi.

Dampak dan pengaruh dari modernisasi itu bisa dilihat dari berbagai bidang seperti dalam komunikasi dimana modernisasi memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat dunia karena menghasilkan alat komunikasi yang canggih dan fleksibel yang biasa dibawa kemana-mana dan menjadi komputer mini atau laptop mini yang dapat digenggam yakni android dll.

Dalam bidang kesehatan, dampak dari modernisasi juga sangat besar dimana tidak sedikit penemuan-penemuan, alat canggih dan obat-obatan terbaru yang tercipta dari modernisasi tersebut seperti menyambung sel kulit dan tulang, menumbuhkan rambut yang botak, pendekteksi kanker, aspirin elektrik dll.

Lalu dalam hal media massa, dampak dari modernisasi begitu besar pengaruhnya. Sebab televisi yang biasa ditinggalkan di rumah namun dengan dampak positif dari modernisasi, maka telivisi tersebut sudah dapat digenggam dan dinonton sampai kapanpun.

Sedangka dampak modernisasi dalam hal transportasi khususnya teknologi transportasi juga memberikan pengaruh yang luar biasa dimana tercipta berbagai temuan-temuan yang dampaknya begitu luar biasa dirasakan masyarakat. Untuk mengetahui seperti apasaja dampak positif modernisasi teknologi transportasi adalah:

Sebutkan Dampak Positif Modernisasi Teknologi Transportasi

Adapun dampak positif modernisasi teknologi transportasi yang terjadi saat ini adalah:

    1. Meningkatnya keamanan dalam berkendara,
    2. Teknologi injeksi yang membuat penggunaan bahan bakar motor dan mobil menjadi lebih irit.
    3. Teknologi kendaraan bertenegara listrik seperti mobil yang diproduksi oleh perusahaan tesla dari elon musk.
    4. Teknologi kamera parkir dan alarm yang meningkatkan keamanan mobil.
    5. Mobil dengan teknologi autopilot sehingga dapat menyetir sendiri
    6. Lahirnya kereta api listrik super cepat yang dimiliki oleh Jepang.
      Desain-desain berbagai kendaraan lebih modern dan nyaman untuk dikendarai.
    7. Kapal dengan tenaga reaktor nuklir
    8. Teknologi AIS atau Automatic Identification System untuk meningkatkan keselamatan transportasi laut yang dapat menunjukkan dan memandu ke lokasi posisi ikan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Dampak Positif Modernisasi Teknologi Transportasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *