Sebutkan Ciri-Ciri Seorang Wirausaha? Wirausaha Adalah


Ciri-Ciri Seorang Wirausaha – Masalah ketenagakerjaan di Indonesia diawali dari cara berpikir bahwa setelah menyelesaikan pendidikan adalah bekerja. Inilah salah satu penyebab banyaknya pengangguran dan kurangnya wirausaha di Indonesia.

Disisi lain, untuk menjadi wirausaha juga bukan karir yang menarik, sebab ada ketidakpastian situasi dan tantangan dalam membangun usaha baru.

Terkadang para wirausaha sulit dalam akses modal, akses pembiayaan, akses pemasaran, akses informasi dan bahkan pada kebijakan pemerintah, serta ketidakpercayaan diri dalam menghadapi risiko.

Inilah faktor-faktor yang menjadi penghalan dan sekaligus penghambat yang akan dihadapi para calon wirausahan. Maka dari itu, dibutuhkan pendidikan kewirausahan di setiap generasi muda.

Melalui pendidikan ini menjadi faktor penting untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat, jiwa, dan perilaku berwirausaha khususnya di kalangan generasi muda.

Sebab yang dimaksud kewirausahaan adalah suatu sikap, semangat, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat berharga dan berguna untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

Dari definisi diatas, maka kewirausahaan butuh mental dan jiwa yang aktif serta kreatif, berkarsa, bercipta, dan bersahaja. Hal ini semua semata-mata adalah untuk meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya.

Selain itu, ada yang mengatakan bahwa Wirausaha juga merupakan suatu usaha yang tidak menentu untuk meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya.

Sebab dalam wirausaha terdapat kombinasi kreativitas untuk menciptakan ide-ide dan pertimbangan peluang atau risiko dan keinovasian.

Tujuannya dari hal ini dalam wirausaha semata-mata difungsikan untuk menerapkan ide-ide kreatif menjadi suatu bentuk barang dan jasa yang punya nilai jual bagi wirausahaan.

Usaha dan upaya agar semata kewirausahaan ini terus semakin banyak dan banyak lagi melahirkan seorang wirausaha, karena untuk menjadikan negara Indonesia maju maka dibutuhkan orang yang terdiri dan berkurangnya pengangguran dengan melalui dunia wirausaha.

Selain itu, berbagai pembangunan di Indonesia yang tersebar dari sabang sampai merauke akan lebih terasa apabila terdapat seorang wirausaha yang bisa membuka lapangan kerja sebab pemerintah mempunyai kemampuan yang terbatas.

Perlu diketahui bahwa pemerintah tidak akan bisa untuk mengelola seluruh pembangunan. Hal itu karena terdapat keterbatasan dalam anggaran belanja, personalia, dan pengawasan.

Maka dari itu, untuk menciptakan suatu usaha yang dilakukan oleh seorang calon wirausaha dibutuhkan perencanaan yang tepat. Selain tepat, juga dibutuhkan perencanaan yang terperinci.

Sebab perencanaan usaha adalah alat yang dipakai untuk memastikan bahwa usaha yang dijalankan itu berjalan dengan benar dan tepat, yang didalamnya terdapat pemilihan kegiatan yang akan dijalankan, bagaimana menjalankan, dan hal-hal lain untuk membantu tercapainya tujuan usaha.

Sebutkan Ciri-Ciri Seorang Wirausaha? Wirausaha Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Sebutkan Ciri-Ciri Seorang Wirausaha? Wirausaha Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Seorang Wirausaha Adalah?

Adapun ciri-ciri seorang wirausaha adalah

  1. Berani mengambil resiko
  2. Mempunyai daya kreasi
  3. Mempunyai analisis yang tepat
  4. Disiplin
  5. Mempunyai jiwa kepemimpinan
  6. Berorientasi pada masa depan
  7. Mempunyai kemauan yang keras
  8. Orientasi terpusat kepada tugas dan hasil
  9. Memiliki sifat percaya diri

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan Sebutkan Ciri-Ciri Seorang Wirausaha. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *