Sebutkan Ciri-Ciri Akar Tinggal Atau Rizoma? Ini Jawabannya


Makluk hidup akan bertumbuh dan berkembangbiak, ini menjadi ciri utama dari makhluk hidup baik itu manusia, hewan dan juga tumbuhan. Ada banyak cara dan proses tersendiri bagi makhluk hidup untuk dapat berkembangbiak. Seperti untuk manusia yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bagi hewan berkembang biak untuk bertelur dan membelah diri.

Lantas bagaimana dengan tumbuhan jika ingin berkembang biak?. Yang perlu diketahui bersama bahwa proses tumbuhan dalam berkembang biak berbeda dengan hewan dan manusia. Tumbuhan berkembang biak mempunyai cara tersendiri, yakni dengan melalui perkembangan vegetatif.

Dalam cara ini perkembangan vegetatif terbagi atas 2 yaitu dengan cara alami atau vegetatif alami dan juga dengan cara buatan atau vegetatif buatan. Apasih arti dari kedua vegetatif ini?.

Vegetatif alami adalah perkembanbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendirinya. Sedangkan arti dari vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan dengan bantuan manusia.

Dalam perkembangbiakan tumbuhan, tumbuhan memanfaatkan tiga bagian pokok yang penting dalam tubuhnya yaitu akar, batang dan daun serta bagian lainnya yang saling berkombinasi dan berfungsi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Tapi bagaimana dengan tumbuhan yang tidak jelas yang mana akar, batang dan daun. Tumbuhan seperti ini juga ada dan menarik untuk kita bahas. Tumbuhan ini dikenal dengan akar tinggal atau kadang disebut rhizoma. Rhizome sendiri merupakan penjelmaan atau modifikasi dari batang.

Apa itu Akar Tinggal Atau Rhizoma?

Secara umum yang dimaksud dengan Akar tinggal, rimpang atau Rhizoma adalah cara perkembangan vegetatif alami tumbuhan saat batang tumbuh menjalar di dalam tanah. Mengidentifikasi tumbuhan yang berkembang biak dengan cara rhizoma ini adalah dengan melihat apakah tumbuhan tersebut dipenuhi dengan ruas-ruas ataukah tidak.

Adapun tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara akar rimpang atau rhizoma adalah temulawak, kunyit, lengkuas dan jahe. Memang perkembangbiakan akar rimpang atau rhizoma ini terdengar mirip dengan geragih atau stolon. Tetapi ini tidak bisa dikatakan 100% sama karena geragih adalah cara perkembangbiakan saat batang tumbuh di permukaan tanah.

Jadi dari definisi keduanya, terdapat perbedaan yang sangat jauh sebab akar tinggal atau rhizoma ini di dalam tanah sedangkan geragih di permukaan. Amat sederhana mengetahui perbedaan dari keduanya.

Akar tinggal atau rizoma juga disebut sebagai batang tumbuh mendatar yang terletak di bawah permukaan tanah yang mirip dengan akar tapi berbuku-buku layaknya batang dan pada ujungnya terdapat kuncup. Dari defenisi inilah kemudian mengapa akar rhizoma disebut sebagai tumbuhan yang tidak jelas mana akar, batang dan daunnya.

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa apabila bagian dari rizoma dipotong maka akan tumbuh individu baru, karena adanya kuncup pada rizoma dan itu bermanfaat karena fungsi rizoma menjadi cadangan makanan bagi organisme lain. Contohnya antara lain pada tasbih (Canna edulis Ker) , kerut (Maranta arundinacea L.), jahe (Zingiber sp.), dan kunyit (Curcuma sp.)

Sebutkan Ciri-Ciri Akar Tinggal Atau Rizoma?

 

Berdasarkan dari berbagai penjelasan diatas dan dari berbagai informasi yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ciri-ciri akar tinggal atau rizoma adalah:

    1. Mempunyai panjang 15-35 cm, lebar rimpang 7-19 cm, tebal rimpang 1, 5-2, 8 cm,
    2. Warna kulit rimpang coklat keputihan dan warna daging putih kekuningan.
    3. Bentuk ruas panjang pipih besar, panjang ruas pertama 3-8 cm,
    4. Jumlah ruas 3-5 /rimpang,
    5. Rasa daging rimpang hangat,
    6. Aroma rimpang kurang menyangat,
    7. Diameter akar 0, 1-0,28 cm, panjang akar 12-20 cm,
    8. Berdaun, tetapi daun melekat pada buku, telah menjelma menjadi sisik-sisik yang tipis seperti selaput dan tidak hijau.
    9. Mempunyai kuncup-kuncup
    10. Tumbuhnya tidak ke pusat bumi atau air, kadang ke atas dan muncul ke tanah
    11. Beruas-ruas, berbuku-buku.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Sebutkan Ciri-Ciri Akar Tinggal Atau Rizoma? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam berbagi Teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *